Tips

5 Tips Menjaga Kesehatan dan Berat Badan Selama Puasa

Buat kamu yang lagi menjalankan program diet, kamu tentu menganggap bulan puasa adalah saat yang tepat untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Tapi, jangan paksa tubuh kamu untuk diet selama berpuasa ya. Karena, saat kamu berpuasa, kamu tidak memiliki asupan makanan yang cukup seperti hari biasanya.

Jadi, akan lebih baik kalau kamu tetap mengonsumsi makanan dalam porsi yang pas. Meskipun bobot tubuh tidak berkurang banyak, tapi yang terpenting adalah tubuh kamu tetap sehat selama berpuasa. Benar nggak, travelers? Nah, Pegipegi punya tips jitu untuk menjaga kesehatan dan berat badan selama berpuasa nih!

1. Jangan Memforsir Tubuh

Satu hal yang penting dilakukan untuk membantu penurunan berat badan adalah dengan berolahraga. Namun, di saat kamu sedang berpuasa, akan lebih baik kalau kamu mengurangi aktivitas fisik tersebut. Kamu bisa menggantinya dengan berjalan santai, atau melakukan olahraga ringan di gym setengah jam sebelum waktu berbuka puasa. Kalau tetap memforsir tubuh saat puasa, kamu bakal merasa kelelahan dan justru bisa menimbulkan potensi cedera, lho.

2. Tetap Terhidrasi

Mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya memang penting untuk dilakukan supaya tubuh tidak lemas dan kekurangan cairan selama berpuasa. Nggak cuma itu, banyak minum air putih juga bisa meluruhkan lemak dalam tubuh dan membuat kamu terhindar dari beragam penyakit, travelers. Jadi, jangan sampai lupa mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari, saat sahur dan usai berbuka puasa ya!

3. Waktu Tidur Cukup

Foto: JJVirgin

Memiliki waktu tidur yang cukup selama berpuasa penting untuk menjaga kesehatan dan berat badan agar tetap stabil. Kalau kamu kekurangan tidur, dampak yang akan timbul nggak cuma pada kondisi fisik, tapi juga hormon di dalam tubuh yang nggak stabil, sehingga bisa meningkatkan nafsu makan kamu. Sementara itu, kalau kamu memiliki jam tidur yang berlebihan, maka gula dan lemak akan tertimbun di bawah kulit dan membuat kamu menjadi kegemukan.

4. Jaga Asupan Makanan

Setelah beberapa hari berpuasa, kemungkinan besar berat badan kamu akan berkurang dengan sendirinya. Tapi, kamu harus menyadari kalau penurunan bobot tubuh ini belum tentu terjadi secara terus menerus. Nah, supaya berat badan tetap stabil dan tubuh tetap sehat, kamu tetap perlu menjaga asupan makanan yang masuk agar sesuai dan tidak berlebihan.

5. Makan Secara Bertahap

Foto: Healthy Women

Ketika waktu berbuka puasa tiba, biasakanlah untuk menyantap makanan secara bertahap. Hal ini bertujuan supaya sistem pencernaan kamu nggak kaget, apalagi kalau kamu langsung mengonsumsi makanan berlemak dalam porsi besar. Lebih baik memulai dengan makanan yang ringan, seperti buah-buahan, kemudian setelah beberapa saat, kamu bisa menyantap makanan utama dengan porsi sewajarnya.

Gimana, gampang kan menerapkannya? Oh ya, kamu juga bisa mengimbanginya dengan menambahkan jenis sayuran hijau pada menu sahur dan berbuka puasa, lho. Sayuran hijau, seperti brokoli, kale, bayam, buncis, dan asparagus bisa membantu membakar lemak dalam tubuh, menambah cairan, dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi, puasa sambil dietnya tetap lancar deh!

Nah, supaya liburan makin menyenangkan, kamu bisa cari hotel murah lewat Pegipegi! Soal transportasinya jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah lewat Pegipegi, ya!

cari hotel murah  pesan tiket pesawat murah   pesan tiket kereta api murah

Foto utama: Mixed Chicks

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top