Tips

5 Tips Penting Mempersiapkan Diri Untuk Ikutan Lomba Lari Marathon

Punya hasrat ingin liburan sambil ikutan lomba lari marathon? Tenang, karena jelang akhir tahun, ada banyak event lari marathon yang seru di Indonesia, lho.

Mulai dari Jakarta Marathon 2019 hingga yang paling bergengsi, Borobudur Marathon siap digelar. Selain melibatkan peserta umum, dua ajang ini menghadirkan bintang top marathon dunia, lho.

Hadir dengan berbagai nomer lari seperti 5K dan 10K, lari marathon sudah pasti menguras fisik dan mentak. Sehingga, persiapan matang perlu dilakukan, khususnya buat kamu yang pertama kali terjun.

Nah, sebagai acuannya, Pegipegi punya beberapa tips mempersiapkan diri untuk terjun ke lomba lari marathon. Simak, yuk!

Pakaian dan Perlengkapan yang Pas

Lari marathon memang terkesan simpel. Cukup bermodalkan sepatu lari, kamu sudah bisa ikutan. Tetapi, kualitas pakaian dan perlengkapan lari ternyata mempengaruhi kenyamanan dan kecepatan kamu berlari, lho.

Yang pertama soal baju dan celana lari yang wajib memiliki bahan mudah menyerap dan menguapkan keringat. Selain itu, kamu juga wajib menggunakan running shoes atau sepatu lari yang punya bantalan lembut dan empuk.

Latihan Rutin

Jika kamu sudah berkomitmen ikutan lomba marathon, latihan pun terasa wajib. Kalau bisa, kamu berlatih beberapa bulan sebelum ajang tersebut dimulai. Mulai dari latihan kardio, endurance hingga latihan medan wajib dilakukan agar tubuh dapat beradaptasi. Apalagi, faktanya kalau kamu akan melangkah sekitar 30.000 langkah dalam satu kali marathon. Di setiap langkah tersebut kaki kamu akan menahan beban 1,5 hingga 3 kali lebih berat dari pada bobot tubuh normal.

Atur Pola Makan Kamu

Lari marathon bakal sangat mengurasi energi kamu. Bahkan, buat lari lima kilometer saja, kamu bakal kehilangan sekitar 400 kalori. Oleh karena itu, kamu wajib mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan rendah serat, zat besi, vitamin C, serta lemak. Aturlah pola makan kamu tiga kali sehari dengan baik. Jangan lupa untuk menegak minimal delapan gelas air mineral sehari selama masa latihan dan jelang lomba. Yang terakhir, hindari dulu makanan maupun minuman yang mengandung alkohol.

Pelajari Medan Marathon

Tiap event marathon pasti memiliki medan tersendiri. Mulai dari jalanan yang beraspal hingga berbatu sudah pasti harus dilewati. Sehingga, mempelajari medan marathon pun sangat penting, lho. Biasanya penyelenggara lomba marathon menyediakan website khusus yang memuat segala informasi perlombaan. Mulai dari rute, medan, tofografi, cuaca, hingga tingkat kelembapan daerah. Sehingga, saat tiba di sana, kamu sudah siap menghadapi medan beratnya.

Titik Minum

Pernah dengar istilah heat stroke? Ini adalah resiko fatal jika kamu mengabadikan faktor dehidrasi sepanjang lari marathon. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui titik-titik di mana kamu bisa mengambil minum. Jika sudah tahu, kamu bisa mengatur sendiri kecepatan kamu saat berlari. Jadi, nggak melulu harus memaksakan diri untuk melibas treknya.

Wah, lagi #ButuhPegipegi? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top