Tips

5 Tips Asyik dan Seru Ajak Anak Liburan ke Museum

Lagi bingung mau ajak buah hati liburan akhir pekan ini? Keliling kota sambil berburu museum yang unik, yuk!

Selain lebih hemat dan nggak keluar banyak tenaga, kamu bisa mengajak anak belajar banyak sejarah. Selain itu, benda-benda antik di museum bakal bikin mereka penasaran untuk menggali informasi lebih dalam.

Tapi, nggak semua orang tua bisa bikin anaknya nyaman dan bahagia saat liburan ke museum. Salah dikit, kamu justru dapat merusak mood dan keinginan sang buah hati untuk belajar maupun bersenang-senang di sana.

Nah, sebagai referensinya, Pegipegi punya beberapa tips mengajak anak liburan ke museum yang seru buat akhir pekan ini. Simak, yuk!

Pilihan Museum yang Familar

Pilihan museum menentukan segalanya. Sehingga, akan sangat bijak untuk mengajak anak liburan ke museum yang kontennya familiar dengan mereka. Seperti Museum Wayang di Jakarta, Dirgantara Mandala Museum di Yogyakarta atau Museum Kereta Api di Ambarawa. Sehingga, mereka nggak cuma bisa belajar banyak hal dari sesuatu yang mereka kenal dekat, tetapi juga bersenang-senang.

Bawa Tas Punggung

Tiap kali mengajak anak liburan, pastinya bakal banyak perlengkapan yang harus dibawa. Termasuk ke museum. Mulai dari stroller, tempat makan hingga pakaian, pastinya bikin kamu ribet. Nah, agar nggak mengganggu kenyamanan kamu dan anak, bawa saja backpack. Selain lebih fleksibel dalam bergerak, kamu bisa menyimpan banyak barang di dalam backpack. Apalagi, museum memiliki peraturan pembatasan barang bawaan dari luar. Sehingga, dengan backpack, semua kebutuhan si kecil bisa dimuat dengan baik.

Berikan Kebebasan

Namanya juga anak, mereka ingin bebas saat liburan. Jadi, nggak ada salahnya untuk melepas mereka di lokasi museum. Tentu saja dengan pengawasan yang fleksibel dari kedua orang tua. Untuk mengantisipasi hal-hal yang nggak diinginkan, kamu bisa membekali sang buah hati kartu nama. Terlebih situasi taman rekreasi yang ramai, resiko anak tersesat dan hilang bisa saja terjadi. Nah, kartu nama akan memudahkan orang yang menemukan anak untuk menghubungi kamu.

Pakaian Nyaman dan Santai

Jika kamu sudah pernah ke taman rekreasi sebelumnya, pasti dapat membayangkan situasinya. Panas dan sesak! Jadi, biar lebih nyaman, kamu bisa memakai pakaian yang lebih santai. Begitu pula dengan buah hati kamu. Mulai dari sepatu hingga baju, pakaikan yang santai namun sopan.

Jadi Pemandu Sekaligus Pengawas yang Fun

Selain jadi pengawas, sebagai orang tua, kamu juga wajib menjadi pemadu wisata buat anak kamu. Setidaknya mampu menumbuhkan ketertarikan dan menghilangkan kejenuhan mereka dengan menceritakan tentang bentuk dan warna. Bila di museum terdapat alat peraga yang boleh di sentuh, pandulah si kecil untuk menyentuh benda tersebut sambil membandingkan dengan benda yang pernah dia sentuh.

Ada rencana buat traveling dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top