Tips

5 Tips Penting Traveling Pakai Drone Buat Pemula

Liburan bareng keluarga atau sahabat nggak lengkap tanpa dokumentasi. Dari sekian banyak gadget yang bisa kamu pilih, drone tengah jadi tren tersendiri.

Dengan bantuan drone, kamu bakal dapat gambar dengan lanskap lebih luas lewat jepretan kamera. Selain itu, kamu bisa merekam setiap sudut tempat wisata yang nggak mungkin ditangkap dengan kamera biasa.

Tetapi, nggak semua orang bisa dan mengerti cara mengoperasikan drone. Apalagi dengan harga yang cukup mahal, resiko rusak karena terjatuh atau tersangkut bakal jadi konsekuensinya.

Tenang, sebagai referensi kamu, Pegipegi punya beberapa tips memilih dan mengoperasikan drone buat liburan nanti. Siapa tahu, bakal berguna banget. Simak, yuk!

Kenali Tipe Drone

Buat yang belum tahu, drone sendiri memiliki dua tipe yang berbeda, fixed wing dan rotary wing. Keduanya pun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Namun, buat pemula, disarankan untuk memilih tipe rotary wing berupa quadcopter dengan empat buah baling-baling. Jika sudah mulai lihai, kamu bisa cari model yang fixed wing.

Mulai dengan yang Murah

Sebagai pemula, kamu seakan wajib memilih drone khusus untuk pemula. Biasanya, drone pemula dibanderol cukup murah harganya. Salah satu contohnya adalah Eachine e58 yang cuma dihargai Rp700 ribuan. Jadi, jika terjadi apa-apa dalam pengoperasiannya, kamu nggak terlalu rugi untuk mengganti spare partnya.

Cari Tahu Tentang Peraturannya

Nggak semua tempat wisata mengizinkan kamu untuk mengambil gambar dari ketinggian dengan drone. Jadi, kamu wajib mengetahui tentang perizinan pengoperasian drone. Kalau perlu, kamu mengajukan surat izin ke lokasi wisata. Soalnya, peraturan pengoperasian drone sudah diatur dalam undang-undang keselamatan penerbangan, lho.

Perbanyak Baterai Cadangan

Dengan aktivitas yang berhubungan dengan aviasi, drone sudah pasti bakal menghabiskan banyak tenaga baterai. Bahkan, drone semahal XK Detect X380 atau XL Pro hanya mampu terbang paling lama 40 menit saja. Untuk itu, pastikan kamu membawa baterai cadangan selama pengoperasiannya. Jangan sampai, drone kamu kehabisan tenaga saat berada di angkasa.

Pelajari Lepas Landas dan Mendarat

Salah satu hal krusial dalam pengoperasian drone adalah lepas landas dan mendarat. Karena dioperasikan dengan sebuah stik, maka kamu harus mengetahui teknik dalam pengoperasiannya. Kamu bisa mulai dengan mendorong throttle (tongkat kiri) ke atas perlahan agar drone lepas landas. Jika drone mulai condong ke depan atau ke belakang, balas dengan menggunakan pitch command (stick kanan ke atas dan ke bawah). Hal yang sama berlaku untuk kontrol roll (stick kanan ke kiri dan kanan). Jika kamu melihat drone mulai condong ke salah satu sisi, maka balaslah dan pertahankan posisinya agar tetap seimbang. Ini adalah menu latihan awal bagi yang pertamakali menerbangkan drone.

Ada rencana buat traveling bareng keluarga dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top