Tips

5 Tips Traveling Penting Bagi Penderita Maag

Saat traveling, pola makan dan istirahat kadang jadi berubah. Maklum, aktivitas atau jadwal yang berbeda dari rutinitas sehari-hari bisa bikin kita telat makan.

Nah, kalau makan nggak teratur, bisa-bisa asam lambung meningkat dan menyebabkan maag! Ujung-ujungnya aktivitasmu saat liburan akan terganggu nih.

Mulai dari perut kembung, begah dan sering bersendawa bakal jadi gejala yang menyebalkan. Makin nggak enaknya lagi kalau sampai perut keram dan mual.

Nah, Pegipegi mau berbagi tips penting supaya kamu bisa tetap traveling dengan nyaman walau punya riwayat menderita maag.

Yuk, segera simak tips berikut!

1. Hindari makanan dalam porsi besar

Saat liburan, kamu pasti tergoda untuk mencicipi aneka kuliner dari destinasi tujuan. Namun, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar, ya! Hal ini dikarenakan lambung akan bekerja keras tiba-tiba.

Dibandingkan mengonsumsi makanan langsung dalam jumlah yang besar, sebaiknya kamu makan dalam porsi sedikit tapi sering. Salah satu caranya adalah sharing dengan teman liburanmu, nih. Jadinya kamu juga tetap bisa mencicipi aneka hidangan yang ada. Namun dalam porsi yang tetap terjaga.

Selain itu jangan makan terlalu cepat, ya. Supaya kamu bisa mengunyah makanan lebih baik dan membantu sistem pencernaanmu buat bekerja ideal.

2. Kurangi konsumsi makanan pemicu maag

Tentunya, kamu nggak bisa menahan godaan mencicipi makanan saat traveling, kan. Nah, untuk menghindari maag kambuh sebaiknya kamu menghindari atau mengurangi jumlah konsumsi makanan yang dapat memicu maag dan mengakibatkan asam lambung naik. Misalnya, makanan berlemak, makanan pedas, serta minuman bersoda dan berkafein.

3. Minum air putih yang cukup

Sering dianggap sepele, padahal minum air putih yang cukup dapat membantu menurunkan kadar asam lambung, lho!
Selain itu, pentingnya minum air putih yang cukup adalah untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi selama traveling.

4. Selalu siapkan obat maag dalam tas

Selalu siapkan obat maag dalam tas, ya! Karena obat maag sendiri berfungsi untuk menetralkan kadar asam lambung, terutama jika tiba-tiba kamu merasa gejala maag mulai datang.

5. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat

Sebaiknya kamu juga menghindari pakaian yang terlalu ketat seperti bawahan dan pemakaian ikat pinggang selama liburan, karena pakaian yang terlalu ketat akan menekan lambung dan memicu isi lambung naik ke kerongkongan, lho!

Travelers, jika kamu merasakan sakit yang nggak biasa, sebaiknya kamu segera mengunjungi dokter ya supaya bisa segera ditangani!

Happy holiday!

Kepengin liburan dalam waktu dekat? Jangan lupa untuk memesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top