Tips

5 Tips Berolahraga Saat Puasa

Berpuasa di bulan Ramadhan membuat tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Tentunya bikin tubuh terasa lemas, kan?. Puasa juga sering menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Padahal olahraga tetap penting untuk menjaga kebugaran tubuh di bulan puasa, lho. Belum lagi hidangan di bulan puasa banyak yang manis-manis dan bisa bikin berat badan naik.

Kamu nggak perlu bingung lagi bagaimana caranya supaya olahraga kamu nggak mengganggu waktu puasa. Pegipegi mau bagiin 5 tipsnya buat kamu. Baca di bawah ini, ya!

1. MENDEKATI WAKTU BERBUKA

Mengutip dari Egypt Independent, bila terpaksa harus berolahraga sebelum waktu berbuka, hindari berolahraga terlalu berat. Karena puasa sendiri sudah melelahkan untuk tubuh kita, jangan kamu kuras lagi tenaga kamu dengan olahraga yang berat. Kamu bisa berolahraga sekitar satu jam sebelum waktu berbuka. Jangan sampai lebih karena akan membuat tubuh kamu terlalu lelah.

Hindari olahraga angkat beban, sebagai gantinya kamu bisa sekadar lari di treadmill. Ingat ya, tidak dianjurkan juga untuk lari dengan intensitas tinggi di treadmill. Dampak dari olahraga yang terlalu berat bisa membuat tidur kamu di malam hari tidak nyenyak.

2. BERHENTI SAAT MERASA PUSING ATAU MUAL

Kalau kamu merasa pusing atau mual saat berolahraga, segera berhenti dan jangan paksakan diri untuk melanjutkan. Kamu bisa duduk sebentar sambil mengatur nafas agar kondisi kamu dapat kembali lagi seperti semula. Rasa pusing dan mual wajar timbul karena tubuh tidak memiliki suplai energi dari makanan dan minuman. Ketahui batas kemampuan tubuh kamu sendiri sebelum berolahraga, ya.

3. PILIHAN JENIS OLAHRAGA

Karena energi tubuh yang tidak maksimal saat berpuasa, kamu harus menghindari olahraga dengan intensitas yang tinggi. Pilihlah jenis olahraga ringan seperti jogging, berjalan santai, atau bersepeda. Jenis olahraga yang sebaiknya kamu hindari saat puasa adalah angkat beban, sepak bola, tenis, dan lainnya yang menguras banyak tenaga. Kalau olahraga favorit kamu termasuk dalam intensitas tinggi, lebih baik lakukan setelah berbuka ketika tubuh sudah memiliki energi.

4. ASUPAN MAKANAN SAAT SAHUR

Agar energi tubuh tetap terjaga dengan baik, perhatikan asupan makanan kamu saat sahur. Tubuh memerlukan berbagai zat gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Tentu semuanya harus dikonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebihan. Bila kamu ingin tetap berolahraga dengan baik saat berpuasa, karbohidrat dan protein menjadi dua zat yang paling penting.

Makanan dengan karbohidrat tinggi dapat membuat tubuh untuk menghemat pemakaian glikogen pada otot. Sehingga performa kamu saat berolahraga tidak akan terganggu bila konsumsi karbohidrat kamu cukup saat sahur maupun berbuka.

5. CARI TEMPAT YANG SEJUK

Berolahraga di tempat yang sejuk bisa membantu tubuh kamu agar tidak mengeluarkan keringat yang berlebih. Kalau kamu sudah berlangganan gym, manfaatkan ruangan gym yang ber-AC untuk berolahraga. Kalau ingin berjalan santai atau jogging, lakukan di sore hari atau di kawasan yang banyak pepohonan rindang. Banyaknya oksigen dari pepohonan membuat udara jadi sejuk.

So, sekarang nggak ada alasan lagi buat nggak olahraga saat bulan puasa, kan? Yuk, jaga kebugaran tubuh supaya bisa liburan terus. Jangan lupa  pesan tiket pesawathotel murah dan tiket kereta api di Pegipegi, ya!

pesan tiket pesawat murah  cari hotel murah pesan tiket kereta api murah

Foto: Pixabay

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top