Destinasi

5 Tempat Wisata Liburan Asyik Dekat Candi Borobudur, Magelang

Sebagai monumen Buddha terbesar di dunia, Candi Borobudur adalah atraksi wisata menarik di Jawa Tengah. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, Borobudur selalu menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dibangun pada masa Dinasti Sailendra antara tahun 780-840 Masehi. Memiliki gaya bangunan Mandala, Candi Borobudur masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia versi UNESCO dan menjadi tempat wisata paling sering dikunjungi di Indonesia.

Nah, jika masih memiliki waktu untuk jalan-jalan, kawasan Borobodur turut dikelilingi banyak tempat wisata menarik, lho. Mulai dari air terjun hingga dataran tinggi yang sejuk dan cantik untuk dinikmati kamu dan keluarga.

Nah, sebagai referensi kamu berlibur, berikut 5 tempat wisata menarik dekat Candi Borobudur yang wajib disambangi! Simak, yuk.

Wisata Kaliurang

Kawasan Kaliurang merupakan atraksi wisata alam yang mengaggumkan. Kamu dapat menikmati keindahan dan kemegahan dari Gunung Merapi dari kota kecil di bagian lerengnya.

Berjarak 25 kilometer dari Yogyakarta, kaliurang adalah salah satu rute pendakian menuju Gunung Merapi yang terkenal. Pesona hutan pinus ala Bukit Plawangan Turgo yang hijau dan asri siap memanjakan kedua mata kamu saat berkunjung ke sini.

Untuk mengakses obyek wisata ini dari Candi Borobudur, bisa mengakses melalui kota Muntilan dengan angkutan umum. Atau jika kamu berada di Yogyakarta, lajukan kendaraan mengikuti jalan raya Kaliurang.

Sebelum berwisata ke Kaliurang, kamu dapat bermalam di hotel dekat Yogyakarta. Terdapat puluhan hotel nyaman untuk kamu dan keluarga bersantai.

Kopeng

Berada di lereng Gunung Merbabu, Kopeng adalah desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di ketinggian 1.500-1.700 mdpl, Kopeng menawarkan wisata alam organik di mana terdapat banyak sekali lahan sayuran dan buah-buahan.

Udara sejuk dan pemandangan asri khas pegunungan membuat Kopeng jadi atraksi wajib usai bermain di Candi Borobudur. Terdapat pula wisata Umbul Song dan Kalipancur yang cocok dijadikan destinasi liburan keluarga.

Kopeng berada di jalur penghubung antara kota Salatiga dan Magelang. Kamu bisa menumpang angkutan desa maupun kendaraan pribadi dari kota Magelang menuju desa Kopeng.

Sebelum menuju ke Kopeng, kamu dapat bermalam di hotel dekat kota Magelang. Terdapat beberapa pilihan hotel yang nyaman bagi kamu dan orang terdekat.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang adalah wisata alam yang sangat mempesona. Memiliki ketinggian 40 meter, Air Terjun Kedung Kayang menyimpan pesona Gunung Merapi dari kejauahan.

Air yang mengalir dari atas, jatuh dengan derasnya, menciptakan efek cantik untuk berfoto. Udara yang sangat sejuk berpadu dengan panorama hutan pinus di sekitar, membuat Air Terjun Kedung Kayang destinasi yang spesial.

Air Terjun Kedung Kayang dapat diakses dari Boyolali maupun Magelang. Namun, para wisatawan lebih banyak memilih rute menuju Puncak Ketep untuk mencapai Air Terjun Kedung Kayang.

Candi Mendut

Letaknya sangat berdekatan dengan Borobudur membuat Candi Mendut sebagai atraksi yang penting. Dibangun pada tahun 824 masehi, Candi Mendut terbentuk dari batu andesit dengan luas keseluruhan 13,7 x 13,7 meter ini berbentuk segiempat dan atap bertingkatnya dihiasi stupa kecil.

Tingginya mencapai 26,4 meter dan berdiri di atas kaki setinggi 3,7 meter membuat Candi Mendut tampak anggun dan megah dari kejauhan. Pada bagian kaki candi, kamu dapat menikmati sajian relief yang berkisah tentang burung dan kura-kura, Brahmana dan kepiting atau fabel lainnya.

Nggak sulit menemukan Candi Mendut. Jika kamu berkendara dari Yogyakarta menuju ke Candi Borobudur, hampir dipastikan akan melewati Candi Mendut di tengah perjalanan. Candi ini terletak cukup dekat dari Candi Borobudur, hanya berjarak 3 km, persisnya di Desa Mendut, Kecamatan Mungkit, Kabupaten Magelang.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Dari sana, kamu dapat menikmati cantiknya Candi Borobudur yang diselimuti kabut. Punthuk Setumbu berada di sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl yang terletak di gugusan Bukit Menoreh.

Awalnya tempat ini hanya sebuah ladang penduduk, namun sejak ada fotografer yang mengabadikan sunrise dari sana, orang-orang pun pada berdatangan. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang digunakan duduk menanti matahari terbit.

Untuk mengakses Punthuk Setumbu, kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Candi Borobudur melalui Tanjung Terus. Sesampainya di sana, ambil kanan ke arah Hotel Pelataran sebelum mengikuti jalan menuju Puthuk Setumbu.

Untuk yang ingin liburan ke Magelang, cari hotelnya lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

cari hotel murah di Magelang

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top