Tips

5 Tips Nyaman Bawa Barang Saat Traveling dengan Kereta Api

Kereta api sudah menjadi moda transportasi andalan masyarakat Indonesia. Selain nyaman, liburan dengan kereta api sudah pasti bebas macet, deh!

Namun, kenyamanan saat menumpang kereta api nggak hanya datang dari fasilitas yang diberikan. Tetapi juga faktor individu masing-masing penumpang.

Salah satu yang paling mengganggu kenyamanan saat traveling dengan kereta api adalah barang bawaan. Karena, nggak cuma kenyamanan pribadi yang bakal terganggu, tetapi juga penumpang lainnya.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi ingin berbagi tips nyaman bawa barang saat traveling dengan kereta api. Simak, yuk!

1. Perhatikan Beban Maksimal

Meski nggak memiliki bagasi khusus seperti pada pesawat terbang, nyatanya kereta api penumpang punya regulasi khusus. Berdasarkan peraturan baru yang berlaku sejak 11 November 2015, setiap penumpang berhak membawa barang dengan berat maksimal 20 kilogram dan volume maksimal 100 liter, dengan dimensi 70 cm x 48 cm x 30 cm. Bukan hanya itu, setiap penumpang juga dibatasi membawa maksimal 4 koli (satuan barang bagasi). Jadi, kamu harus pintar memilih mana barang bawaan yang mampu kamu bawa saat naik kereta api.

2. Hanya Tas Saja

Lantaran hanya dibatasi maksimal 20 kilogram, jenis barang bawaan juga harus kamu perhaikan. Demi menunjang kenyamanan, kamu bisa bawa barang pribadi yang dimasukkan ke dalam tas tangan, tas laptop, dan tas ransel dengan dimensi maksimal 50 cm x 35 cm x 25 cm dapat dibawa masuk ke dalam gerbong kereta api tanpa dikenakan biaya tambahan. Begitu pula halnya dengan kereta bayi, kursi roda manual atau sepeda lipat.

3. Taruh di Kompartemen

Setiap gerbong kereta api dilengkapi dengan kompartemen untuk menyimpan tas. Jadi, manfaatkan lah fasilitas yang disediakan tersebut. Jangan menyimpan barang di bawah kursi demi kenyamanan dan keamanan sesama penumpang.

4. Pisahkan Barang Berharga

Memang nggak dianjurkan buat bawa banyak barang berharga saat traveling. Tapi, kalau pun terpaksa, jangan pernah memasukkannya ke dalam koper, khususnya di kompartmen. Resiko rusak karena tertindih atau jatuh dari atas bisa saja terjadi. Lebih baik, kamu bawa tas jinjing yang dapat dipangku ke dalam kabin yang memuat barang berharga seperti telepon genggam, perhiasan maupun perangkat elektronik seperti laptop.

5. Pilih Bahan yang Ringan

Ada banyak tipe tas atau koper yang bisa kita bawa buat traveling. Tapi, kamu harus tahu apa sih destinasinya. Kalau kamu hanya traveling untuk berlibur, maka tas dengan tipe soft luggage bisa jadi pilihan yang tepat. Kenapa? Karena, tipe koper ini lebih ringan dan memiliki banyak selipan yang elastis untuk memuat lebih banyak barang.

Ada rencana buat traveling  dengan kereta api dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top