Tips

5 Tips Aman dan Nyaman Traveling Melalui Tol Trans-Jawa

Liburan sambil keliling Jawa kini makin mudah, lho. Apalagi sejak Tol Trans-Jawa diresmikan, berkendara dari Jakarta menuju kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa makin cepat dan efisien.

Tol yang memiliki total panjang 1,167 kilometer ini terhubung dengan 18 titik utama, membelah tiga provinsi sekaligus. Tol yang menghabiskan dana sekitar puluhan triliun pun menjadi primadona para traveler yang ingin liburan dengan kendaraan pribadi.

Sebagai estimasi, perjalanan dari Jakarta menuju Solo hanya membutuhkan waktu 6-7 jam saja. Sedangkan, jika kamu ingin main ke Surabaya dari Jakarta, waktu tempuhnya hanya 10 jam saja.

Meski belum sempurna, berbagai fasilitas menarik ditawarkan. Mulai dari rest area yang modern, SPBU lengkap hingga ada taman bunga indoor yang bisa kamu manfaatkan buat beristirahat sejenak. Aspal jalannya pun terbilang sangat mulus dan apik!

Nah, buat kamu yang ingin mencoba liburan melewati Tol Trans-Jawa, Pegipegi punya beberapa tips penting, nih. Simak, yuk!

Periksa Kondisi Mobil

Meski melalui jalan tol, kelayakan atau kondisi mobil nggak boleh dikesampingkan, lho. Selain memeriksa tekanan ban yang idea, kamu juga wajib melihat ketersediaan air radiator, kampas rem, selang bensin, hingga oli mesin. Karena, dengan kontur jalan yang halus dan mulus, kamu nggak bakal kerasa memacu terlalu kencang.

Aktifkan GPS

Walaupun sudah dilengkapi dengan papan penujuk arah, nggak ada salahnya buat mengaktifkan GPS di dalam mobil kamu. Apalagi kalau malam hari tiba. Keterbatasan cahaya dari lampu penerangan jalan bakal menyulitkan kamu melihat papan penanda jalan. Jadi, dengan GPS, kamu bakal menyadari kapan harus menurunkan kecepatan kendaraan untuk keluar tol.

Manfaatkan Rest Area

Kalau lewat Trans-Jawa, jangan pernah ragu buat menepikan kendaraan sebentar buat beristirahat. Apalagi, jika kondisi jalan dalam keadaan padat, konsentrasi bakal pecah karena kondisi fisik makin terkuras. Oleh karena itu, wajib banget buat kamu melepas lelah di tempat istirahat yang tersedia. Menariknya, di beberapa rest area terdapat pusat perbelanjaan hingga taman bunga, lho!

Hati-Hati Speed Cam

Lantaran mulus dan panjang, Trans-Jawa kerap bikin para supir terlena. Yang biasa memacu kendaraan di bawah 100kmph, di sini kamu bisa memacu sampai 140kmph. Akan sangat berbahaya jika kamu nggak mampu menguasai kendaraan atau terhantam angin samping yang datang tiba-tiba. Pastikan, kamu memacu kendaraan dengan kecepatan sesuai rambu yang tertera, maksimal 100kmph.

Selain itu, kamu juga wajib menjaga jalur berkendara kamu. Ingat, jalur paling kiri dan paling kanan untuk menyalip. Jika masih bandel, gerak-gerik kamu berkendara bakal terpantau speed cam dan CCTV yang terpasang di beberapa titik.

Pastikan Saldo E-Toll Aman!

Tol Trans-Jawa hanya melayani pembayaraan melalui e-Tol atau e-Money. Jadi, pastikan saldo kamu aman sampai gerbang tol tujuan. Kalau perlu, kamu hitung dulu total dana yang dibutuhkan untuk sampai tujuan. Jadi, pas sampai gerbang masuk, kamu nggak perlu lagi ribet cari tempat top-up. Kalau perlu, kamu bawa dua kartu tol dengan saldo penuh agar aman. Kalaupun habis, kamu bisa melipir ke rest area untuk isi atau mampir di tempat top up yang ada di tiap pintu tol utama.

Ada rencana buat traveling bareng keluarga dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top