Tips

5 Tips Penting Melindungi Diri Dari Kabut Asap Saat Traveling

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang tengah menyelimuti beberapa wilayah di Indonesia seperti Pekanbaru, Jambi dan sekitarnya sangat mengkhawatirkan. Akibatnya, banyak hal yang terganggu karena musibah ini.

Pemerintah Indonesia, melalui sang Presiden, Joko Widodo yang sempat melawat ke daerah musibah berkomitmen untuk menanggulangi masalah ini. Pun demikian, ini menjadi wake-up call bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga lingkungan.

Bukan hanya bagi aktivitas penerbangan, tetapi juga kesehatan masyarakat yang berada di sana. Asap tebal yang terhirup tentu saja akan memicu masalah kesehatan, utamanya pernafasan.

Tapi, jangan takut! Jika kebetulan kamu ada rencana berpergian ke kawasan yang dilanda kabut asap, ada banyak cara untuk melindungi diri. Penasaran? Cek di bawah, yuk!

Selalu Pakai Masker

Hal pertama yang wajib kamu siapkan saat berada di kota yang dirudung kabut asap adalah masker. Karena, masker punya peran utama untuk menghalangi debu polusi udara yang terhirup dan bisa masuk ke saluran pernapasan. Nah, masker berbahan kain kurang efektif dalam kondisi ini. Jadi, baiknya kamu mempersiapkan masker yang memiliki filter udara dan pori-pori yang rapat. Sehingga, udara kotor nggak mudah terhirup.

Konsumsi Air Putih Cukup

Kondisi cuaca yang kering ditambah kepulan asap yang tebal membuat saluran hidung menjadi kering. Ketika hal tersebut terjadi, konsekuensi terburuk adalah peradangan. Nah, agar selaput lendir tetap terhidrasi dengan baik, kamu wajib memperbanyak air putih sepanjang perjalanan. Usahakan yang hangat, ya.

Jaga Kebersihan Tangan

Selain bawa masker, kamu juga wajib menjaga kebersihan tangan kamu. Apalagi, dengan asap yang tebal, anggota tubuh yang terbuka seperti tangan sudah pasti bakal terkena dampak kotornya. Jadi, usahakan selalu bawa tisu basah atau hand sanitizer untuk membersihkan.

Jaga Kelembapan Ruangan

Asap tebal mampu untuk menembus berbagai celah pada ruangan. Nah, jika kebetulan kamu ingin bermalam, pastikan untuk menjaga kelembapannya agar oksigen bisa mengalir. Selain menggunakan filter HEPA, kita disarankan untuk menjaga tingkat kelembapan di dalam ruangan rumah atau kantor. Dengan menggunakan humidifier untuk melembapkan udara sekitar 30 hingga 50 persen. Karena dengan kelembapan kadar tersebut dapat membantu mengendalikan alergen dan pemicu penyakit pernapasan lainnya.

Hindari Merokok

Nih, buat kamu yang perokok, untuk sementara menghentikan aktivitas tersebut selama berada di kawasan kabut asap. Bayangkan, seperti apa racun yang terkumpul dari perpaduan asap kebakaran hutan dan lahan serta rokok. Karena, di dalam kedua asap tersebut terkandung racun karsinogen (penyebab kanker) dan karbon monoksida pada asap rokok. Jadi, pastikan kamu nggak merokok selama di sana ya.

Wah, lagi mau traveling? Tenang! Biar liburan makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top