Destinasi

5 Tempat Wisata Mistis di Banyuwangi yang Menyeramkan!

Banyuwangi adalah kota di Jawa Timur yang banyak sekali dilirik oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun internasional. Banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Mulai dari pantai, sampai hutannya pun asyik untuk dijadikan destinasi liburan. Tapi kalau kamu ingin wisata yang nggak biasa, seperti wisata ke tempat-tempat mistis, Banyuwangi juga punya, lho, travelers. Ini dia tempat-tempatnya.

1. Pantai Boom

Pantai Boom terletak di kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Pantai ini dulunya adalah pelabuhan utama kota Banyuwangi. Sampai sekarang, pelabuhan ini masih beroperasi, walaupun sudah nggak seramai dulu. Nah, yang bikin pantai ini angker adalah di sini pernah terjadi sebuah tragedi yang menewaskan 26 orang karateka dari perguruan karate bernama Institut Karate-Do Indonesia (INKAI). Tragedi ini terjadi saat para karateka sedang berlatih di pinggir pantai dan tiba-tiba gelombang besar datang, sehingga menewaskan mereka termasuk pelatihnya. Mereka semua terseret ke laut dan nggak selamat.

2. Keraton Macan Putih

Keraton Macan Putih yang terletak di kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi ini sebenarnya adalah salah satu situs bersejarah di Banyuwangi. Situs ini dulunya adalah bekas ibu kota Kerajaan Blambangan pada tahun 1655-1691. Sampai sekarang, tempat ini agak terlupakan dan belum dijadikan cagar budaya oleh pemerintah. Keraton Macan Putih dianggap sakral oleh penduduk sekitar. Karena, menurut kepercayaan mereka, di tempat inilah dulu Prabu Tawang Alun menghilang dan kembali ke Tuhan, atau yang disebut juga dengan muksa. Supranatural yang pernah datang ke sini pun percaya ada seekor macan putih yang menjaga tempat ini.

3. Rowo Bayu

Menurut sejarahnya, dulu, di tempat ini terjadi peperangan antara Kerajaan Blambangan dan Belanda. Seluruh pati kerajaan dan rakyat bersatu melawan Belanda. Perang itu akhirnya selesai dan dimenangkan oleh Kerajaan Blambangan. Dari tempat inilah awal mula terciptanya Kabupaten Banyuwangi, yaitu pada tanggal 18 Desember 1771. Banyak sekali korban yang berjatuhan saat perang terjadi, sehingga rawa ini menjadi mistis. Ada seorang perempuan yang dipercaya sebagai penunggu rawa ini yang bernama Nyai Resek. Ia dikelilingi oleh prajurit serta perempuan lainnya. Dulu, juga pernah ada seorang anak kecil yang menjadi korban saat mandi di rawa ini.

4. Watu Dodol

Watu Dodol dulunya adalah sebuah bunker milik Jepang yang dijadikan tempat untuk mengintai kapal-kapal milik musuh. Di dalam bunker ini sangat gelap dan ujung bunker katanya bisa menembus hingga ke Alas Purwo yang sudah lama ditutup. Ada beberapa spot yang dipercaya berhubungan dengan dunia gaib, yaitu Patung Gandrung yang katanya bisa bergerak dan menari-nari ketika di malam hari, ada juga sebuah sumur kecil yang dipercaya sebagai tempat kelahiran Sunan Giri. Air di sumur tersebut dipercaya memiliki khasiat, serta sebuah batu di tengah jalan Watu Dodol yang nggak pernah berhasil dipindahkan. Selain itu, di sini dulu ada seorang dukun yang digantung hidup-hidup, lho.

5. Alas Purwo

Alas Purwo adalah salah satu taman nasional yang terkenal di Indonesia. Selain karena keindahan alamya, taman nasional yang satu ini juga dikenal karena keangkerannya. Dari dulu, tempat ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para jin senusantara. Dan konon, dulu orang-orang yang masuk ke kawasan Alas Purwo nggak pernah selamat, nggak bisa kembali, dan nggak pernah ditemukan jasadnya. Kalau yang bisa selamat sampai keluar, akhirnya akan mendapatkan celaka. Nggak cuma itu, goa-goa yang ada di dalam kawasan ini juga sering dipakai untuk tempat semedi karena dianggap gaib.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Penasaran pengin datang ke tempat-tempat mistis di atas? Yuk cari tiket pesawat murah dan hotel murah di Banyuwangi lewat pegipegi.com. Hati-hati merinding, ya, travelers!

pesan tiket pesawat murah ke banyuwangi cari hotel murah di Banyuwangi

(Visited 3,475 times, 2 visits today)

Comments

To Top