Tips

5 Tips Penting Buat Snorkeling Pertama Kali

Liburan ke pantai nggak cuma sekedar menikmati alamnya, kok. Kamu justru bisa lebih dekat dengan alam lewat berbagai aktivitas seru, salah satunya snorkeling.

Dengan snorkeling, kamu bisa puas berkenalan dengan alam bawah laut, lho. Mulai dari hewan laut yang lucu hingga terumbu karang yang menari-nari kala terkena ombak.

Tapi, banyak orang yang justru takut untuk ber-snorkeling ria, lho. Padahal, snorkeling itu adalah aktivitas yang cukup ringan, lho!

Nah, biar kamu makin yakin buat snorkeling pas liburan nanti, Pegipegi punya 5 tips aman snorkeling yang bisa kamu ikuti. Simak di bawah, yuk!

Cermat Memilih Alat Selam

Snorkeling memang nggak melibatkan laut dalam. Namun, peran alat selam atau snorkel sangat penting. Pastikan, kamu mengenakan alat selam yang kering sehingga pengelihatan kamu dalam air bisa jelas. Perhatikan juga selang untuk bernafasnya. Apakah masih berfungsi dengan baik atau nggak.

Kaki Katak yang Pas

Agar kamu dapat leluasa bergerak di dalam air, kehadiran kaki katak atau fins sangat berguna, lho. Dengan mengenakan alat tersebut, kamu bisa mengendalikan gerakan kamu. Tapi yang harus kamu perhatikan adalah ketersediaan ukuran dari kaki katak. Pastikan, kamu mengenakan kaki katak yang sesuai dengan nomor sepatu kamu.

Latihan di Kolam Renang

Jika kamu belum terlalu yakin menghadapi lautan lepas, kamu bisa berlatih di kolam renang. Mulai dari latih atur bernafas hingga cara bergerak di dasar laut. Pastikan kamu bisa “tenggelam” saat berada di dasar demi mengurangi rasa panik.

Pantau Kondisi Ombak

Demi keselamatan dan kenyamanan kamu, pastikan aktivitas snorkeling dilakukan dalam kondisi ombak tenang. Selain arusnya dapat mudah diatasi, kamu bisa lebih jelas melihat isi bawah lautnya. Jadi, pantau terus kondisi ombak di lautan. Jangan sampai debut snorkeling kamu nggak bisa dinikmati.

Patuhi Aturan Dari Petugas

Berbagai spot snorkeling pasti menyediakan petugas lapangan yang siap memandu kamu. Demi keselamatan dan keamanan kamu dan alam sekitar, patuhi setiap aturan yang disampaikan oleh mereka. Salah satu hal yang sering ditegaskan adalah larangan untuk menginjak terumbu karang di bawah laut.

Mau liburan dalam waktu dekat? Bisa banget. Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top