Tips

5 trik kembalikan siklus tidur setelah liburan

valleysleepcenter.com

Begitu traveling usai, bukan mood saja yang bikin susah move on, tapi juga siklus tidur yang berantakan. Maklum, saat traveling, kita cenderung tidur sesukanya—seringkali begadang dan bangun terlalu pagi—karena ‘dikejar’ itinerary yang padat. Begitu kembali ke rutinitas sehari-hari, siklus tidur yang berantakan bikin hari-harimu berantakan. Tubuh jadi lemas, sakit kepala, dan sulit konsentrasi karena waktu tidur yang nggak teratur. Bagaimana caranya supaya siklus tidur kembali normal dan tubuh berenergi? Simak trik ala pegipegi berikut ini, ya!

1. Konsumsi makanan yang tepat
Agar tidur lebih nyenyak, minum segelas susu hangat sebelum tidur atau jus ceri untuk mengatasi kesulitan tidur di malam hari. Berdasarkan penelitian, buah ceri mengandung hormon melatonin tingkat tinggi yang membuat tidur lebih nyenyak. Sementara itu yang harus dihindari adalah makanan berbahan dasar keju dan mentega, serta yang mengandung terlalu banyak garam. Usahakan juga untuk menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, atau minuman berenergi yang justru memberi efek semangat pada tubuh.
2. Mulai dengan rutin
Jika sehari-harinya kamu terbiasa tidur pukul 22:00, mulai sekarang biasakan untuk berangkat tidur pukul 21:00 lalu bangun tidur seperti biasa paginya. Lakukan ini selama seminggu ke depan, agar tubuh terbiasa dengan kebiasaan ini. Pastikan kamu disiplin, apalagi ketika godaan untuk begadang dan bangun siang muncul di akhir pekan. Dengan begitu di minggu selanjutnya, tubuhmu otomatis akan mengantuk dan terbangun pada jam biasanya.

sustainablebalance.ca

sustainablebalance.ca

3. Mainkan suasana 
Buat kondisi kamar dalam keadaan nyaman dan gelap, akan lebih baik ditambah aroma therapy. Matikan lampu kamar sebelum tidur karena ruangan yang gelap ‘memaksa’ tubuh untuk tidur dengan nyenyak. Selain itu, tidur dalam kondisi gelap membuat tubuh memproduksi hormon melatonin yang bisa menjaga kekebalan tubuh dari penyakit kanker. Sedangkan pagi harinya, biasakan tubuh terpapar sinar matahari agar kondisi tubuh cepat ‘on’ lagi. Misalnya, dengan maksimalkan jalan kaki ketika berangkat ke kantor atau sekolah agar tubuh lebih segar dan siap beraktivitas.

zunanaturals.com

zunanaturals.com

4. Matikan gadget
Lampu kamar sudah dimatikan akan sia-sia saja jika kita masih ‘bandel’ menyalakan semua alat elektronik lainnya di dalam kamar. Matikan TV, dan semua gadget seperti smartphone, tab, dan laptop kamu. Tahu nggak, gadget yang masih menyala akan ‘menipu’ otak, sehingga tubuh merasa kondisi di sekitar masih siang. Fokus pun teralih, dari kondisi siap istirahat menjadi siaga. Untuk mengakalinya, ambil novel atau majalah favorit karena membaca sebelum tidur dipercaya bisa bikin kantuk lebih cepat datang, travelers.

Flickr dgoomany

Flickr dgoomany

5. Olahraga 

Biasakan untuk berolahraga ringan setelah selesai beraktivitas, yang bisa membuat tidur lebih nyenyak. Nggak perlu olahraga high impact yang menguras tenaga, cukup lakukan yoga, jogging atau bersepeda keliling komplek selama 30 menit. Mau yang lebih fun, ajak teman-teman kantor untuk main basket atau badminton usai jam kerja. Sesampainya di rumah, pastikan sudah mengganti baju agar tidur lebih nyaman semalaman.

blog.liveyoursport.com

blog.liveyoursport.com

(Visited 176 times, 1 visits today)

Comments

To Top