Tips

6 Cara Mengatasi Sulit Buang Air Besar Saat Traveling

Mungkin aja kamu bingung, mengapa kamu suka sulit buang air besar saat traveling. Biasanya hal-hal tersebut terjadi karena adanya perubahan aktivitas dan makanan yang kita konsumsi. Jangan khawatir, travelers! Pegipegi punya cara untuk mengatasinya, kok. Kamu bisa traveling dengan tenang tanpa takut sembelit.

1. Minum air putih yang banyak

foto dari: foxnews.com

Bisa jadi, selama bepergian jauh, kamu kurang minum air putih. Hal itu juga bisa menjadi penyebab sulit buang air besar. Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari. Jadi, jangan malas untuk membawa botol air mineral saat jalan-jalan, ya! Soalnya, air putih bisa melancarkan segala sistem dalam tubuh kita, termasuk sistem pencernaan. Metabolisme tubuh bisa lancar jika asupan air banyak dan cukup.

2. Makan serat yang cukup

Coba deh, cek makanan apa aja yang kamu makan saat traveling? Bisa jadi banyak karbohidrat dan lemak yang kamu konsumsi. Wajar aja kalau pencernaanmu nggak lancar. Yuk, kurangi makanan berkarbohidrat dan berlemak tinggi, lalu ganti dengan makanan berserat. Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayur.

3. Minum kopi hangat di pagi hari

Sudah banyak yang mencoba minum kopi untuk mengatasi susah buang air besar. Soalnya, kopi bisa meningkatkan kontraksi di usus dan mengaktifkan gerakan usus, hingga akhirnya feses bergerak menuju rektum.

4. Olahraga

Asyik traveling boleh, tapi jangan melupakan olahraga. Soalnya, olahraga bisa menstimulasi sistem saraf agar fungsi otot dan saraf bisa bekerja dengan baik. Sebagian kasus susah buang air besar disebabkan karena menurunnya otot di sepanjang saluran pencernaan. Nggak ada olahraga khusus yang bisa melancarkan pencernaan. Kamu bisa mencoba lari pagi di halaman hotel, berenang, atau melakukan yoga sederhana di kamar hotel.

5. Cari tempat yang nyaman untuk buang air besar

Ada juga sebagian orang yang tidak nyaman buang air besar di tempat lain, selain di rumah sendiri. Hal ini bisa diatasi dengan mencari toilet yang bersih, sehingga membuat kamu nyaman buang air besar.

6. Berjongkok

Kebanyakan kloset masa kini didesain untuk duduk. Padahal, kloset jongkok jauh lebih baik karena posisi jongkok bisa membantu kamu agar lancar buang air besar. Posisi jongkok bisa membantu kotoran lebih mudah keluar, karena bisa memancing otot-otot dinding perut untuk berkontraksi. Kamu bisa mencoba untuk berjongkok selama beberapa menit.

Nah, nggak perlu takut susah buang air besar saat traveling kan, travelers! Yuk, segera rencanakan traveling-mu dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: alodokter.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 484 times, 1 visits today)

Comments

To Top