Destinasi

5 tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi

Pantai Senggigi Lombok

Travelers, kamu sedang membuat daftar 5 tempat wisata di Lombok yang wajib banget dikunjungi? Memang gampang-gampang susah ya untuk menentukannya, namun karena Lombok dikenal punya tempat wisata alam, maka destinasi yang bisa kamu temukan kebanyakan memang bernuansa pantai.

Tapi nggak semuanya pantai kok karena 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok juga ada yang menguras adrenalin dan ini cocok banget buat kamu yang hobi mengeksplorasi alam Indonesia. Karena itu, kali ini Pegipegi mau kasih rekomendasi tentang 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok untuk mengisi liburanmu. Simak satu per satu, yuk.

 

  1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi Lombok

foto: magazine.happyholiday.travel

Pantai Senggigi menjadi ikon Lombok dan datang ke sini berarti travelers berkesempatan menikmati 2 destinasi wisata sekaligus. Kok bisa ya? Tentu saja travelers karena pantai yang masuk dalam daftar 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok ini memiliki banyak keistimewaan. Yang pertama tentu saja cantiknya nuansa pantai yang membuat decak kagum wisatawan lokal dan mancanegara. Jejeran pohon kelapa yang menambah keteduhan, serta air laut yang biru dan jernih mengundang pecinta olah raga air datang untuk sekedar berenang, atau snorkeling dan diving.

Dan yang kedua adalah hadirnya Pura Batu Bolong yang terletak di bibir Pantai Senggigi. So, tidak mengherankan kalau pantai ini masuk dalam 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok. Pura yang diperuntukan untuk sembahyang bagi umat Hindu ini masih aktif digunakan dan bahkan sering dipakai untuk upacara keagamaan. Karena itulah kenapa Pura Batu Bolong menjadi spot yang wajib dikunjungi di Pantai Senggigi karena musik alami berupa deburan ombak dan tiupan angin makin menambah suasana religi.

Sunset Pantai Senggigi

foto: www.initempatwisata.com

Yang paling ditunggu travelers saat datang ke Pantai Senggigi tentu saja momen sunset di sore hari. Dengan background langit kuning keemasan, Pura Batu Bolong yang menyembul di tengah pantai, serta kilauan air laut yang seolah berganti warna makin mempercantik jepretan foto. Kamu akan merasa betah menghabiskan waktu di penghunjung hari di Pantai Senggigi yang masuk dalam 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok.

 

  1. Gili Trawangan
Gili Trawangan

foto: www.bigbubblediving.com

Gili Trawangan juga menjadi 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok. Bisa dibilang kalau Lombok sangat identik dengan Gili Trawangan. Itulah yang diyakini wisatawan yang akan merencanakan liburan ke Lombok. Popularitasnya yang sering diulas banyak orang membuat wisatawan penasaran dengan kecantikan dan atmosfir pantai yang begitu khas di sini.

Air laut yang begitu jernih dengan paduan biru toska pada bagian bibir pantai dan biru tua di lepas pantai membuat travelers tertarik mengeksplorasi alam bawah laut dengan snorkeling dan diving. Arus bawah air yang cukup tenang tentu jadi kabar baik karena ini berarti kamu bisa lama-lama menikmati penghuni bawah air. Kamu juga tidak perlu pusing memikirkan peralatan olahraga air tersebut karena di tempat ini sudah banyak penyediaan perlengkapan untuk snorkeling dan diving.

Suasana di Gili Trawangan yang masuk dalam 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok juga sudah cukup ramai seperti di Bali. Ini dibuktikan dengan banyaknya bule-bule bersliweran dan berbaur dengan masyarakat lokal. Kalau kamu hanya ingin bersantai, kamu hanya tinggal duduk-duduk di atas pasir putih yang sangat lembut di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin pantai yang cukup menyejukan, atau bersepeda mengelilingi pulau. Suasana teduh makin terasa di sore hari ketika pohon cemara, kelapa dan akasia yang menjaga pantai ikut memberi kerindangan.

  1. Gili Nanggu

Kalau tadi kamu sudah datang ke Gili Trawangan, masih ada lagi 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lombok dengan nuansa yang masih sangat natural, yaitu Gili Nanggu. Gili ini memang beda banget dengan Gili Trawangan karena suasananya masih sangat sepi sepi. Namun alasan inilah yang dicari wisatawan karena bisa lebih ekslusif lagi menikmati cantiknya sebuah pantai yang masih menebarkan ketenangan dan kenyamanan.

