Tips

5 Tips Aman Membawa Uang Tunai Saat Traveling

Uang tunai adalah hal yang nggak boleh kamu lupa bawa saat traveling. Meskipun liburan kamu sudah diatur oleh agen perjalanan sekalipun, uang saku sendiri sangat berguna untuk mengantisipasi keadaan darurat.

Sayang, faktor keamanan terkadang membuat kita ragu untuk membawa uang dengan jumlah banyak. Sedikit ceroboh, tangan-tangan nggak bertanggung jawab bisa saja beraksi.

Kamu nggak mau kan terlantar di kota atau negara orang tanpa uang. Liburan yang awalnya berlangsung menyenangkan, berubah menyedihkan karena hal tersebut.

Tapi, tenang! Ada berbagai cara traveling dengan membawa uang saku dengan aman. Biar nggak penasaran, Pegipegi bagi 5 tips amannya nih. Simak, yuk.

1. Bawa Pouch, Bukan Dompet

Sebagian besar dari kita berpikir dompet adalah tempat penyimpanan uang yang aman. Well, ternyata nggak!

Banyak kasus kehilangan uang pasti melibatkan dompet. Selain mudah dibuka, para pencuri yang lihat akan mudah mengambil dompet dari saku kamu tanpa jejak.

Nah, solusinya adalah mengganti dompet dengan pouch. Dengan fungsi yang sama, pouch memiliki fitur yang lebih fleksibel, termasuk reseleting untuk akses buka-tutupnya. Anyway, pouch juga dapat diselipkan di balik pakaian kamu, lho.

2. Gunakan e-Money

Kecanggihan teknologi memungkinkan kita menyimpan uang dalam bentuk apapun, salah satunya dengan e-Money. Berbeda dengan kartu debut atau kredit, e-Money adalah fitur mata uang yang dapat diisi ulang sesuka hati.

e-Money pun meminimalisir penggunaan uang kertas atau logam. Sehingga, kamu dapat traveling dengan rasa aman dan nyaman tanpa harus membawa banyak uang tunai

3. Cari Hotel dengan Safe box

Banyak kejadian wisatawan kehilangan uang yang mereka tinggal di dalam kamar. Padahal, kamar hotel atau penginapan lainnya harusnya sangat aman dari tangan-tangan nggak bertanggung jawab.

Namun, beberapa hotel memiliki fasilitas safe box yang dapat kamu manfaatkan. Brankas kecil ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga termasuk uang.

Jadi pastikan, hotel yang kamu tempati memiliki fasilitas safe box yang aman!

4. Hati-Hati di ATM

Untuk mengambil uang, kamu harus mencari anjungan tunai mandiri (ATM). Meski sudah dilengkapi CCTV, nggak ada yang bisa tebak situasi.

Ada beberapa tips aman mengambil uang di ATM saat traveling. Namun yang paling penting adalah selalu menutupi tombol pin dengan tubuh.

5. Jangan Lebih, Jangan Ngepas Juga

Membawa uang dalam bentuk fisik saat liburan bikin kita was-was. Namun di sisi lain, kebutuhan di perjalanan nggak dapat dikompromikan.

Jadi, pastikan kamu membawa uang cash yang pas sesuai dengan perjalanan. Tetapi juga jangan terlalu berlebih. Sesuaikan dengan kondisi lingkungan destinasi wisata, sih.

Supaya momen liburan kamu semakin menyenangkan, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top