Tips

5 Tips Menjaga Kebugaran Saat Mudik Lebaran Agar Puasa Lancar

Mau mudik tapi takut ganggu kualitas puasa? Nggak perlu khawatir karena Pegipegi siap bantu kamu!

Sebagai sebuah tradisi jelang Lebaran, mudik sangatlah melelahkan. Selain harus berjibaku dengan pemudik lain di jalan, kamu juga harus menahan haus dan lapar saat berpuasa.

Nah, agar kualitas puasa kamu tetap terjaga meski sedang dalam perjalanan mudik, Pegipegi punya beberapa tipsnya, sih. Penasaran? Cek di bawah ini, yuk!

Air Putih Harus Cukup!

Aktivitas selama berpuasa mungkin menguras tenaga, makanya kamu wajib mengonsumsi air putih baik saat sahur maupun berbuka puasa. Air putih bisa menetralisir bakteri organisme pada luka di lambung. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan dan mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.

Berhenti Istirahat

Khusus buat kamu yang berkendara, istirahat menjadi sangat krusial bagi menjaga kualitas puasa kamu. Lantaran, tubuh kamu bekerja dua kali lebih keras daripada biasanya. Tidur selama enam hingga delapan jam di malam hari dapat mengembalikan energi yang terkuras. Jika sempat, kamu juga bisa melakukan power nap selama 10-15 menit di rest area.

Ritme Makan Teratur

Ketika waktu berbuka puasa tiba, biasakanlah untuk menyantap makanan secara bertahap. Hal ini bertujuan supaya sistem pencernaan kamu nggak kaget. Agar lebih baik, kamu bisa memulai dengan makanan yang ringan, seperti buah-buahan, kemudian setelah beberapa saat, kamu bisa menyantap makanan utama dengan porsi sewajarnya. kamu juga bisa mengimbanginya dengan menambahkan jenis sayuran hijau pada menu sahur dan berbuka puasa, lho.

Pegangan Multivitamin

Terkadang, makanan sehat saja belum cukup. Kamu bisa tambahkan konsumsi multivitamin sebagai cadangan energi tambahan saat mudik. Untuk wanita, kamu bisa pilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi, sedangkan untuk pria yang kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi. Agar, kondisi fisik dalam perjalanan dapat terjaga dengan baik.

Gali Informasi Berbuka dan Sahur

Kalau memang kamu harus berbuka atau sahur di jalan pas mudik, ada baiknya cari tahu informasi lengkapnya. Karena, setiap daerah memiliki waktu sahur dan berbuka yang berbeda. Zaman sekarang pun makin canggih. Kamu bisa mengunduh aplikasi untuk mengingatkan jam sahur dan buka puasa. Atau paling aman, kamu bisa mampir ke masjid terdekat untuk mengetahuinya.

Ada rencana buat traveling dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top