Tips

5 Tips Berkendara Aman Saat Traveling Jarak Jauh

Mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil memang asyik. Tapi melakukan perjalanan darat dengan jarak yang cukup jauh tentunya perlu energi dan konsentrasi ekstra, nih. Fisik prima mutlak diperlukan bagi pengendara, supaya perjalanan tetap aman dan nyaman. Berikut sejumlah tips agar kamu tetap aman berkendara walau traveling jarak jauh.

Fisik
Kondisi fisik yang bugar akan membuat perjalanan jauh menjadi menyenangkan. Bawalah obat-obatan pribadi guna mengatasi keluhan-keluhan ringan saat di perjalanan.
Nggak ada salahnya juga berkonsultasi dengan dokter spesialis sebelum perjalanan, untuk memastikan kondisi tubuh prima.
Saat sudah di jalan, tentukan waktu berkendara dan jangan memaksakan diri untuk melakukan perjalanan yang melewati batas kemampuan. Ketika lelah atau mulai mengantuk, tentukan tempat peristirahatan ideal. Dengan begitu kondisi tubuh kembali prima setelah beristirahat.

Kendaraan
Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi baik. Lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mudik.
Pastikan ban dalam kondisi laik jalan, begitu pun ban serep juga dalam kondisi siap digunakan. Periksa kondisi radiator, pompa bensin, filter udara dan pendingin kabin atau AC guna memastikan perjalanan tetap nyaman. Ada 11 hal penting pada mobil yang wajib diperiksa sebelum traveling jarak jauh, nih. Jika kamu kurang mengerti akan kondisi mesin, maka menyambangi bengkel langganan menjadi pilihan utama.

Rute
Tentukan rute perjalanan yang akan dijalani. Hal ini penting agar nggak tersesat, sekaligus memangkas waktu perjalanan.
Nggak perlu repot membawa peta konvensional, manfaatkan saja aplikasi penunjuk arah di ponsel kamu. Gunakan teknologi terkini untuk mengetahui situasi dan kondisi jalanan yang dituju. Jangan lupa pantau akun-akun penting di sosial media, yang bisa membantu kamu untuk tahu kondisi terkini di suatu wilayah.

Charger
Selama perjalanan jauh, kita biasanya bakalan butuh mengisi daya gadget. Apa yang terjadi jika powerbank kamu sudah habis dayanya dan kamu masih di perjalanan? Sebaiknya tambahkan dual USB socket charger di mobil.

Muatan
Perhatikan barang muatan yang akan dibawa saat melakukan perjalanan. Hindari membawa muatan berlebih pada kendaraan guna memastikan kenyamanan berkendara.
Kenali kendaraan kamu dengan baik guna mengetahui posisi paling ideal dalam membawa barang bawaan. Jika membawa barang di atap, usahakan untuk tidak menyusun terlalu tinggi agar tidak mengurangi keseimbangan kendaraan. Selain itu, hal ini juga membahayakan kendaraan lain di belakang kamu, lho. Soalnya, hal ini bikin pandangan mereka terhalang, kan.

Ingin tau berita terbaru tentang otomotif, klik di otospirit.com

Oke, sudah siap melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi? Jangan lupa pesan hotel di Pegipegi agar kamu dapat beristirahat dengan nyaman. Selain itu, di Pegipegi juga bisa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api, lho.

Pesan Tiket Pesawat Pesan Tiket Kereta Api

Cari Hotel Murah

Foto dari calpublicagencylaboremploymentblog

(Visited 304 times, 1 visits today)

Comments

To Top