Tips

6 Cara Merawat Sepatu Traveling Agar Tetap Awet dan Nyaman Dipakai

Mau bikin kamu traveling kamu berkesan dan seru? Jangan lupa kenakan sepatu yang nyaman, yuk!

Berfungsi sebagai alas kaki, ada banyak jenis sepatu yang bisa kamu bawa dan kenakan pas traveling. Tentu saja, kamu harus sesuaikan dengan medannya yang bakal dilewati.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara merawatnya. Karena, semakin jauh traveling-nya, semakin sering pula kamu harus merawat sepatu agar tetap nyaman dikenakan.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya 5 tips merawat sepatu traveling kamu agar tetap awet dikenakan. Simak, yuk!

Pisahkan Jenis Sepatu

Sepatu kotor itu biasa. Tapi, kadang banyak orang salah kaprah merawat dan membersihkannya. Bahkan, kadang-kadang ada orang yang asal cuci yang justru bikin rusak sepatunya. Karena, setiap sepatu memiliki bahan yang berbeda, mulai dari kulit, kanvas, hingga suede. Jadi, pastikan kamu mengetahui jenis sepatu yang ingin dibersihkan. Apakah sepatu gunung atau sneaker, semuanya wajib dipisahkan.

Luar Dulu Baru Dalam

Biar efektif dan aman, kamu bisa membersihkan bagian luar sepatu baru bagian dalamnya. Kamu dapat menggunakan lap basah atau sikat lembut yang basah kemudian diusapkan dengan tekanan ke bagian upper agar noda-noda yang menempel dapat dihilangkan namun tetap tidak merusak bahan sepatu.

Nah, untuk bagian dalam, kamu harus melepskan insole (jika ada) untuk membersihkanny. Pakailah sikat halus yang kering untuk membersihkan bagian dalamnya. Kamu nggak perlu menggunakan sikat yang basah karena pada bagian ini biasanya tidak begitu terkena noda.

Perlahan Namun Pasti

Nah, bagian bawah sepatu adalah yang paling sulit. Untuk membersihkannya, kamu harus menggunakan sikat yang keras yang basah untuk merontokan kotoran dan noda yang menempel pada bagian ini karena pada bagian ini langsung bersentuhan dengan tanah. Agar nggak rusak, kamu bisa sikat secara perlahan.

Pakai Air Hangat

Khusus buat sepatu berbahan kanvas atau suede, kamu wajib menyiapkan air hangat. Tujuannya agar warna sepatu dan kualitas bahannya terjaga. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggosok secara perlahan dengan sikat yang dicelupkan ke air hangat dan diberi sabun khusus untuk sepatu. Tapi, jika noda belum hilang, gosok kembali menggunakan kain nilon.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Buat kamu yang terbiasa menyimpan sepatu di ruangan terbuka, yuk mulai ubah sekarang juga. Karena, sinar matahari langsung dapat membuat warna sepatu cepat pudar. Jadi, simpanlah di ruangan tertutup yang minim cahaya. Hal yang sama juga berlaku saat kamu ingin mengeringkan sepatu. Kamu bisa mengeringkan sepatu di suhu ruangan yang terjaga tanpa pancaran sinar matahari langsung.

Deep Cleaning, Kenapa Nggak?

Jika kamu nggak mau ribet dan nggak punya waktu banyak, silahkan bawa sepatu traveling kamu ke tempat cuci sepatu khusus. Dengan modal 30-40, kamu bisa mendapatkan perawatan berupa deep cleaning. Dengan cara ini, sepatu kamu bakal melalui proses pembersihan in sole, mid sole, out sole, upper dan tali sepatu yang bikin terlihat bersih dan segar.

Lagi #ButuhPegipegi ? Tenang! Agar liburan kamu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah! Yuk, dipesan untuk liburan kamu!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top