Destinasi

5 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Kamu Kunjungi!

tempat wisata gorontalo

Selain Makassar dan Manado, Gorontalo juga wajib kamu kunjungi. Sebagai salah satu destinasi pilihan, nggak mengherankan jika kamu menemukan beberapa tempat menarik dan bersejarah di sini. Ditambah lagi, wisata alamnya juga nggak kalah menarik dan tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu berkunjung ke Gorontalo, berikut ini lima tempat wisata menarik yang wajib masuk ke dalam bucket list kamu! 

Pulau Saronde

tempat wisata gorontalo
Sumber: IG @sarondeisland

Untuk pencinta wisata air, jangan lewatkan destinasi cantik Pulau Saronde. Destinasi yang juga sering disebut sebagai Maldives-nya Indonesia ini, menawarkan pemandangan pantai memesona. Air laut yang biru jernih berpadu dengan pasir putih menghadirkan pemandangan yang akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Nggak hanya itu, pemandangan bawah laut Pulau Saronde juga sangat layak untuk dijelajahi. Pemandangannya masih terjaga baik dengan hamparan karang luas yang masih sehat dan ikan-ikan berwarna-warni yang berenang bebas di antara karang. Hal ini menjadikan daerah perairan di sekitar Pulau Saronde sangat cocok untuk snorkeling

Kamu juga bisa berkemah di pulau yang cantik ini ataupun menginap di cottage yang tersedia. Jika tertarik berkunjung, langsung saja berangkat ke Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk bisa menikmati indahnya Pulau Saronde, kamu harus berkendara ke Pelabuhan di Kwandang sebelum kemudian naik perahu ketinting menuju Pulau Saronde.   

Pulau Mohinggito

tempat wisata gorontalo
Sumber: IG @pulaumohinggito

Ada banyak pulau indah di Gorontalo yang bisa kamu pilih untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Mohinggito yang terletak di Desa Moluo, Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. 

Pulau ini menawarkan hamparan pasir putih dengan banyak koral di sekitarnya. Pemandangan laut biru jernih dan suasana pantai tenang membuat Pulau Mohinggito adalah tempat yang tepat untuk bersantai sejenak lepas dari hiruk-pikuk kota.

Di tempat ini, kamu bisa menginap di cottage berbentuk segitiga yang sudah tersedia. Selain itu, ada berbagai kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan, seperti bermain banana boat, snorkeling, diving, dan lain-lain. 

Berkunjung ke pulau ini memang nggak mudah karena dari Bandara Djalaluddin Gorontalo, kamu masih harus berkendara menuju pelabuhan Kwandang. Selanjutnya, dari pelabuhan, perjalanan dilanjutkan kembali menuju Pulau Mohinggito dengan kapal motor selama 45 menit.

Wisata Hiu Paus Botubarani

tempat wisata gorontalo
Sumber: mongabay

Nggak setiap hari kamu bisa melihat ikan hiu paus meski sedang menaiki kapal laut. Namun, jika kamu berkunjung ke Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, kamu bisa mendapatkan kesempatan unik ini.

Desa ini menawarkan tempat wisata menarik yang dikenal dengan nama Wisata Hiu Paus Botubarani. Di sini, kamu bisa bertemu dengan spesies ikan terbesar tersebut hanya dengan menggunakan perahu bercadik yang berkapasitas dua hingga tiga orang. Kamu juga bisa berenang bersama ikan raksasa ini, loh!

Meski demikian, perlu diingat bahwa kemunculan ikan ini hanyalah musiman. Puncak musimnya antara bulan Mei dan Juni. Jadi, pastikan kamu berkunjung di bulan-bulan yang tepat, ya!

Pantai Kurenai

tempat wisata gorontalo
Sumber: IG @like_gorontalo

Rekomendasi destinasi Gorontalo selanjutnya adalah Pantai Kurenai yang masih terbilang baru. Meski demikian, keindahan alam dan aktivitas seru yang ditawarkan membuat pantai ini menjadi destinasi wisata yang cukup populer. 

Pantai cantik di Gorontalo ini berpasir cokelat yang terasa lembut dan nyaman di kaki saat diinjak. Pemandangan laut biru berpadu dengan langit cerah membuat pantai ini tampak cantik dan akan menjadi latar foto menarik. Nggak hanya itu, pemandangan matahari terbenam di sini juga sayang untuk dilewatkan.

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti memancing, camping, berburu foto, atau sekadar bersantai di bibir pantai. Meski demikian, kamu harus puas dengan fasilitas seadanya. Di sini, nggak ada fasilitas ruang ganti maupun untuk membilas diri setelah bermain di pasir pantai. 

Rumah Makan O’Hara

Puas berlibur mengunjungi tempat wisata di Gorontalo nggak akan lengkap rasanya jika belum mampir ke Rumah Makan O’Hara. Rumah makan yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Tenda, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo ini berdiri di pinggiran Sungai Bone. 

Rumah makan ini menyajikan berbagai menu lezat dan istimewa terutama seafood. Di sini, kamu bisa mencicipi lezatnya makanan khas Gorontalo. Jika mencicipi hidangan di rumah makan ini, jangan lupa memesan menu khasnya yaitu sate tuna dan sup ikan Woku, ya.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi destinasi Gorontalo yang wajib masuk ke dalam bucket list kamu. Sebelum berangkat ke Gorontalo, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo lewat aplikasi Pegipegi biar lebih hemat!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: