Destinasi

5 Wisata Alam di Bondowoso, Jawa Timur yang Harus Dikunjungi

Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berada di sebelah timur Pulau Jawa. Bondowoso dikenal dengan sebutan daerah tapal kuda dan memiliki suhu udara yang sejuk antara 15,40 hingga 25,10 derajat celcius. Di sana juga banyak wisata alam indah yang akan menghipnotis dan membuat kamu betah berlama-lama di sana.

1. Air Terjun Mini Niagara

Bondowoso punya Air Terjun Niagara versi mini, lho, yang tepatnya berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol. Air terjun ini memiliki enam aliran air dalam satu lubang yang sama dan melebar mirip Niagara. Debit airnya sangat keras, sehingga kamu tidak disarankan untuk mandi atau bermain ke tengah. Amannya sih, main di tepiannya aja. Banyak juga lho yang menikmati keindahan air terjun sambil menyeruput kopi Arabika khas Bondowoso. Untuk menemukan Air Terjun Mini Niagara snagat mudah karena berada di jalur menuju Kawah Ijen.

2. Kawah Wurung

Untuk mencari lokasi Kawah Wurung juga mudah karena lokasinya satu arah ke Gunung Ijen. Jika berangkat dari Kota Bondowoso dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke lokasi. Aksesnya bisa dilalui dengan sepeda motor atau mobil. Sepanjang perjalanan ke Kawah Wurung, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus dan taman bunga di sepanjang perkebunan Jampit. Eksotisme Kawah Wurung juga luar biasa karena pegunungan dan kawahnya dipenuhi dengan rumput hijau. Cukup banyak wisatawan yang menuruni tebing di Kawah Wurung menggunakan sepeda gunung.

3. Sempol

Sempol juga masih satu arah dengan Gunung Ijen. Jarak Sempol dengan pusat Kota Bondowoso kira-kira 64 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan selama 2 sampai 3 jam. Sepanjang perjalanan, di kiri dan kanan tampak rumah-rumah warga dengan halaman penuh bunga-bunga cantik. Itulah mengapa Sempol dibilang orang-orang mirip seperti desa di pedalaman Eropa. Sempol juga dikenal sebagai perkebunan kopi Arabika.

4. Taman Galuh

Ingin main di padang rumput indah? Sudah paling tepat kalau ke Taman Galuh yang memiliki hamparan padang rumput yang juga dipenuhi bunga-bunga cantik. Jarak dari Sempol ke Taman Galuh cukup jauh karena harus jalan selama 1,5 jam. Jadi, jangan lupa membeli bekal dari Sempol, ya!

5. Gunung Raung

Untuk wisata yang menantang adrenalin, Bondowoso punya Gunung Raung yang merupakan gunung berapi aktif dan berada di jajaran Pegunungan Ijen. Gunung dengan tinggi 3.344 mdpl ini memiliki kaldera di puncak berbentuk lingkaran yang merupakan kaldera kering terbesar di Pulau Jawa. Medan yang harus dilalui cukup sulit, sehingga kamu harus menyiapkan mental dan fisik dengan maksimal.

Untuk menuju ke Bondowoso, kamu kudu transit dulu di Kota Banyuwangi. Ayo pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Banyuwangi lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke banyuwangi  cari hotel murah di banyuwangi

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

 

 

 

 

Comments

To Top