Rekomendasi

5 tempat wisata di Bandung ini harus kamu singgahi!

Bandung

Travelers, kamu lagi mencari 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung? Emang sih, ke Bandung nggak akan jauh dari wisata kuliner, fashion, dan alam yang akan mendinginkan dan menyegarkan pikiranmu. Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta memang jadi alasan kenapa Bandung dipilih untuk mengisi liburan. So kali ini, Pegipegi mau sharing 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bandung. Yuk disimak bareng-bareng!

  1. Pasar Baru

Pasar Baru tentu wajib masuk dalam daftar 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung. Bagaimana tidak? Ke Bandung kalau nggak shopping rasanya ada yang hambar ya travelers. Di sini kamu bisa menghabiskan waktu memborong pernak-pernik dari Bandung. Pasar Baru atau populer juga dengan nama Pasar Baru Trade Centre menjadi satu pilihan travelers dari berbagai daerah yang ingin mendapatkan harga murah.

Produk yang dijual mulai dari baju muslim, kebaya, perlengkapan muslim, baju batik, bed-cover, kain batik, serta aneka fashion yang lagi nge-trend. Sebagai pusat fashion di Bandung dan barang-barang berkualitas, Pasar Baru menawarkan harga sangat kompetitif sehingga perputaran barang dan produk baru begitu cepat. Fasilitas dan letaknya yang strategis juga menjadi alasan kenapa banyak orang ingin ‘mengosongkan kantong’ di Pasar Baru yang letaknya ada di Jalan Otto Iskandar Dinata.

Tidak hanya itu, kreativitas orang-orang Bandung yang selalu dinamis menjadi berkah bagi pedagang di Pasar Baru sehingga tidak mengherankan kalau tempat ini menjadi satu dari 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung. Oh ya, namanya juga jadi rugi berat kalau kamu langsung menyetujui harga yang diinginkan oleh penjual. So travelers, pintar-pintarlah dalam ‘meminta’ harga murah karena hal itu sudah sangat biasa. Dan satu lagi, periksa dulu semua bagian baju sebelum benar-benar membawanya pulang untuk menghindari bagian yang sobek atau salah jahit.

  1. Trans Studio Bandung
Trans studio Bandung

foto: sekilasharga.com

Ada lagi satu dari 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung, tidak lain dan tidak bukan adalah Trans Studio Bandung atau TSB. Jadi kalau travelers mau liburan bareng keluarga, anak-anak, ponakan, atau pengin mengenang masa kecil dengan berbagai permainan yang menantang adrenalin, TSB wajib dikunjungi saat plesiran ke Bandung. Wahana indoor yang beberapa waktu lalu jadi buah bibir ini makin menambah destinasi wisata di Kota Kembang.

TSB juga menawarkan berbagai wahana permainan yang sangat variatif dan cocok untuk semua umur, mulai orang dewasa hingga anak-anak. Pada hari biasa (Senin – Jum’at) kamu hanya perlu bayar Rp150.000* per orang, dan saat weekend (Sabtu – Minggu atau hari libur) Rp250.000* per orang. Saking banyaknya wahana yang tersedia, mungkin dari awal kamu harus sudah punya wahana apa saja yang ingin dicoba sehingga kamu bisa langsung menuju lokasi dan tidak perlu berputar-putar karena saat akhir pekan, ngantrinya bisa bikin kaki pegel. Tapi kalau tidak mau antri sampai berjam-jam, mendingan kamu beli gelang VIP dengan harga Rp250.000* sehingga kamu bisa melalui jalur khusus. Oh ya, untuk bisa tahu letak semua wahana, kamu juga disarankan membawa peta TSB ya travelers.

Wahana di TSB dibagi menjadi 3 bagian, dimana pada bagian Studio Central ada Yamaha Racing Coaster, Giant Swing, Si Bolang Adventure, Vertigo, Trans Movie Magic,TransCar Racing, Trans Studio Science Center, Marvel Superheroes 4D, Trans City Theater, dan Trans Broadcast Museum. Di bagian Magic Corner yang bernuansa ‘horor’, travelers bisa menjajal Dunia Lain The Ride, Negeri Raksasa, Special Effect in Action, Dragon Riders, Pulau Liliput, dan Blackheart Pirate Ship. Ada juga wahana Lost City yang terdiri dari berbagai permainan, seperti Sky Pirates, Jelajah, Amphitheater, dan Kong Climb. Benar-benar menantang dan menghibur lho travelers. So kamu harus memasukan TSB dalam 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung ya.

  1. Saung Angklung Mang Udjo
Saung Angklung Mang Udjo

foto: kotawisataindonesia.com

Spot lain yang juga harus masuk dalam 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung adalah Saung Angklung Mang Udjo. Di tempat ini travelers bisa lebih berdekatan dengan budaya lokal dalam lantunan irama musik angklung. Hanya dengan membayar Rp60.000* untuk orang dewasa dan Rp40.000* anak-anak/pelajar (termasuk welcome drink, bisa pilih bandrek, jus jeruk, teh, atau air mineral dan juga souvenir berupa gantungan kunci berbentuk angklung). Pengunjung yang datang bisa langsung mengambil tempat duduk di tribun untuk menikmati karya anak bangsa yang sudah terkenal di dunia.

