Tips

5 Tips Memilih Oleh-Oleh Makanan yang Nggak Cepat Basi

Pulang liburan nggak lengkap kalau belum bawa oleh-oleh. Meski hanya sedikit, dengan oleh-oleh, kamu bisa berbagai pengalaman selama liburan bersama orang terdekat.

Salah satu jenis oleh-oleh yang umum dibeli saat liburan adalah makanan. Mulai dari sajian kue basah seperti lumpia, camilan ringan seperti bakpia atau makanan berat seperti gudeg bisa jadi pilihan yang menarik.

Namun, terkadang kita dibuat ragu dengan pilihan oleh-oleh tersebut karena faktor kadaluarsa atau cepat basi. Apalagi kalau kamu nggak mengetahui karakteristik oleh-oleh yang kamu beli.

Nah, biar nggak kecewa, Pegipegi punya tips memilih oleh-oleh makanan yang nggak cepat basi. Penasaran? Simak di bawah ini, yuk!

1. Makanan Dalam Kemasan

Sepanjang liburan, kamu pasti bakal dihadapkan pilihan oleh-oleh makanan. Nah, biar aman dan jauh dari kata basi, pilihan makanan yang sudah terbungkus dalam kemasan. Makanan dalam kemasan sudah pasti memiliki masa kadaluarsa yang cukup panjang. Jenisnya pun beragam, mulai dari keripik, kacang, kue kering hingga makanan basah yang diawetkan seperti dendeng bisa jadi pilihan aman.

2. Hindari Cahaya Langsung

Kalaupun ingin membawa oleh-oleh makanan basah, seperti gudegatau jajanan pasar, kamu harus tahu cara menjaganya. Makanan basah bakal cepat basi jika terkena cahaya langsung. Selain itu, suhu udara di dalam makanan harus terjaga. Jadi pastikan, kemasan yang dipilih tertutup dengan baik, dengan sedikit ruang udara agar rasanya tetap terjaga.

3. Nggak Perlu Dimasak Dulu

Setiap penjual oleh-oleh makanan basah, seperti lumpia pasti bakal bertanya kepada calon pembeli “Mau yang sudah matang atau mentah?”. Lebih baik, demi menjaga kualitas agar nggak cepat basi, kamu bisa minta agar oleh-olehnya dibungkus dalam keadaan mentah demi memperpanjang usianya.

4. Larikan ke Pendingin Makanan

Khusus buat makanan basah, hal pertama yang kamu harus lakukan saat tiba di rumah adalah menyimpan oleh-oleh tersebut ke dalam pendingin atau freezer. Dengan begitu, makanan yang khususnya terbuat dari tepung bakal tetap terjaga kualitasnya. Pun demikian dengan makanan basah seperti gudeg, bakal awet jika disimpan dalam kulkas. Tapi ingat, jangan kelamaan dikonsumsinya, ya!

5. Hindari Pencucian Sebelum Dikonsumsi

Jamur bakal akrab dengan makanan seperti buah-buahan jika sudah terkena air. Jadi, jika kamu ada niat buat bawa buah-buahan sebagai oleh-oleh, jangan pernah kamu cuci sebelum waktunya dikonsumsi.

Ada rencana buat traveling dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top