Tips

5 Tips Traveling Aman dan Nyaman Bagi Penderita Sinusitis

Traveling adalah aktivitas yang menyenangkan, sekaligus melelahkan. Khususnya bagi kamu yang memiliki riwayat sinusitis.

Perlu diketahui, sinusitis adalah infeksi pada sinus yang mengakibatkan adanya penyumbatan. Saat sinusitis terjadi, saluran hidung akan dipenuhi lendir sehingga mengganggu pernafasan.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sinusitis. Mulai dari bakteri, alergi, asma, polusi hingga ada pertumbuhan daging di hidung. Sehingga, traveling buat penderita sinusitis akan terasa berat.

Tapi tenang, kamu bisa tetap traveling aman dan nyaman meski memiliki resiko sinusitis. Nah, Pegipegi punya beberapa tipsnya, nih. Simak, yuk!

1. Konsumsi Air Putih Cukup

Kondisi cuaca yang nggak menentuk dapat membuat saluran hidung menjadi kering. Ketika hal tersebut terjadi, konsekuensi terburuk adalah peradangan. Nah, agar selaput lendir tetap terhidrasi dengan baik, kamu wajib memperbanyak air putih sepanjang perjalanan. Usahakan yang hangat, ya.

2. Jaga Kebersihan Tangan

Jika sudah tahu bakteri dan debu dapat menjadi pemicu, maka kamu harus menjaga kebersihan tangan. Rajinlah mencuci tangan saat dan sebelum makan. Gunakan kain untuk mengusap muka atau membersihkan cairan dalam hidung.

3. Hindari Cuaca Dingin

Pemilihan destinasi bagi para penderita sinusitis sangatlah penting. Lantaran udara dingin dapat menjadi pemicu, maka hindari destinasi wisata berudara dingin seperti gunung. Kalau pun memang nggak ada pilihan, bawa perlengkapan penghangat tubuh seperti jaket dan slayer.

4. Perhatikan Kesehatan Mulut

Meski terletak pisah, ternyata rongga mulut dan hidung memiliki kaitan yang kuat. Sehingga, ada beberapa pemicu sinusitis yang berasal dari mulut seperti gigi berlubang hingga trauma di ruang situs. Akan lebih baik jika kamu menjaga kesehatan mulut dengan cara rajin gosok gigi, berkumur, menggosok lidah, serta menggunakan benang gigi.

5. Hindari Asap Rokok

Sebagai traveler, kamu bakal banyak bertemu dengan orang berbeda, termasuk para perokok. Nah, karena polusi udara bisa menjadi pemicu sinusitus, maka menghindarlah saat ia tengah merokok. Asap jahat yang kamu hirup dapat menyebabkan peradangan akut.

Sudah siap traveling ke tempat yang kamu inginkan? Jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top