Tips

6 Cara Mudah Membuat Sunblock Alami untuk Liburan!

Sunblock atau tabir surya tentu menjadi hal utama yang wajib kamu bawa saat liburan. Nggak cuma berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari, krim ini juga bisa menjaga kelembaban kulit kamu.

Tapi, sayangnya, kebanyakan sunblock yang dijual di pasaran justru mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan kulit loh, travelers. Nah, supaya kulit kamu tetap sehat dan terlindungi, Pegipegi punya tips membuat sunblock alami yang gampang banget!

1. Shea Butter

Foto: Live Strong

Shea butter memiliki fungsi layaknya sunblock yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kamu bisa mengoleskan shea butter secara langsung ke seluruh tubuh kamu supaya kulit tetap lembab dan terlindungi selama liburan.

2. Zinc Oxide
Zinc oxide atau seng oksida adalah salah satu mineral alami yang dapat menjaga kulit dari sinar matahari dan memiliki tingkat iritasi yang lebih rendah daripada bahan kimia yang terdapat pada tabir surya pada umumnya. Kamu bisa mencampurkan sebotol body lotion yang tidak mengandung minyak sitrus dengan dua sendok zinc oxide, kemudian oleskan ke seluruh tubuh.

3. Minyak Kelapa

Foto: The Sun

Untuk mendapatkan sunblock alami dengan hasil yang maksimal, kamu bisa mencampur minyak kelapa murni secukupnya dengan shea butter, zinc oxide, dan air dengan takaran yang sama. Setelah tercampur rata, simpan krim di suhu ruangan dan kamu bisa menggunakannya sebagai sunblock selama liburan.

4. Daun Teh
Daun teh telah dikenal sebagai zat penghalang sinar matahari yang baik. Untuk membuat sunblock dari daun teh, siapkan dua sendok makan daun teh kering, kemudian rendam dalam setengah gelas air semalaman. Setelah itu, pisahkan air dan daun teh di pagi hari, kemudian oleskan pada kulit wajah dan tubuh kamu sebelum bepergian.

5. Wortel

Foto: Real Food

Bahan lainnya yang juga dapat melindungi kulit dari sinar matahari adalah wortel. Kamu bisa mencampurkan satu buah wortel yang telah dihaluskan dengan lima sendok teh minyak zaitun, dua sendok teh air lemon, dan tiga sendok teh madu, aduk rata. Setelah itu, simpan dalam wadah tertutup, dan kamu bisa menggunakannya sekitar 30 menit sebelum kamu pergi.

6. Wheatgerm Oil
Wheatgerm oil atau minyak gandum memiliki manfaat untuk membantu menyehatkan kulit dan juga berfungsi sebagai sunblock yang benar-benar melindungi kulit kamu. Minyak yang satu ini memiliki SPF 20 alami dan bisa menjadi krim sunblock yang sempurna untuk kulit agar tidak terbakar dan kering akibat terkena paparan sinar matahari.

Gimana, gampang kan cara membuatnya? Oh ya, selain sunblock, kalau kamu sedang liburan, jangan lupa untuk melakukan perlindungan ekstra pada kulit dengan mengenakan topi dan kaca mata hitam ya, supaya liburan kamu terasa lebih nyaman dan kamu nggak khawatir lagi deh sama kesehatan kulit kamu!

Nah, biar traveling makin menyenangkan, kamu bisa cari hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Foto utama: Medical News Today

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top