Berita

6 Ciri Social Climber yang Harus Kamu Tahu

Zaman sekarang, hampir semua orang memiliki media sosial. Bahkan, kita bisa mengenali kehidupan seseorang lewat akun Instagramnya. Psst, namun jangan sampai tertipu, karena bisa jadi apa yang ditampilkan seseorang lewat media sosial hanya berupa pencitraan dan ajang pamer. Itulah salah satu ciri dari social climber yang bisa jadi ada di sekeliling kita. Kali ini Pegipegi pengin ajak kamu membahas lebih dalam soal ciri-ciri social climber!

1. Memaksakan diri untuk punya barang branded 

Misalnya, punya gaji pas-pasan tapi rela mencicil smartphone super mahal demi terlihat kekinian. Mereka pun tidak segan untuk mengambil cicilan atau berhutang besar demi memiliki barang branded lainnya demi bisa dipamerkan ke teman-teman.

2. Ingin terlihat kaya di media sosial

Seorang social climber meskipun di kehidupan nyata punya ekonomi pas-pasan, namun mereka ingin terlihat sempurna di media sosial. Mulai dari traveling ke luar negeri dari hasil berhutang demi mengejar postingan liburan di Instagram, foto-foto dengan paper bag barang branded tapi tidak ada isinya, atau memajang foto makanan atau barang milik teman yang diakui sebagai miliknya.

Si social climber juga tidak segan-segan berbohong di media sosial, misalnya memajang foto rumah mewah hasil googling dan diakui sebagai milik pribadi. Bahkan, pada kasus tertentu, ada juga yang memajang bukti transfer uang jajan dari orangtua dalam jumlah besar di media sosial, tapi cuma editan. Apa pun dilakukan untuk membuat banyak orang percaya bahwa mereka kaya.

3. Dikejar hutang dari banyak orang

Karena gaya hidupnya yang tidak sesuai kemampuan, tak jarang si social climber akan dikejar-kejar hutang dari banyak pihak. Mereka tidak bisa membuat prioritas mana yang menjadi kebutuhan, mana yang menjadi keinginan. Bisa pakai tas branded, tapi nggak mampu bayar uang kos. Makanya keuangannya berantakan banget!

4. Cuma ingin berteman dengan squad tertentu

Mereka cuma ingin berteman dengan orang-orang “selevel” dengan kriteria kaya, cantik, atau terkenal. Biasanya suka bergabung dengan kelompok pertemanan atau squad tertentu. Salah satu tujuannya supaya keren buat dipajang di Instagram. Bukan karena mereka fun berteman dengan orang tersebut. Hati-hati dengan social climber, karena mereka nggak segan-segan memusuhi kamu saat kamu tidak sedang berada di puncak atau sedang mengalami kesusahan.

5. Enggan membocorkan identitas pribadi

Di lingkungan pertemanan, si social climber biasanya enggan mengajak teman main ke rumah atau membocorkan identitas yang paling pribadi. Soalnya, mereka nggak ingin orang-orang tahu kehidupan asli mereka. Bisa jadi rumah mereka tidak semewah yang dipamerkan.

6. Mereka gemar memamerkan aksi heroik ke orang-orang

Biasanya orang yang beramal dengan tulus enggan menceritakan pengalaman amalnya ke orang lain. Namun, si social climber biasanya akan selalu menceritakannya ke banyak orang. Mereka ingin semua orang tahu bahwa mereka adalah golongan orang kaya yang “dermawan”.

Nah, jangan sampai kamu jadi social climber hanya demi diterima di lingkungan pertemanan, ya, travelers! Supaya bisa liburan dengan bujet terjangkau, kamu tidak perlu sampai berhutang kok! Soalnya, kamu bisa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top