Tips

5 Tips Mengatasi Alergi Pada Tubuh Saat Traveling

Traveling adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain dapat mencicipi banyak kuliner lezat, kamu dapat bertamu ke berbagai tempat dan beragam kebudayaan.

Namun, kamu harus benar menjaga kondisi fisik selama liburan. Gangguan kesehatan seperti alergi pada tubuh dapat merusak pengalaman kamu liburan, lho.

Banyak kasus menyerang para traveler berupa rasa gatal usai bersentuhan dengan air di lokasi wisata. Namun alergi juga dapat muncul dalam bentuk kulit yang memerah karena terbakar.

Sebenarnya, ada banyak penyebab alergi. Mulai dari kondisi lingkungan yang kotor, makanan yang nggak bersih atau justru suhu udara yang terlalu ekstrim sulit diterima oleh tubuh.

Nah, agar perjalanan liburan kamu makin nyaman, Pegipegi punya sederet tips mengatasi alergi kulit saat traveling. Mari disimak selengkapnya di bawah ini!

Minum Banyak Air Putih

Alergi sendiri terjadi karena tubuh salah mendeteksi alergen sebagai zat asing. Alergen sendiri merupakan zat yang ada di bahan pangan (biasanya protein) yang diidentifikasi oleh tubuh sebagai zat yang merugikan karena memicu reaksi alergi.

Untuk menetralisirnya, kamu butuh asupan banyak mineral. Mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak adalah cara awal yang tepat untuk mengatasi alergi pada tubuh.

Jangan Pernah Digaruk

Rasa gatal sudah pasti jadi konsekuensi saat tubuh terserang alergi. Manusia pasti akan memiliki reflek untuk menggaruk. Namun, sebaiknya kamu nggak melakukan hal tersebut karena justru meningkatkan resik infeksi kulit. Penyebaran alergi juga akan makin parah jika kulit digaruk.

Usahakan Mandi Air Dingin

Beberapa orang pasti menghindari langkah yang satu ini. Namun mandi dengan air dingin justru mempercepat pemulihan alergi pada tubuh. Mandi dengan air dingin dapat mengurangi ruam pada kulit atau Anda bisa juga menggunakan kompres air dingin pada kulit yang gatal karena alergi.

Mengenakan Pakaian yang Bersih, Longgar dan Lembut

Saat alergi menyerang, tubuh akan berusaha mengeluarkan racun-racun dari keringat maupun air kencing. Sehingga, tubuh harus merasa leluasa. Pastikan, kamu mengenakan pakaian yang bersih, longgar dan lembut agar kulit merasa nyaman. Hindari juga pakaian berbahan wol karena dapat memperparah gatal karena alergi.

Selalu Sedia Salep Pereda Gatal

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan nggak memberian efek apapun, rasanya kamu butuh pertolongan terakhir, salap. Dengan kandungan hidrokortison, salap atau krim khusus dapat meredakan atau mengurangi gatal karena alergi. Terdapat berbagai macam salep kulit yang dijual di apotik.

Biar liburan kamu makin mudah, kamu bisa pesan tiket pesawathotel, dan tiket kereta apinya lewat Pegipegi. Selamat liburan.

cari tiket pesawat cari hotel murahcari tiket kereta api

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top