Tips

5 Tips Penting Liburan Sambil Berburu Udara Dingin di Dieng, Jawa Tengah

Kawasan Dieng, Jawa Tengah sempat viral. Belakangan, suhu udara di kawasan wisata alam tersebut turun hingga minus sembilan derajat!

Suhu dingin yang ekstrem tersebut menarik minat banyak wisatawan buat berkunjung ke sana, lho. Apalagi, Dieng belakang jadi salah satu tempat di Indonesia, selain Pegunungan Jayawijaya, yang menghasilkan salju dan embun es.

Fenomena yang dipengaruhi oleh musim kemarau yang terjadi pada bulan Juli dan Agustus ini bisa jadi tantangan tersendiri. Tetapi, ada banyak hal yang kamu persiapkan sebelum melangkah menuju kawasan tersebut.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi punya tips penting buat kamu yang ingin liburan ke Dieng, menikmati salju di sana. Simak, yuk!

Kondisi Fisik Prima

Jika kamu biasa hidup di kawasan yang panas, antara 30-35 derajat celcius, suhu ekstrem di Dieng bakal bikin tubuh kamu kaget. Jadi, pastikan kamu memiliki kondisi fisik yang prima sebelum traveling ke Dieng. Pastikan kamu nggak tengah mengalami gangguan pernafasan atau flu berat yang bakal menghambat aktivitas kamu di sana.

Perbekalan Lengkap

Dengan ketinggian 2,000 mdpl, Dataran Tinggi Dieng sudah pasti memiliki suhu dingin dan kadang bersalju. Jadi, buat kamu yang nggak biasa dingin, temperatur udara Dieg bisa jadi bumerang. Nah, untuk mengantisipasinya, kamu wajib membekali diri dengan jaket tebal, syal, sarung tangan hingga inhealer bagi yang memiliki asma.

Stok Makan dan Minuman

Dengan kondisi medan berat dan cuaca yang dingin, tubuh akan terus bekerja keras menghadapi dua masalah tersebut. Sehingga, asupan makanan dan cairan dalam tubuh harus tetap terjaga. Jadi, sebelum berangkat, kamu wajib stok makanan kering lebih banyak. Biar nggak terlalu berat, kamu bisa membekali diri dengan banyak buah-buah kering dan kacang. Untuk air, minimal kamu bawa 3-5 liter air dalam botol atau jerigen yang disangkutkan pada backpag kamu

Sepatu Boot

Sangat disarankan, bagi kamu yang ingin main ke Dieng, entah untuk mendaki ke berbagai gunung dan kawah, disarankan untuk menggunakan sepatu boot maupun hiking. Kontur yang terjal dan licin bakal merusak sepatu model sneaker dan mengurangi daya cengkram saat berjalan. Bahkan, jika kamu memutuskan bersedal, bukan nggak mungkin kaki kamu bakal terluka karena terpeleset.

Sedia Kacamata dan Masker

Suhu dingin di Dieng biasanya disertai dengan Bun upas atau embun racun. Meski nggak beracun bagi manusia, embun ini tetap bakal mengganggu pemandangan kamu kala berjalan. Apalagi, biasanya disertai dengan kabut yang tebal. Untuk mengantisipasinya, dianjurkan untuk membawa kacamata pelindung serta masker selama berada di sana agar udara dingin nggak masuk langsung ke mata dan serta lubang pernafasan.

Pengen liburan ke Dieng? Sekalian mampir ke Wonosobo. Yuk,  cari hotel di Wonosobo lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top