Destinasi

6 Destinasi Wisata Anti Mainstream di Joglosemar Buat Liburan Keluarga

Siapa yang bilang Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang) cuma Candi Borobudur aja? Buktinya, ada banyak destinasi wisata anti mainstream yang menarik buat dikunjungi.

Mulai dari pantai yang ekstrem, air terjun yang sejuk, hingga bukit hijau yang indah bisa kamu nikmati. Makin seru, karena, deretan destinasi tersebut belum banyak dikunjungi wisatawan.

Nah, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya rekomendasi 6 tempat wisata anti mainstream di Joglosemar yang bisa dikunjungi. Simak di bawah ini, yuk!

Los Mbako, Solo

Sepintas, Los Mbako hanyalah rumah tembakau di daerah Klaten. Di sini, penduduk lokal memproduksi tembakau untuk rokok lokal yang dijual di pasaran. Tetapi, sekali kamu lihat bentuk Los Mbako, godaan buat foto langsung muncul. Memiliki ketinggian 12 meter dan lebar 18 meter, Los Mbako memiliki dinding dan atap yang terbuat dari daun pohon tebu. Kesan unik serta instagenic tercipta tiap kali kamu berdiri di depannya untuk selfie.

Kebun Teh Kemuning, Karanganyar

Eksotisme alam yang dimaksud bisa kamu temukan 40 kilometer dari kota Solo. Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Kebun Teh Kemuning di desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar siap memanjakan liburan kamu bersama orang terdekat. Hamparan luas kebun teh hijau berjajar rapi mengitari bukit Ngargoyoso beradu serasi dengan suhu udara sejuk berkisar 21 derajat di siang hari. Mirip banget dengan Kebun Teh di Puncak Bogor, Kebun Teh Kemuning terasa jauh lebih sunyi lantaran namanya belum terlalu dikenal masyarakat luas.

Pantai Timang, Yogyakarta

Terletak di kawasan Gunung Kidul, Pantai Timang adalah destinasi tepat buat kamu yang suka bertualang. Berada di sebuah pulau yang juga bernama Pulau Timang, pantai ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan gondola atau kereta gantung ala tradisional yang sangat sederhana. Terbuat dari kayu dan tambang saja, risiko perjalanan dengan gondola sepenuhnya tetap ditanggung oleh penumpang. Jadi, dibutuhkan ekstra kehati-hatian dan keberanian yang tebal buat menaiki wahana ini.

Air Terjun Kedung Kandang, Yogyakarta

Lagi bingung mau ajak keluarga jalan ke mana pas liburan di Yogyakarta? Tenang, kawasan Gunungkidul siap membius kamu lewat pesona alamnya, Air Terjun Kedung Kandang salah satunya! Di sini, kamu bisa menikmati deretan air terjun kecil yang sejuk banget. Lantaran berbeda dengan air terjun pada umumnya, arsiran air yang jatuh bakal bervariasi jika hulu diguyur hujan pada malam sebelumnya. Fenomena tersebut terjadi karena air yang jatuh bertemu dengan tebing-tebing batu vulkanik, bekas letusan Gunung Api Purba Nglanggeran. Dari enam tingkat, Air Terjun Kedung Kandang memiliki tiga kedung atau kolam kecil yang bisa kamu manfaatkan buat berendam.

Brown Canyon, Semarang

Berada di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang, Brown Canyon memang bukan tempat wisata seperti pada umumnya. Lebih tepatnya berstatus sebagai lokasi penambangan. Di sini, kamu bakal dimanjakan dengan deretan tebing batu berwarna cokelat yang menawan. Maklum, selama belasan tahun lamanya, kawasan yang dulunya adalah sebuah bukit dikeruk sehingga terbentuklah material tebing yang unik. Layaknya Grand Canyon di Amerika Utara, Brown Canyon dianggap sebagai destinasi petulangan sempurna, khususnya buat kamu pecinta fotografi. Di sini kamu bisa asyik berfoto dengan pemandangan tebing-tebing memukau dan lanskap yang cukup luas.

Curug Lawe, Semarang

Sesuai dengan namanya, Curug Lawe menyajikan pesona air terjun yang sejuk dan menawan. Berada di kaki Gunung Ungaran, wisata alam yang satu ini menjadi potensi wisata yang nggak boleh kamu lewati. Dikelilingi hutan lebat yang sangat hijau, kamu juga bisa menyapa berbagai jenis hewan liar yang sering melintas di area air terjun. Kebanyakan burung-burung yang tengah mencari makanan berupa ikan di kolam curug maupun kembali ke sarangnya di atas pohon tertinggi. Berasal dari sungai yang mengalir deras dari Gunung Ungaran, Curug Lawe membalut diri dengang tebing melingkar, seakan-akan kamu berada di sebuah sumur yang dalam.

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Pakai promo Peyuk biar liburan makin mudah buat  pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top