Tips

6 barang ini wajib dibawa ke gunung Rinjani

Gunung Papandayan dan gunung Bromo sudah berhasil ditaklukkan, sekarang saatnya mencari tantangan yang nggak kalah asyik dengan memanjat Gunung Rinjani di Lombok, NTB. Tentunya persiapan harus matang, termasuk mengajak teman-teman untuk ikutan naik gunung bareng biar makin seru. Yang nggak boleh ketinggalan, travelers wajib menyiapkan barang-barang yang wajib dibawa selama naik gunung, nih. Jangan sampai repot saat sudah di atas gunung!

1. Atribut komplet
Hal pertama, pastikan kamu memakai tas gunung—bukan tas ransel—yang daya tampungnya luas dan kuat untuk membawa barang-barang berat. Lengkapi diri kamu dengan jaket tebal agar nggak terkena hipotermia.
Pilih jaket yang memiliki kemampuan waterproof, tahan angin, dan breathable. Jaket ini mampu menyesuaikan diri dengan kondisi di sekitar, membuat tubuh sejuk saat cuaca panas, dan bikin badan hangat saat di malam hari. Lengkapi dengan topi kupluk, syal, sarung tangan, dan celana kargo yang melindungi kaki dari tanaman dan hewan liar, serta memiliki banyak kantong untuk membawa peralatan mendakimu.

www.wisegeek.com

www.wisegeek.com

2. Krim tabir surya

Biasa disebut sunblock, jangan anggap enteng krim yang satu ini—nggak cuma buat perempuan, kok. Jangan anggap enteng cuaca dingin di siang hari, karena matahari pun tetap bersinar dengan ‘ramah’, tuh. Hindari penuaan dini dan kanker kulit—atau minimal kulit gosong dengan memakai sunblock SPF 50. Teorinya, 1 SPF setara dengan 10 menit daya sunblock mampu melindungi kulit kita.
Oleskan secara berkala dan merata di seluruh permukaan kulit yang terpapar sinar matahari. Untuk kulit kering, pakai sunblock berjenis krim yang sekaligus melembapkan kulit. Sementara buat travelers yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat, gunakan sunblock yang lebih ringan seperti lotion, gel, atau foam.

www.topskin.org

www.topskin.org

3. Tenda antiair
Lelah mendaki Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter, pastikan kamu sudah membawa tenda sebagai tempat beristirahat di puncak gunung. Selain menghalau udara dingin, tenda juga berfungsi menjaga travelers dari gangguan hewan liar di malam hari. Usahakan tenda berbahan dasar antiair supaya nggak repot saat turun hujan di tengah malam.
Bawa tenda yang kapasitasnya lebih besar, misalnya tenda kapasitas empat orang untuk diisi tiga orang supaya tidur lebih nyaman. Semakin besar kapasitas tenda maka makin tinggi atapnya. So, travelers nggak perlu capek membungkuk saat di dalam tenda. Pastikan juga kamu bagi tugas dengan teman satu tenda untuk membawa matras sebagai alas tidur di dalam tenda.

www.aliexpress.com

www.aliexpress.com

4. Stok buah

Selain makanan dan minuman, pastikan kamu membawa buah-buahan yang mengandung banyak air dan mengenyangkan. Hindari membawa makanan yang mengandung terlalu banyak garam supaya kamu nggak mudah haus. Hilangkan rasa dahaga saat mendaki dengan buah mengandung banyak air seperti semangka, nanas, dan apel. Sementara sebagai penambah energy, pisang bisa jadi pilihan tepat, tuh.

www.mapsofindia.com

www.mapsofindia.com

5. Obat-obatan

Fisik boleh kuat saat memanjat gunung. Tapi siapa yang bisa menjamin terpaan sinar matahari dan kerasnya angin bikin kondisi tubuh jadi drop? Siapkan obat-obatan standar seperti obat flu dan masuk angin, balsam yang menghangatkan badan, koyo untuk tubuh pegal, serta obat dan perban untuk luka. Jangan lupa konsumsi vitamin agar tubuh tetap dalam kondisi prima.

www.aliexpress.com

www.aliexpress.com

6. Alat narsis

Menikmati pemandangan di atas puncak Gunung Rinjani memang paling ditunggu-tunggu. Tapi mengabadikannya sebagai foto untuk kenang-kenangan juga jangan terlewatkan, tuh. Disarankan melewati rute Sembalun untuk dapatkan spot foto terbaik, dengan latar pegunungan, bukit dan savanna yang luas membentang. Pastikan juga mengabadikan cantiknya Danau Segara Anak.
Jika dirasa tidak memungkinkan untuk membawa kamera professional, dapatkan hasil foto keren dengan action camera. Atau cukup bawa kamera saku, dan bisa juga manfaatkan smartphone kamu. Jangan lupa bawa batre dan memory card cadangan, serta tongsis untuk foto selfie kamu, ya!

www.pinterest.com

www.pinterest.com

Sudah mantap menaklukkan gunung Rinjani bersama teman-teman? Buruan pesan tiket pesawatnya di pegipegi.com ya!

(Visited 306 times, 1 visits today)

Comments

To Top