Tips

5 Tips Aman Memilih Powerbank untuk Traveling

Kamu termasuk traveler yang giat eksis di dunia maya meski tengah traveling? Kalau benar, maka perangkat pengisian baterai berjalanan, powerbank adalah hal yang nggak boleh terlupakan.

Keberadaan powerbank selama traveling sangat membantu. Meski nyaris gadget masa kini memiliki kapasitas baterai besar, namun powerbank memberikan keleluasaan kita dalam memenuhi kebutuhan listrik ekstra selama perjalanan.

Perangkat pengisian baterai portable ini sangat berguna buat kamu yang traveling jarak jauh maupun jarak dekat. Sayangnya, nggak semua power bank yang ada di pasaran memiliki kualitas bagus. Kamu harus teliti dalam memilih powerbank, apapun mereknya.

Nah, sebagai referensi, Pegipegi memiliki 5 tips memilih powerbank bagus buat traveling kamu. Simak di bawah ini, yuk!

Kapasitas Baterai Memadai

Hal utama yang wajib dilihat kala membeli powerbank adalah kapasitas baterai. Sesuaikan dengan kebutuhan gadget kamu. Jika kamu membawa lebih dari satu gadget, usahakan membawa powerbank yang memiliki daya di atas 3000-5000 mAh. Karena, semakin besar daya tampung dayanya, semakin banyak gadget yang bisa di-recharge.

Jangan Terlalu Besar

Khusus buat kamu yang suka melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, pemilihan powerbank akan sangat krusial. Di dalam surat ketetapan tersebut dinyatakan bahwa powerbank yang boleh dibawa ke dalam pesawat adalah powerbank dengan kapasitas daya 100 watt-hour (Wh). Sedangkan powerbank dengan kapasitas daya 100 Wh sampai 160 Wh harus sesuai perizinan maskapai penerbangan. Dan untuk yang berkapasitas daya di atas 160 Wh dilarang masuk pesawat. Kapasitas 100 Wh jika dikonversi ke mAh adalah sebesar 27.000 mAh. Jadi powerbank yang bisa dibawa ke dalam kabin adalah yang berkapasitas di bawah 27.000 mAh dengan voltase 3,6– 3,85 V.

Dilengkapi Anti Overcharging

Untuk menghindari insiden seperti hubungan arus pendek atau baterai yang meledak, pastikan powerbank yang kamu miliki dilengkapi dengan sistem Anti Overcharging. Fungsinya adalah jika sudah nggak digunakan, power bank ini akan mati dengan sendirinya dalam 30 detik.

Fast Charging Lebih Bagus

Nggak semua powerbank memiliki fitur fast charging. Yang mana berfungsi untuk melakukan pengisian daya lebih cepat. Nah, jika gadget kamu mendukung fast charging, maka pilihlah powerbank dengan fitur serupa agar lebih efisien.

Hindari Powerbank Abal-abal

Jenis powerbank yang beredar di pasaran sangatlah bervariasi. Bahkan, beberapa powerbank dijual jauh lebih murah dengan iming-imingi kapasitas baterai lebih besar. Padahal, kualitas hingga ketahanan perangkatnya belum teruji secara baik. Demi keselamatan sesama, pilih powerbank yang sudah memiliki sertifikasi keselamatan. Merek-merek seperti Vivan, Xiaomi hingga Sony dapat menjadi pertimbangan kamu.

Mau liburan bareng sahabat atau keluarga? Bisa banget. Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top