Destinasi

5 Wisata Air ini Wajib Dikunjungi Saat Liburan di Belitung

Sejak dulu, Pulau Belitung dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup menarik. Meski luasnya hanya 4.833 km persegi, pulau yang berada di selat Karimata menawarkan banyak spot main air yang cantik.

Nggak melulu di pinggir pantai, Belitung juga hadir dengan ragam danau menawannya. Beberapa daerah seperti Tanjung Pandan, Bantan hingga Asem pun nggak pernah luput dari perhatian para turis pemburu wisata air.

Tapi, kalau kamu hanya datang untuk menikmati pantainya, Belitung jadi rekomendasi yang tepat. Dengan garis pantai yang cukup panjang, Pulau Belitung siap membius kamu dengan panorama asrinya.

Sebagai referensi kamu, Pegipegi punya rekomendasi 5 wisata air menawan yang wajib kamu kunjungi saat berlibur di Pulau Belitung. Simak ya!

1. Danau Kaolin

Danau yang satu ini cantik banget. Kalau siang, warna airnya menjadi biru menyala. Yang menarik adalah asal usul Danau Kaolin. Jika biasanya danau serupa dibentuk karena proses alam, Danau Kaolin merupakan bekas pertambangan kaolin. Dengan dinding putih yang mengitari danau, atmosfer sejuk terasa jika kamu main ke Danau Kaolin. Letaknya sendiri cukup mudah diakses, di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung.

2. Pantai Bukit Batu

Menyusuri Belitung Timur, ada satu spot pantai yang wajib banget kamu kunjungi. Namanya Pantai Bukit Batu. Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini didominasi oleh batu-batu granit berbagai ukuran. Hasilnya, beberapa bagian pantai yang berisi batu dan pepohonan terpisah, menciptakan imej unik layaknya pantai pribadi! Air laut yang sangat jernih berpadu serasi dengan cuaca tropis khas Laut Cina Selatan.

3. Pulau Lengkuas

Pulau yang satu ini terkenal dengan penampakan mercusuarnya yang sangat tu. Hamparan air biru dan batu-batu granis di sana menjadikan pulau Lengkuas sebagai destinasi bahari yang cantik banget! Kamu bisa menikmati keindahan Pulau Lengkuas tersebut dengan menaiki mercusuar. Kalau kamu nggak sanggup menaiki mercusuar sampai puncak, jangan dipaksakan. Soalnya, setiap lantai di mercusuar terdapat jendela yang menghadap ke berbagai arah.

4. Pantai Tanjung Tinggi

Penggemar film Laskar Pelangi, pasti sangat akrab dengan pantai yang satu ini. Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu lokasi syuting film karya Andrea Hirata. Berlokasi di antara Tanjung Kalam dan Tanjung Pendam, pantai yang satu ini berasal dari Kata “Tanjung” memiliki arti semenanjung, sedangkan kata “Tinggi” memiliki arti pantai dengan bebatuan tinggi. Pantai Tanjung Tinggi memiliki luas sekitar 80 hektar dan didominasi oleh pasir putih yang cantik. Di sekitarnya juga ada ratusan batu granit besar dengan ukuran bermacam-macam. Malahan ada yang mencapai ratusan kubik dan lebih besar dari rumah. Itulah yang membuat Pantai Tanjung Tinggi terlihat sempurna.

5. Pulau Pasir

Kalau dilihat dari ukurannya, pulau yang satu ini nggak bisa dibilang luas. Pulau Pasir merupakan tumpukan pasir yang akan kelihatan jika air laut surut. Jika air laut kembali pasang, pulau ini akan tenggelam kembali. Pulau Pasir nggak terlalu luas, hanya setengah dari lapangan bola. Kebanyakan wisatawan berkunjung ke Pulau Pasir saat airnya surut agar bisa bermain pasir. Cukup dengan menggunakan perahu nelayan, kamu sudah bisa menuju Pulau Pasir. Nah, jika beruntung, kamu dapat bertemu dengan kawanan bintang laut yang tengah beristirahat di atas pasir pantai.

Sumber foto: Shutterstock.

Jika sudah tahu ingin menginap di mana, jangan lupa pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Belitung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Belitung cari hotel murah lain di Belitung

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 129 times, 2 visits today)

Comments

To Top