Tips

5 Trik Selamat Cliff Jumping yang Wajib Diketahui

Sebagai salah satu olahraga maupun wisata ekstrim, cliff jumping atau lompat tebing nggak cuma menawarkan adrenalin. Melompat dari ketinggian 10-20 meter dari atas tebing karang ke hamparan laut jelas bisa menimbulkan resiko kecelakaan.

Lecet-lecet hingga kematian adalah hal yang harus dibayar mahal jika nggak berhati-hati. Beberapa kasus kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa pun sering terjadi, meski jumlahnya nggak terlalu banyak.

Jadi jelas, keselamatan jadi hal yang paling utama sebelum melakukan lompat tebing. Nah, Pegipegi sudah menyiapkan beberapa trik agar selamat saat melakukan lompat tebing. Disimak, yuk!

Berdoa Penting

664xauto-berdoa-ingat-kambing-beginilah-jadinya-160602x

Foto dari http://www.dream.co.id

Berdoa sebelum melompat dari tebing. Telah terbukti bahwa berdoa mampu menenangkan jiwa. Karena jiwa yang tenang, akan meningkatkan keselamatan kamu ketika melakukan atraksi lompat tebing. Jadi, kamu nggak bakal panik jika kamu menyadari ada yang salah dengan lompatannya

Cek Spot

img_3497

Foto dari http://www.travelagys.com

Periksa tempat lompat. Sebelum melompat terlebih dahulu mengetahui ketinggian antara tebing dan permukaan air. Selain itu, periksa lokasi pendaratan benar-benar tak ada batu karang dan cek kedalaman airnya, semakin dalam, maka kamu bisa melompat dari tempat yang lebih tinggi.

Persiapkan Skil Renang

Rhys Mainstone, Australia, 2012 Waikiki Roughwater Swim Champion

Foto dari http://www.windnseamasters.com/

Pandai berenang itu penting banget karena kamu berhadapan langsung dengan arus kencang atau kedalaman air yang akan menambah kesulitan pergerakan kamu dalam air. Nah, sebelum melompat, pastikan kamu punya skil renang setidaknya yang dasar untuk mengantisipasi keadaan panik.

Tetap Dalam Pengawasan

maxresdefault

Foto dari Jack Rohner

Penting tapi sering diabaikan. Nah, selama kita melakukan aksi lompat tebing, disarankan agar tetap dalam pengawasan ahli lompat tebing. Ketika lompat tebing, ajak kerabat atau setidaknya bersama dengan orang lain untuk berjaga-jaga ada kejadian yang tak diinginkan. Tujuannya jelas, jika terjadi kecelakaan, ada orang yang dapat memberikan pertolongan darurat atau mengarahkan gaya lompatan kamu dari atas tebing.

Kedua Kaki Duluan

pacu-adrenalinmu-di-nusa-ceningan-cliff-jump-point

Foto dari http://liburmulu.com

Untuk melakukan pendaratan yang sempurna, seorang cliff jumper harus mengerti bagaimana cara dia melompat dari atas tebing. Nah, para ahli sangat menganjurkan kamu untuk menggunakan kaki saat meluncur ke dalam air. Jika kamu mendarat dengan menggunakan bagian tubuh atas, risiko luka atau gegar otak pasti muncul.

Kebayang mau wisata cliff jumping di mana? Nggak perlu khawatir soal bujet travelling! Soalnya Pegipegi punya tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah buat hunting lokasi wisata cliff jumping.

CARI HOTEL MURAH

CARI TIKET PESAWAT MURAH

CARI TIKET KERETA API MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top