Tips

5 Tips Aman Mempersiapkan Kamera Untuk Traveling

Ke manapun traveling-nya, kamera nggak boleh lupa dibawa! Selain berfungsi sebagai penangkap momen-momen seru, kamera juga berguna untuk membuka cakrawala kamu dalam melihat obyek baru.

Nah, di era teknologi yang sudah berkembang pesat, ragam kamera dengan platform yang berbeda pun bermunculan. Berbagai fitur bagus ditawarkan buat kamu yang doyan fotografi.

Sehingga, pengamanan ekstra harus kamu lakukan agar kamera tetap awet saat traveling. Apalagi buat kamera berjenis SLR yang punya harga tinggi, sayang kalau harus rusak karena kelalaian kita sendiri.

Nah, sebagai antisipasinya, Pegipegi punya beberapa tips aman mempersiapkan kamera buat traveling agar liburan kamu makin seru. Simak, yuk!

Bawa Kamera Paling Kecil

Meski penting, ukuran kamera bakal sangat mempengaruhi kenyamanan kamu. Jadi, jika kamu termasuk orang yang nggak mau ribet, pilih kamera berjenis pocket saja. Kamera jenis ini sangat mudah dibawa. Jadi, buat kamu yang ingin traveling ke tempat-tempat wisata tengah kota maupun pinggir pantai, kamera pocket atau point-and-shoot cocok buat kamu ajak liburan. Pada beberapa tipe, seperti Sony RX100, kapasitas lensanya sangat baik, 20 megapixels. Dibanding kamera smartphone, kamera point-and-shoot unggul dalam hal pembesaran optik dan mode pengambilan gambar yang bervariasi.

Tas dengan Ruang Ekstra

Apapun kamera yang kamu bawa, keberadaan tas kamera sangat penting. Fungsinya memisahkan kamera dengan barang-barang yang kamu bawa pas traveling. Sehingga dimensi tas bakal sangat krusial. Pilih tas kamera dengan ruang ekstra. Sehingga, kamu bisa menempatkan kamera, baterai hingga charge kamera sendiri tanpa harus ditumpuk.

Kartu Memori Jangan Lupa

Kartu memori nggak boleh banget terlupa untuk dibawa. Minimal, kamu sediakan dua kartu memori untuk meng-cover dokumentasi selama liburan. Kapasitasnya pun kamu sesuaikan dengan kebutuhan, sehingga nggak terkesan kurang maupun mubazir. Khusus buat kamu yang bawa kamera pocket, bekali dengan micro SD sehingga nggak memakan banyak ruang di tas kamera.

Minimal 2 Baterai Cadangan

Jika kamu harus membawa kamera SLR atau DSRL, pastikan bawa baterai cadangan minimal dua. Karena, rata-rata, satu baterai kamera bakal dipakai habis hanya dalam 5-6 jam. Sehingga, dengan bekal dua baterai kamera, kamu nggak perlu khawatir kehabisan energi baterai selama dua hari.

Rutin Bersihkan Lensa

Mau SLR atau pocket, kebersihan lensa sangat mempengaruhi kualitas gambar. Jadi, jangan lupa untuk rutin membersihkan kamera dengan pembersih yang tepat. Gunakan kain halus dengan cairan pembersih yang kamu bisa beli di toko kamera terdekat.

Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top