Destinasi

5 Tempat Wisata Menarik di Sepanjang Jalur Bus Jakarta-Yogyakarta

Punya jatah cuti banyak? Yuk, pakai buat liburan ke Yogyakarta. Biar seru dan berkesan, naik bus aja, deh!

Nah, jalur Jakarta-Yogyakarta yang bakal kamu lalui dengan bus ternyata menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik. Mulai dari budaya hingga alam bisa kamu nikmati, lho.

Deretan wisata ini juga cukup popular di kalangan wisatawan yang kebetulan juga melakukan perjalanan yang searah. Jadi, kamu bisa jadikan referensi wisata buat orang di rumah juga, lho.

Penasaran? Yuk, simak deretan tempat wisata di sepanjang jalur bus Jakarta-Yogyakarta versi Pegipegi. Simak, yuk!

Candi Batujaya, Karawang

Terletak di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Candi Batujaya merupakan kompleks candi yang cukup besar. Tersebar di kawasan seluas 5 kilometer persegi, Candi Batujaya kabarnya merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara, meski secara penelitian belum dapat membuktikannya. Kompleks Candi Batujaya memiliki 46 titik candi, namun hanya beberapa yang berhasil dipugar untuk kemudian dijadikan tempat wisata. Mulai dari Candi Jiwa, Candi Blandongan, Candi Serut hingga Candi Sumur bisa kamu kulik di sana. Yang bikin menarik dari Candi Batujaya Karawang soal posisi berdirinya. Jadi. setiap bangunan candi yang berada di kompleks Candi Batujaya Karawang menghadap ke arah yang sama, yaitu 50 derajat ke arah utara, menciptakan pemandangan yang unik.

Taman Sari Gua Sunyaragi, Cirebon

Terletak di kawasan Kesambi, Taman Sari Gua Sunyaragi adalah sebuah situs peninggalan Kesultanan Cirebon. Masih menjadi bagian dari Keraton Pakungwati, Taman Sari Goa Sunyaragi siap memanjakan kamu dengan berbagai goa menarik. Ada Goa Peteng, Goa Pawon, Goa Pengawal, Goa Jumut, Goa Langse, Goa, Arga Junub, Goa Pandekemasang, Goa Kelanggengan yang bisa kamu jelajahi. Di sekitarnya, terdapat taman yang dihiasi pepohonan rindang nan sejuk. Dengan luas 1,5 hektar, Taman Sari Goa Sunyaragi memiliki dua bagian, pesanggrahan dan goa. Nah, yang bikin menarik adalah hadirnya fasilitas seperti kamar tidur, serambi, ruang rias hingga ruang ibadah tempo dulu yang biasa digunakan oleh keluarga kesultanan

Wisata Buken, Purwokerto

Berada di kaki Gunung Slamet, Wisata Buken menyimpan keindahan alam yang bikin hati sejuk, lho. Merupakan singkatan dari Bukit Kendalisada, Buken menawarkan banyak sekali wahana permainan serta spot buat foto, lho. Layaknya tempat piknik, kamu bisa menemukan beberapa kolam renang buat tempat santai bareng keluarga. Menggunakan aliran air langsung dari Gunung Slamet, kamu bisa merasakan kesejukan tiada tara di kolam renang ini. Menariknya, ada banyak fitur yang siap melengkapi keseruan kamu berenang di Buken, seperti permainan ember tumpah. Lantaran berada di alam terbuka, kamu bisa langsung menghirup udara yang kaya oksigen segar dengan latar belakang Gunung Slamet.

Waduk Sempor, Gombong

Terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Waduk Sempor Gombong adalah obyek wisata yang sangat potensial. Dengan ketingian mencapa 30 meter, Waduk Sempor Gombong awalnya berfungsi untuk mengairi sawah yang ada di tiga kota, Kebumen, Banyumas dan Cilacap. Kamu bakal dimanjakan dengan hamparan waduk dengan air yang sangat biru lengkap dengan lanskap bukit di pinggirnya. Kesan asri langsung tampak kala kamu berada di pesisir waduk, mengingat Gombong adalah salah satu kota kecil yang punya udara sejuk. Perbukitan yang ada di sekitar Waduk Sempor Gombong merupakan deretan hutan pinus, sehingga atmosfer damai yang dihadirkan benar-benar dapat dirasakan baik di siang hari maupun sore hari. Momen romantis pun dapat ditangkap kala matahari mulai terbit di ufuknya pada pagi hari.

Wisata Kaliadem, Sleman

Berada di lereng Gunung Merapi, Kaliadem merupakan kawasan wisata hutan pinus yang cukup populer. Berada di Desa Kepuharjo, Sleman, Kaliadem bahkan jadi rute wisata para turis yang kebetulan lagi singgah di kota Yogyakarta. Dengan suasana yang sangat asri dan sejuk, Kaliadem menawarkan berbagai spot wisata yang menarik untuk dikulik. Salah satu yang kamu harus kunjungi adalah Bunker Kaliadem. Bunker yang menjadi tempat perlindungan warga ini dikenal luas sebagai salah satu saksi bisu erupsi Gunung Merapi pada 2006 lalu. Kala itu, ada dua relawan yang harus kehilangan nyawa diterjang awan panas saat berlindung di dalam bunker tersebut.

Pengin main ke Yogyakarta? Yuk, pesan tiket bustiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

 

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top