Pertunjukan di Saung Mang Udjo dimulai pukul 15.30 dengan sajian Wayang Golek yang dimainkan selama 10 – 15 menit dengan tokoh Cepot yang membuat gelak tawa. Dilanjutkan dengan pertunjukan Heleran, atau upacara syukuran yang begitu meriah karena ada tarian dan nyanyian. Acara makin meriah dengan hiburan Aruma yang ditemani alat musik yang menghentak dan cukup membuat hati juga ingin ikut berdendang.

Dan pada bagian puncak para pengunjung bisa ikut bermain angklung yang dipimpin oleh dirigen berpengalaman (anak dari Alm Mang Udjo). Suasananya sangat meriah karena biarpun lagu yang dimainkan dikenal cukup sulit, namun arahan yang tepat dari sang dirigen akhirnya bisa tercipta lagu dengan nada yang membuat jantung berdebar dan merasa puas karena bisa menyelesaikannya. Berkunjung ke satu dari 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung ini akan membuatmu puas dan bangga jadi orang Indonesia karena angklung sudah diakui dunia sebagai alat musik tradisional. Keren ‘kan?

 

  1. Kawah Putih Ciwidey
Kawah putih Ciwidey

Foto Kawah Putih Ciwidey: letsgowithme.com

Kawah Putih Ciwidey juga menjadi satu dari 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung. Dan tahu nggak travelers kalau spot ini juga jadi primadona dan tempat favorit warga Bandung dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu bareng keluarga. Dikenal sebagai tempat wisata alam, Kawah Putih ini sebenarnya adalah sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad ke-10. Berdiri di ketinggian 2400 mdpl serta suasana yang beda banget dengan tempat wisata lain di Kota Kembang memang jadi pertimbangan kenapa banyak orang yang mengunjungi Kawah Putih Ciwidey saat menjelajah ke Bandung.

Yang membuat danau ini beda dengan danau-danau lain adalah karena tanahnya ikut bercampur dengan senyawa belerang yang ada di sekitar kawah sehingga warnanya menjadi putih. Perpaduan dengan organisme lain dalam air danau pun menciptakan warna putih kehijauan sehingga pemandangan ini begitu menakjubkan. Dan tahu nggak kalau terkadang warna air di Kawah Putih Ciwidey juga berubah-ubah. Jadi nggak heran kalau tempat ini jadi satu dari 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung ya.

Tempat yang cukup tinggi, panorama di sekitar danau yang luarbiasa, dan udara yang dingin membuat tempat ini perlu dipertimbangkan untuk dikunjungi saat travelers berlibur ke Bandung. Di sekitar Kawah Putih Viwidey juga sering digunakan untuk aktivitas lain seperti mendaki, pre-wedding, berkuda, serta lokasi syuting film. Hanya dengan membayar Rp18.000* per orang, travelers sudah bisa menikmati cantiknya Kawah Putih. Sarana dan fasilitas yang cukup lengkap menjadi alasan kenapa Kawah Putih jadi 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung.

 

  1. Paskal Food Market
Paskal Food Market

foto: 2bagsandapack.com

Travelers, setelah kamu sibuk mengeksplorasi tempat belanja, hiburan, dan wisata alam, kini giliran mengisi perut. Yup, kamu bisa langsung meluncur Paskal Food Market. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa tempat ini harus masuk dalam 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung ya? Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena di tempat ini kamu bisa menemukan 1100 jenis makanan dengan harga terjangkau.

Tempat yang cozy, rapi, dan dekorasi lampu yang temaram membangkitkan nuansa romantis. Apalagi kalau kamu kebetulan datang di malam hari. Sebagai pusat kuliner di Bandung, kamu bisa menemukan banyak menu di Paskal Food Market. Disinilah tempat hangout dan nongkrong paling populer di Bandung, apalagi buat kamu yang baru pertama kali datang ke Kota Kembang.

Berlokasi di Pasar Kaliki no 25 – 27, kamu bisa menemukan menu mulai dari cakwe, Iga Bakar Si Jangkung, gurame goreng, aneka bubur, serabi, tahu gejrot, baso tahu, dim sum, lumpia basah dan masih banyak lagi. Paskal Food Market memang jadi tempat yang cocok untuk mengenyangkan perut dan menghilangkan dahaga setelah mengelilingi Bandung. Setuju?

Nah travelers, sekarang sudah tahu kan 5 tempat yang wajib dikunjungi di Bandung? Sebelum berangkat, buka dulu website Pegipegi.com untuk booking hotel di Bandung. Selamat berlibur.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 642 times, 1 visits today)

Comments

To Top