Tips

5 Tips Ampuh Mengembalikan File yang Terhapus Dari Flashdisk

Mau upload foto liburan di flashdisk atau hardisk eksternal tapi nggak sengaja kehapus? Jangan panik dulu! Karena ada banyak sekali cara mengembalikannya dengan aman.

Memang, alat penyimpanan seperti flashdisk maupun hardisk eksternal memiliki ruang yang terbatas. Saking terbatasnya, kita sering keasyikan menyimpan berbagai hal yang pada akhirnya memaksa diri sendiri buat menghapusnya.

Nah, ada beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file lama, khususnya foto yang sudah terhapus dari perangkat penyimpanan. Semuanya bisa dilakukan sendiri di rumah dengan perangkat komputer kamu.

Penasaran? Pegipegi punya 5 jurus mengembalikan file yang hilang terhapus dari flashdisk maupun hardisk. Simak di bawah ini, yuk!

Siapkan PC atau Laptop

Untuk melakukana recover data yang terhapus, kamu wajib menyediakan PC (personal computer) atau laptop sebagai medianya. Bebas, mau menggunakan operating system Windows, Linux maupun MacOS.

Unduh dan Instal Aplikasi Recovery Data

Jika PC atau laptop sudah tersedia, kini saatnya untuk mengunduh aplikasi recovery data. Khusus buat pengguna Windows, kamu bisa menggunakan aplikasi Recuva dari CCleaner yang bisa kamu unduh gratis di sini. Atau, kamu juga bisa memakai aplikasi bernama PC Inspector File Recovery. Sedangkan, untuk kamu yang menggunakan perangkat MACOs, kamu bisa mengunduh dan memasang aplikasi seperti Disk Drill maupun EaseUS Data Recovery Wizard for Mac yang gratis.

Pilih Drive yang Ingin Di-recover

Setiap aplikasi data recovery akan meminta kamu untuk memilih drive mana yang ingin di-recover atau dieksplor datanya. Jadi, segera kamu hubungkan flash disk atau hard disk ke perangkat komputer kamu. Kemudian klik tombol Scan

Cari File yang Diinginkan

Proses pencaharian file bakal memakan waktu sekitar 10-15 menit tergantung besaran kapasitas flashdisk dan jumlah file yang dicari. Semakin jauh jangka waktunya, semakin lama lupa prosesnya. Namun, jika kamu sudah menemukan file yang dicari, tinggal klik kanan dan pilih Save To.

Bikin Back-Up

Jika file yang kamu inginkan sudah tersimpan, kamu wajib membuat back-up file di folder yang terpisah. Biar, ketika file utamanya corrupt atau terhapus lagi, kamu nggak usah melakukan pencariaan deep memory seperti di atas.

Sudah tahu tipsnya? Nah, saatnya liburan, deh! Agar liburan kamu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah! Yuk, dipesan untuk liburan kamu!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top