Tips

5 Tips Menggunakan Kartu Kredit Secara Bijak Untuk Lebaran

Lebaran 2018 hanya tinggal menghitung hari saja. Berbagai kebutuhan utama, seperti stok makanan dan minuman hingga pakaian baru wajib terpenuhi.

Penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran pun dipastikan meningkat. Jika nggak terkontrol, tagihan kartu kredit di akhir bulan bisa membengkak, lho.

Namun, tenang. Ada banyak cara untuk mengerem penggunaan kartu kredit sepanjang momen lebaran. Minimal, untuk pemenuhan kebutuhan utama dan sekunder terlebih dahulu.

Nah, Pegipegi punya beberapa tips menggunakan kartu kredit secara bijak selama momen lebaran kali ini. Simak, yuk!

1. Manfaatkan Promo

Jika kamu ada niat untuk melakukan cicilan barang, akan lebih baik memanfaatkan program promo. Banyak brand-brand kenamaan melakukan kerja sama dengan bank-bank untuk menggelar promo cicilan 0%. Sehingga, di akhir bulan, kamu nggak perlu khawatir melihat tagihan berbunga.

2. Bukan Sumber Dana

Banyak yang salah kaprah dan menyesal kemudian. Kartu kredit, sesuai limit, memang menjadi alat pembayaran yang ringkas. Namun, nggak sedikit dari penggunanya memanfaatkan kartu kredit sebagai sumber dana satu-satunya. Mau makan, gesek. Mau beli minum, gesek. Sampai nggak terasa akhir bulan tagihan membengkak! Jadi, hindarin deh hal tersebut dan gunakan secara bijak.

3. Utamakan Primer baru Sekunder

Ada banyak kebutuhan jelang lebaran. Namun, pastikan kamu penuhi dulu kebutuhan yang bersifat primer baru sekunder. Primer dalam arti stok makanan dan minuman hingga kebutuhan sandang. Sedangkan, sekunder bisa meliputi gadget, dekorasi rumah hingga perabot baru. Agar, fungsi kartu kredit dapat teralokasikan dengan baik.

4. Catat Jatuh Tempo

Lantaran tahun ini lebaran jatuh di tengah bulan, maka kamu harus memperhatikan jatuh tempo dari kartu kredit. Biasanya, kamu harus segera melunasi tagihan kartu kredit setelah tanggal 20. Agar nggak menumpuk, kembalikan dana yang terpakai usai kamu mendapatkan dana penggantinya, biasanya dari gaji bulanan.

5. Tanggung Jawab ada di Kamu

Penggunaan kartu kredit sering disalahgunakan. Sehingga, tugas kamu untuk menjaganya dengan baik, bahkan saat lebaran tiba. Jangan pinjamkan kartu kredit ke orang lain. Pastikan, nomor CVV (nomor keamanan) yang ada di balik kartu diketahui orang lain. Kartu kreditmu, tanggung jawabmu.

Sekarang kamu bisa cobain deh tips-tips ini biar lebaran aman. Setelah itu bisa rencanain liburan deh dengan pesan tiket pesawathotel murah dan tiket kereta api lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah pesan tiket kereta api murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top