Tips

5 Tips Penting Sebelum Beli Mobil Murah Yang Wajib Kamu Tahu

Agustus adalah bulan bahagia buat para pecinta mobil. Nggak cuma ada banyak pameran mobil yang digelar, tetapi juga diskon besar-besaran para dealer yang bisa kamu dapatkan cuma-cuma!

Beberapa APM (Agen Pemegang Merek) berani memberikan potongan harga sangat besar. Seperti yang dilakukan Daihatsu kepada produk Sigra yang memiliki diskon Rp 7-12 juta.

Sementara itu, sang pemegang pasar saat ini, Toyota hadir dengan ragam promonya. Salah satunya dengan melepas diskon untuk Toyota Calya dari Rp 5-8 juta.

Menggiurkan? Well, jangan terburu-buru! Karena, Pegipegi punya tips berburu mobil murah yang bisa kamu jadikan referensi, nih. Simak ya!

DP Rendah vs Cicilan Ringan

Foto utama: caranddriver

Terkadang, saat kita melihat DP (down payment) rendah yang ditawarkan oleh para sales, kesan menggiurkan hadir di benak. Walaupun cicilannya nggak besar, kamu harus perhatikan durasinya. Biasanya, setiap dealer maksimal memberikan durasi cicilan 60x atau selama 5 tahun. Nah, daripada kamu berlama-lama mencicil, mending kumpulin dana buat memperbesar nilai DP agar cicilannya ringan dan cepat. Minimal, kamu harus siapkan DP 25% dari total harga untuk mendapatkan cicilan yang rendah.

LCGC Jalan Keluarnya

Foto: motorpoint

Jika kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, mobil yang cocok buat kamu beli adalah model MPV. Nggak heran, Innova, Avanza, Xenia hingga Mobilio pun sangat laris dipasaran meski rata-rata harga tembus Rp 200 jutaan. Nah, kalau dirasa terlalu mahal, kamu bisa lari ke model LCGC (low cost green car) seperti Agya, Calya, Sigra, atau Suzuki Ignis. Selain nggak boros bensin karena kapasitas mesin berkisar di angka 1000-1200, cicilannya sudah pasti lebih ringan.

After Sale Service

Foto: consumerreports

Mobil dengan harga Rp 100-150 jutaan mungkin sangat menggiurkan. Apalagi, kalau DP-nya dan cicilannya sangat ringan. Tapi, mobil zaman sekarang bukan soal pandangan pertama, lho! Karena kamu harus juga memikirkan after sale service. Yang dimaksud di sini, apakah mobil yang kamu beli dapat jaminan servis yang baik dari dealernya atau nggak? Minimal, kamu dapat setahun servis gratis sudah baik. Ingat, beli mobil itu nggak mahal. Yang mahal itu onderdilnya!

Perbanyak Referensi

Foto: volvocars

Kesalahan pertama orang kala membeli mobil adalah tergiur oleh iklan. Tapi, apa yang ditampilkan iklan nggak selalu berupa fakta di lapangan. Perbanyak referensi kamu tentang mobil yang kamu ingin beli. Lihat reaksi orang yang sudah memilikinya, entah itu keunggulan atau kelemahannya. Pastikan, mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan dan yang pasti mudah untuk dirawat.

Silahkan Negosiasi

Foto: capterra

Buat yang pertama kali beli mobil, pasti bingung apa yang harus dilakukan saat berada di dealer. Nah, satu hal yang perlu kamu tahu adalah jangan takut buat bernegosiasi. Meski harganya nggak bisa diutak-atik lagi, kamu bisa nego soal kelengkapan mobil. Misalnya, jika mobil yang kamu incar masih menggunakan radio tape, kamu bisa nego untuk pasang LCD plus sound system yang lebih baik.

Mau berburu mobil murah? Sekalian liburan! Jangan lupa pesan tiket pesawat murahkereta api dan cari hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah cari hotel murah lain pesan tiket kereta api murah

(Visited 323 times, 2 visits today)

Comments

To Top