Destinasi

5 Tempat Wisata di Wonosobo, Jawa Tengah yang Kudu Disambangi

Wonosobo merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan. Sehingga, kawasan ini memiliki cukup banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama orang terdekat. Pegipegi punya rekomendasi lima tempat wisata di Wonosobo yang kudu kamu sambangi, nih!

1. Dieng

Dataran Tinggi Dieng berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, kurang lebih 30 km dari Kota Wonosobo. Terletak di barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Menurut cerita yang beredar, Dieng disebut sebagai tempat para dewa-dewi tinggal. Nama Dieng sendiri diambil dari Bahasa Kawi, ‘di’ artinya temat atau gunung dan ‘hyang’ artinya dewa.

Dieng Wonosobo berada pada ketinggian 2.093 mdpl, sehingga kawasan ini memiliki udara sejuk dengan kabut saat matahari tidak muncul di langit. Dengan kisaran suhu 15 sampai 20 derajat celcius, Dieng Wonosobo sendiri memiliki banyak tempat wisata yang nggak boleh dilewatkan, seperti Telaga Warna, Bukit Sikunir, Sumur Jalatunda, Candi Dieng, dan lain-lain.

2. Telaga Sidringo

Telaga Sidringo merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Batang, tepatnya di Desa Mojo Tengah, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang dan berada di salah satu puncak dataran tinggi Dieng, berdekatan dengan kawah Candradimuka. Telaga ini belum terlalu ramai karena akses jalanannya yang masih sulit dilalui, berupa jalanan berbatu dan menanjak cukup curam hingga 45 derajat. Jika ingin ke sana, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua aja dan jangan lupa menggunakan jaket karena cuaca sangat dingin.

Letihnya perjalanan akan terobati dengan pemandangan alam di sekitarnya yang dikelilingi pohon cemara berjejer indah. Banyak yang mengatakan bahwa Telaga Sindrigo mirip dengan Danau Ranukumbolo di Gunung Semeru. Salah satu view terbaik dari Telaga Sindrigo adalah dari atas bukit yang jaraknya sekitar 10 menit berjalan kaki, di atas bukit itu kita akan merasa seperti sedang berada di padang savana.

3. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro kerap disebut Gunung Sundoro memiliki ketinggian 3.153 mdpl. Gunung ini terletak di sekitar Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Gunung tersebut adalah gunung berapi aktif berkarakter gunung kerucut tipe Strato dan terakhir meletus tahun 1971 silam. Bersama Gunung Sumbing yang saling berhadapan, kedua gunung ini dianggap sebagai gunung kembar. Di sekitarnya ada padang rumput yang ditumbuhi Edelweis, sehingga membuat para pendaki betah berlama-lama di sana.

4. Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi berada di kaki Gunung Sindoro dan merupakan kebuh teh peninggalan zaman Belanda yang masih dirawat oleh pemerintah. Kebun Teh Tambi menonjolkan wisata agro sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan. Kebun teh ini sudah dibangun sejak tahun 1865 dengan nama Bagelen Thee & Kina Maatschaappij lalu perusahaan tersebut dikelola oleh NV. John Peet dengan kantor pusat di Jakarta.

Sejak Revolusi Kemerdekaan Indonesia, pengelolaan perkebunan jatuh ke tangan pribumi. Namun, hal itu tidak berlangsung lama karena Konferensi Meja Bundar tahun 1950 membuat pengelolaannya dikembalikan ke tangan Belanda. Singkat cerita, pada tahun 1957, perusahaan tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan memunculkan nama NV. Tambi yang  berubah menjadi PT. Tambi.

5. Gunung Lanang

Gunung Lanang terletak di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang. Keindahan di sekitarnya mampu menghipnotis kamu dan bikin kamu nggak ingin pulang. Jangan lupa abadikan momen sunrise dan sunset di sana. Lokasinya mudah dicapai, sehingga kamu tidak perlu berjalan jauh untuk mendaki Gunung Lanang.

Jika ingin ke Wonosobo, kamu bisa transit dulu di Kota Yogyakarta dengan pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Yogyakarta lewat Pegipegi. Jangan lupa sekalian cari hotel murah di Yogyakarta di Pegipegi, ya!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta  pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

Comments

To Top