Tips

5 Tips Naik Haji Tanpa Antre

Menunaikan ibadah haji adalah rukun iman yang ke lima, jadi wajib bagi kamu yang beragama Muslim untuk melaksanakannya jika mampu. Tujuan dari ibadah haji selain untuk menunaikan kewajiban adalah untuk mendekatkan diri pada Allah. Tapi, untuk bisa berangkat ke tanah suci kamu harus menunggu antrean yang cukup lama dan bisa bertahun-tahun. pegipegi punya tips supaya kamu bisa naik haji dengan cepat tanpa antre.

www.islamfreedom.com

www.islamfreedom.com

1. Melalui jalur haji khusus

Jalur haji khusus memang dibuka untuk kamu yang nggak mau menunggu lama untuk berangkat haji bersama keluarga. Atau mungkin ada alasan lain yang mengharuskan kamu untuk berangkat secepatnya, seperti adanya nazar atau faktor umur bagi orangtua atau kakek nenekmu. Jika memang begitu, kamu bisa berangkat haji melalui jalur haji khusus. Kamu bisa berangkat haji 6 – 8 tahun lebih cepat dibandingan jalur haji biasa.

2. Daftar haji dari provinsi lain

Jika di provinsi tempat kamu tinggal jumlah calon jamaah haji yang mendaftar sudah sangat banyak, kamu bisa coba alternatif lain, yaitu dengan mendaftar dari provinsi lain yang daerahnya lebih kecil yang daftar tunggu nggak terlalu banyak. Kamu juga bisa mendaftar dari beberapa provinsi yang jumlah umat Muslimnya nggak terlalu banyak, seperti Bali atau NTT. Dengan begitu, kamu dan keluargamu nggak akan menunggu giliran terlalu lama untuk berangkat haji.

3. Berangkat haji dari negara lain

Jika kamu seorang mahasiswa yang sedang kuliah di luar negeri atau kamu sedang bekerja di luar negeri, kamu bisa mendaftar haji dari negara tempat kamu berada. Karena, biasanya negara-negara di Eropa, Amerika, Jepang atau negara lain yang mayoritas non-Muslim, kuota untuk calon jamaah haji nggak terpenuhi seluruhnya. Jadi sisa kuota masih bisa dipakai untuk orang lain yang mau berangkat haji dari sana. Bagi kamu yang memang memliki uang lebih dan bisa berangkat haji dari luar negeri, cara ini juga bisa kamu gunakan.

4. Memakai visa turis (visa ziarah)

Berangkat dengan membuat visa ziarah atau tourist visa adalah pilihan yang termurah dan terbaik kalau kamu punya kenalan di kedutaan Arab Saudi maupun di kedutaan di Jakarta. Jika kamu berangkat dengan visa ini, kamu nggak akan dikenakan biaya transportasi selama kamu berada di Arab Saudi seperti visa haji biasa. Selain itu, kamu juga bisa berangkat ke tanah suci kapan saja kamu mau. Bahkan kamu bisa berangkat sehari sebelum pelaksanaan haji dimulai jika kamu mau.

5. Memakai visa TKI Arab Saudi

Jika jalur ini sedang dibuka, kamu bisa masuk ke Arab Saudi dengan menggunakan visa TKI/TKW. Cara ini memang nggak umum dilakukan. Tapi bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang sangat ingin naik haji tanpa antre. Tapi ingat, kalau mau menggunakan visa ini, kamu harus memilih visa bebas, jangan melilih visa terikat. Karena visa bebas adalah visa yang bebas dipakai bekerja di Arab Saudi dan bebas memilih juragan. Dengan visa ini kamu tidak terikat dengan juragan manapun dan bisa bebas menunaikan ibadah haji. Akan lebih baik kalau kamu punya kenalan di Arab Saudi supaya ada yang mengurus akomodasi selama kamu di sana.

sp.beritasatu.com

sp.beritasatu.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Jika kamu belum bisa menunaikan ibadah haji, kamu menabung dulu aja sambil mengunjungi kota-kota di Indonesia yang banyak wisata religinya. Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat pegipegi.com.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

(Visited 1,136 times, 1 visits today)

Comments

To Top