Destinasi

5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Jaipur, India

Traveles, mengunjungi tempat wisata bersejarah merupakan tawaran menarik yang diberikan Jaipur buat para pelancong. Terletak di tempat strategis karena terhubung dengan berbagai kota penting di India, seperti Delhi, Mumbai, Ahmedabad, Kolkata, dan Udaipur, Jaipur pun menjadi tempat persinggahan yang pas. Biar tidak penasaran, Pegipegi punya 5 tempat yang wajib dikunjungi di kota ini. Simak ya, travelers!

City Palace

Foto 1 Tempat Wisata Jaipur, India

City Palace, adalah tempat dimana keluarga bangsawan kerajaan Jaipur tinggal dan mereka adalah salah satu keluarga kerajaan terkaya di India. Tempat ini punya kompleks halaman sangat luas, kebun, dan bangunan yang memadukan arsitektur Rajasthani dan Mughal. Gerbang Merak (Peacock Gate) di City Palace juga terlihat indah sekali. Sekarang, keluarga kerajaan tinggal di bagian Chandra Mahal (Moon Palace) yang berbatasan langsung dengan bagian halaman. Didalamnya kamu bisa mengunjungi sebuah kompleks museum, galeri seni, kostum keluarga kerajaan, dan peralatan senjata.

Lokasi : Chokri Shahad, Old City, Jaipur.

Tiket masuk 300 rupe untuk orang asing termasuk kamera.

Jam buka : 09.00 – 17.00 tiap hari.

Hawa Mahal (Palace of the Winds)

Foto 2 Tempat Wisata Jaipur, India

Hawa Mahal atau Palace of the Winds mungkin menjadi bangunan bersejarah yang paling dikenal di Jaipur. Tempat ini dibangun pada tahun 1799 dan memiliki 5 lantai, serta terdiri dari deretan jendela kecil dan screen/layar. Dulunya, angin bisa berhembus dengan bebas ketika jendela-jendela dibuka sehingga istana ini dikenal dengan The Palace of the Wind, namun sekarang sudah tidak lagi. Menurut legenda, istana yang menghadap ke arah jalan utama ini dibangun agar para wanita bangsawan dapat melihat ke luar tanpa diketahui oleh mereka yang sedang berlalu-lalang.

Lokasi : dekat dengan City Palace.

Tiket masuk : 50 rupe untuk orang asing.

Jam buka : 09.00 – 16.30 tiap hari.

Galta Monkey Temple

Foto 3 Tempat Wisata Jaipur, India

Galta Monkey Temple adalah salah satu kuil Hindu suci yang berada diantara tebing yang curam sehingga memerlukan perjuangan untuk bisa sampai kesana. Namun, usaha yang kamu lakukan tidak akan sia-sia karena di sana kamu akan menjumpai kompleks kuil sangat luas dengan 3 kolam yang dianggap suci. Salah satu kolam sudah diambil alih oleh ribuan kera. Mereka bisa berenang dengan bebas. Kera-kera ini cukup ramah dan suka sekali bila diberi makan.

Lokasi : Ada di sisi bagian timur kota, diluar Gulta Pol, dekat dengan Agra Road, Jaipur.

Tiket masuk gratis.

Jam buka : waktu terbaik untuk berkunjung adalah menjelang matahari terbenam ketika kera-kera ini kembali ke kuil.

Amber Fort and Palace

Foto 4 Tempat Wisata Jaipur, India

Amber Fort terletak di puncak bukit menghadap ke danau Maota. Awalnya, tempat ini adalah rumah bagi keluarga kerajaan Rajput hingga kota Jaipur selesai dikonstruksi. Tempat ini punya sejumlah istana yang luarbiasa indah, aula, taman, dan kuil. Bagian dalam bangunan ini dipenuhi hasil karya menakjubkan yang dibuat begitu rumit. Pintu gerbang benteng ini dapat dicapai dengan berjalan mendaki bukit, mengendarai jeep, atau dengan naik gajah.

Lokasi : Jaipur Utara.

Tiket masuk : 200 rupe untuk orang asing.

Jam buka : 09.00 – 16.30 tiap hari.

Nahargarh Fort

Foto 5 Tempat Wisata Jaipur, India

Nahargarh Fort juga dikenal dengan Tiger Fort. Lokasinya bertengger diatas Bukit Aravali menghadap ke kota Jaipur. Benteng ini dibangun pada tahun 1734 untuk membantu pertahanan kota. Gaungnya mulai populer setelah tahun 2006 dipakai sebagai lokasi film Rang De Basanti. Nahargarh Fort menawarkan view spektakuler. Pemandangan yang banyak diburu wisatawan disini adalah saat sunset. Tempat ini juga cocok untuk piknik, dan bahkan sering dipakai untuk hang out hingga pukul 10 malam.

Lokasi : barat laut pusat kota Jaipur.

Tiket masuk : 30 rupe untuk orang asing

Jam buka, saat sunrise sampai sunset, tiap hari. Sedangkan istananya buka dari pukul 10 – 17.30 tiap hari.

 

Nah, Jaipur menyimpan sejuta pesona kan, travelers? Yuk cari info tentang penginapan di Jaipur melalui Pegipegi!

(Visited 4,792 times, 5 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top