Permata cantik khas pantai seperti pasir putih bertekstur lembut serta lautan jernih dengan siluet berwarna kebiruan makin membuat travelers betah dan puas menghabiskan waktu di antara 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok. Kalau kamu hobi snorkeling dan diving, Gili Nanggu juga sempurna untukmu karena di tempat ini memiliki beberapa spot diving dengan pemandangan bawah air yang spektakuler. Ikan berwarna-warni, koral nan cantik, dan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik cukup membuat hati senang saat menyelam.

Untuk masalah fasilitas kamu juga nggak perlu panik karena akomodasi di pulau ini cukup memadai dengan adanya jogging trek, tempat penyewaan snorkeling dan diving, serta wahana watersport. Dan yang terakhir, jangan lewatkan momen sunset yang selalu ditunggu-tunggu wisatawan karena kesempatan mengabadikannya dalam kamera akan membuatmu selalu terkenang dan ingin kembali lagi ke Gili Nanggu.

  1. Gunung Rinjani

Travelers, kalau kamu termasuk pendaki sejati, tentu akan memasukan Gunung Rinjani saat berlibur ke Lombok. Benar, gunung dengan ketinggian 3726 mdpl ini memang menjadi satu dari 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok. Nggak cuma pendaki lokal saja yang penasaran menaklukan Gunung Rinjani, namun gunung ini juga sudah menjadi destinasi wisata alam yang sering dijadikan tempat menghabiskan waktu bagi wisatawan mancanegara.

Biarpun cukup tinggi, kondisi ini tidak mengendurkan semangat pendaki karena pada ketinggian 2000 mdpl, kamu akan menemukan daya tarik utama Gunung Rinjani, yaitu Danau Segara Anak. Danau ini sebenarnya adalah danau kawah Gunung Rinjani dengan warna air kebiruan yang mirip sekali dengan warna biru air laut. Spot ini sering dijadikan tempat untuk mendirikan tenda bagi para pendaki saat memanjat atau turun karena memiliki panorama yang menakjubkan.

Perpaduan Gunung Rinjani yang gagah berdiri dengan Danau Segara Anak menjadikan tempat ini layak masuk dalam 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok karena dalam satu destinasi travelers bisa menikmati 2 tempat wisata sekaligus. Dari ketinggian, kamu bakal bisa menikmati cantiknya Kota Lombok beserta gradasi warna hijau yang mengelilingi Gunung Rinjani.

  1. Desa Sukarara

Satu dari 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok adalah Desa Sukarara. Mungkin kamu heran ya travelers kenapa harus datang ke desa ini. Tentu saja travelers, kamu sendiri tahu ‘kan kalau Lombok juga terkenal dengan produk kain tenun. Nah disinilah kamu bisa menemukan berbagai macam corak, warna, ukuran, dan pola kain tradisional tenun yang cantik-cantik.

Saking populernya, Desa Sukarara sering dijadikan rujukan travelers mancanegara yang menginginkan produk khas Lombok, atau sekedar belajar menenun secara tradisional. Desa ini terletak di Kecamatan Jonggot, Lombok Tengah. Akan jauh lebih mudah dan praktis kalau kamu menyewa motor atau mobil. Komoditi utama yang dimiliki tentu saja kain songket yang ternyata sudah dipasarkan hingga ke luarnegeri.

Karena handmade, kain tenun songket yang dibuat dari benang-benang berwarna-warni dan terkadang dihiasi kerang dan manik-manik pun harganya lebih mahal, berkisar antara Rp100.000* – Rp2,5 juta* tergantung dari bahan dan ornamen yang ditambahkan. So, kamu mesti menyiapkan dana terlebih dulu sebelum memborongnya ya travelers karena sayang sekali kalau berlibur ke sana dan tidak membawa tenun songket khas Lombok.

Travelers, sekarang sudah tahu kan daftar 5 tempat yang wajib dikunjungi di Lombok? Sekarang giliran kamu untuk mendatangi langsung untuk merasakan pengalaman uniknya. Jangan lupa memesan tiket pesawat dan booking hotel di Pegipegi.com agar liburanmu makin hemat! Happy holiday!

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 1,413 times, 1 visits today)

Comments

To Top