Destinasi

5 tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi

Pulau Kemaro

Travelers, kamu lagi liburan ke Palembang? Wah, kebetulan banget nih. Selain populer dengan pempek-nya yang sudah dikenal nusantara, Palembang juga menyimpan beberapa tempat wisata yang indah dan sudah jadi ikon kota ini lho. Kali ini, Pegipegi pengen mengulas tentang 5 tempat wisata yang kudu disambangi saat liburan ke Palembang. Yuk disimak bareng-bareng!

 

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera di Palembang

foto: panoramio.com

Datang ke Palembang rasanya nggak komplit kalau tidak bertandang ke Jembatan Ampera. Ikon kota Palembang ini membentang di atas Sungai Musi dan menjadi bangunan tercanggih pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan menjadi hasil kerja sama dengan Jepang. Kalau di siang hari, kelihatannya sih biasa saja. Bonusnya, kalian bisa melihat kapal-kapal yang bersandar di sekitar sungai. Pemandangan makin indah akan muncul di malam hari karena kerlap-kerlip lampu yang melintasi jembatan serta kawasan disekitarnya terlihat begitu eksotis. Pantulan cahaya di atas air pun menambah warna aura malam di sekitar jembatan. Sambil menikmati indahnya kota Palembang, kalian juga bisa mencicipi kuliner lokal seperti mie telur yang banyak dijual di sekitar jembatan. Spot ini juga gratis, so cukup murah meriah dan memuaskan ya.

 

Pulau Kemaro

 

Pulau Kemaro

foto: hondaroadventure.com

Pulau ini menjadi destinasi wisata favorit buat masyarakat Palembang dan lokasinya yang berada di tengah Sungai Musi. Nuansa etnis Tionghoa begitu kental terlihat dengan keberadaan Klenteng Kuan Im serta pagoda-pagoda bertingkat 9. Untuk menuju kesana, kalian cukup membayar biaya perahu yang banyak ditemukan disekitar Jembatan Ampera. Suasana teduh dan tenang membuat pulau ini pas banget dijadikan tempat bersantai. Keberadaan pohon cinta yang terletak disamping klenteng menjadikan tempat ini terasa begitu romantis sesuai dengan sejarahnya dimana konon dulu hidup Tan Bu Ann yang keturunan Tionghoa jatuh cinta pada Putri Raja Siti Fatimah. Namun tragis, kisah cinta mereka bak Romeoa dan Juliet versi Indonesia.

 

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak

foto: indonesia.travel

Kota ini juga memiliki peninggalan bangunan bersejarah dari Kerajaan Palembang Darussalam saat masa pendudukan bangsa Belanda dan masih bertahan hingga sekarang. Dulunya, benteng ini digunakan untuk menangkal serangan Belanda, sekaligus dijadikan sebagai tempat tinggal anggota keluarga Kerajaan Palembang. Kondisinya yang terlihat kokoh dan terawat dengan baik menjadi bukti sejarah kalau di jaman dulu, perlawan terhadap penjajah juga dilakukan di tanah Palembang. Lokasinya juga terbilang strategis karena dekat dengan Sungai Musi.

 

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho Palembang

foto: indanarundalestari.blogspot.com

Dari namanya saja, kita bisa tebak kalau masjid ini punya gaya khas etnis Tionghoa. Memang benar kalau desain interior di masjid ini begitu menarik dan bisa membuatmu berdecak kagum. Gaya arsitektur eksterior-nya juga sangat unik dengan didominasi warna merah sehingga terlihat begitu mencolok. Karena desainnya berbeda dengan masjid-masjid lain di Palembang, tak heran kalau Masjid Cheng Ho sering disinggahi pendatang yang kebetulan sedang berliburan ke kota ini. Sambil beribadah, mereka bisa mengagumi salah satu bangunan yang kental dengan ukiran etnis Tionghoa.

 

Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak

foto: www.fotopalembang.com

Taman yang terletak di tengah kota Palembang ini menjadi salah satu tempat alternatif warga lokal untuk bersantai sejenak dari rutinitas pekerjaan. Tempatnya begitu teduh dengan keberadaan pohon bambu, air mancur serta jembatan merah yang terletak di tengah kolam. Aktivitas paling umum yang dilakukan warga disana tidak lain adalah jogging di sore hari. Tidak heran ya travelers kalau tempat ini banyak didatangi remaja yang pengin nongrong bareng sohib-sohib mereka. Bahkan ada yang bilang kalau Taman Kambang Iwak jadi tempat gaul-nya anak muda orang Palembang.

 

Travelers, sekarang sudah tahu ‘kan kemana mau berlibur saat berwisata di Palembang? Biar acara liburanmu makin meriah, yuk pesan tiket pesawat murah dan booking hotel di website Pegipegi.com. Caranya mudah dan praktis, harga dijamin ekonomis!

(Visited 491 times, 1 visits today)

Comments

To Top