Tips

5 Tips Ampuh Menghindari Penipuan E-Toll Card

Modus kejahatan kini makin beragam. Belakangan, mulai marak terjadi penipuan E-Toll card yang cukup meresahkan nggak cuma pengguna, tetapi bagi masyarakat yang baru belajar menggunakannya.

Cara penipuannya pun beragam. Mulai dari peminjaman E-Toll card di gerbang tol dengan alasan saldo habis, hingga penipuan yang dilakukan oleh oknum supir taksi online kepada penumpangnya.

Salah satunya dialami oleh seorang ibu rumah tangga, Runny Belle. Ia bersama suaminya harus kehilangan e-toll dengan sisa saldo Rp 150 ribu saat tengah mengantri di sebuah gerbang tol.

Nah, buat kamu yang nggak mau hal serupa terjadi, Pegipegi punya tips yang bisa kamu lakukan. Mari, disimak!

1. Jangan Asal Kasih E-Toll

Berbuat baik sih boleh, tapi jangan gegabah juga. Memberikan E-Toll kamu saat masih terjebak antrian adalah hal yang riskan. Jika kamu masih ingin memberikan bantuan, turun dari kendaraan kamu dan lakukan sendiri pembayaran pada gerbang tol. Intinya, jangan asal kasih E-Toll kamu.

2. Isi Ulang Saldo Secukupnya

Maksud kamu baik, agar nggak bolak-balik mengisi ulang saldo E-Toll. Tapi, ngenes juga kalau kamu kena tipu padahal isi saldo berlebih. Untuk mengantisipasinya, isilah saldo sesuai dengan tujuan perjalanan kamu. Hitung berapa banyak kamu harus membayar tol pulang dan pergi.

3. Modifikasi Desain

Kebanyakan korban penipuan E-Toll card memiliki desain kartu yang terlalu umum. Jadi, para pelaku kejahatan dengan mudahnya menukar E-Toll card dengan yang lain. Nah, saatnya kamu memodifikasi kartu kamu. Beberapa bank sudah menyediakan E-Toll dengan desain yang bisa kita bikin sendiri, lho!

4. Ingat-Ingat Isi Saldo

Penting, tapi sering terlupa. Saking asyiknya menikmati perjalanan, kamu sampai terlupa isi saldo E-Toll card yang tersisa. Hal ini yang bisa dijadikan senjata para penjahat E-Toll. Jadi, perhatikan sisa saldo kamu tiap kali melakukan pembayaran E-Toll di gerbang tol.

5. Katakan Tidak Untuk Kebaikan

Nggak ada salahnya membantu sesama. Tetapi, kamu juga harus lihat kondisi sendiri. Kalau saldo mepet, atau kamu lagi buru-buru, lebih baik untuk mengatakan tidak. Tapi, kalau memang nggak terburu-buru, silahkan memberikan bantuan tapi tetap waspada, ya.

Foto utama: bumntoday

Sudah tahu tipsnya? Saatnya liburan! Ayo pesan tiket pesawattiket kereta, dan hotel murah lewat Pegipegi.

Pesan Tiket Pesawat Pesan Tiket Kereta Api  Pesan Hotel Murah

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 139 times, 2 visits today)

Comments

To Top