Destinasi

5 tempat wisata ‘anti mainstream’ di Bali yang wajib dikunjungi

Bali Gallery Trick Art

Kamu mungkin belum terlalu akrab sama 5 tempat di Bali yang wajib dikunjungi berikut ini. Pegipegi akan mengulasnya khusus buat kamu plus alasan kenapa kamu bakalan rugi kalo nggak menyempatkan diri datang ke sana.

  1. Bali Gallery Trick Art, Seminyak

    Bali Gallery Trick Art

    foto: www.holidaybaliamertha.com

    Ini nih lokasi hang out keren selain pantai. Bali Gallery Trick Art yang ada di Sunset Road 789 Seminyak Bali ini memang tergolong baru karena baru diresmikan tahun lalu, tepatnya tanggal 12 April 2014. Tiket masuknya emang rada mahal sih, Rp 100 ribu per orang. Tapi harga segitu menurut Pegipegi sih worthed-lah sama apa yang bakal kamu temui di dalam.Ada banyak banget lukisan 3 dimensi yang didisplay di sini dan semuanya akan membawa kamu ke suatu dunia yang hanya ada dalam angan-angan. Semua lukisan 3 dimensi di Gallery Trick Art udah dirancang sedemikian rupa dengan detil sehingga semua seperti hidup dan membawamu ke masa kejayaan Romawi atau masa hewan prasejarah semacam dinosaurus masih berjaya.

    Semua lukisan 3 dimensi dibuat oleh para pelukis 3D professional dengan bantuan kecanggihan teknologi, travelers. Nah kamu sekarang tau kan kenapa Pegipegi masukkan Gallery Trick Art ini dalam daftar 5 tempat di Bali yang wajib dikunjungi? Selfi-sefian di Ballery Trick Art dijamin lebih heboh dan pastinya lebih aman dibanding selfie di pinggir jurang, travelers. Jadi siapin kamera atau smartphone berkamera kamu sebelum datang ke sini.

2. Desa Adat Penglipuran, Bangli
Desa Adat Panglipuran
Mau tau gimana syahdunya suasana Bali sebelum populer sebagai salah satu pulau terindah di dunia? Datang aja ke Desa Adat Penglipuran yang ada di Kabupaten Bangli, travelers. Tempatnya juga nggak terlalu jauh kok dari spot wisata yang udah kamu kenal sebelumnya, yaitu Kintamani. Hawa di Desa Penglipuran juga sama sejuknya dengan Kintamani karena terletak di ketinggian 700 meter dari permukaan laut.Sebenarnya sih para pendiri desa ini berasal dari Kintamani juga, travelers. Dan mereka merancang Desa Penglipuran semirip mungkin sama desa asalnya dengan membagi desa menjadi tiga bagian. Yaitu Utama Mandala (candi), Madya Mandala (tempat warga tinggal dan beraktivitas), dan Nista Mandala (pemakaman). Pembagian wilayah ini menjadikan Desa Penglipuran tampak rapi dan elok dipandang mata. Ditambah lagi dengan rumah penduduk yang masih menggunakan arsitektur bangunan Bali asli.Desa Penglipuran makin keren berkat adanya hutan bambu di sekeliling desa, yang sekaligus berfungsi sebagai penyimpan cadangan air buat keperluan seluruh warga desa dan bahan baku kerajinan tangan khas Desa Penglipuran yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau. Kamu wajib memarkir kendaraan kamu di luar desa dan kenakanlah pakaian yang sopan, karena begitulah peraturan yang musti kamu patuhi untuk mengunjungi salah satu dari 5 tempat di Bali yang wajib dikunjungi ini.

 

3.     Pantai Balangan, Uluwatu, Bali Selatan

Kawasan Bali Selatan ternyata masih menyimpan banyak banget lokasi hang out yang keren-keren, travelers. Salah satunya ya Pantai Balangan ini. Turis yang belum pernah ke Bali Selatan mungkin akan kesulitan menemukan pantai cantik ini karena tersembunyi di balik gunung-gunung karang yang tinggi.Kalo menurut seorang rekan Pegipegi, Pantai Balangan sebenarnya mudah aja kok dicari karena satu arah dengan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park yang tersohor itu. Dari GWK kamu lurus aja dan di perempatan ambil arah kanan. Dalam beberapa menit kamu nanti udah bisa melihat keindahan pantai yang Pegipegi rekomendasikan sebagai 5 tempat di Bali yang wajib dikunjungi ini.

Sampai di sini, coba deh kamu naik dulu ke bukit karang. Di sini kamu bisa nikmatin pemandangan laut lepas dengan aneka gradasi warna biru, mulai dari yang paling muda sampai biru tua. Trus masih ada sederetan nyiur melambai di sepanjang tepi Pantai Balangan dan pasir putih yang tampak bersih. Semuanya menyatu bak lukisan menakjubkan karya Sang Pencipta. Ombak Pantai Balangan emang keihatan garang, tapi ombak semacam inilah yang jadi incaran para surfer. Datang aja ke pantai ini di siang hari kalo kamu ingin menyaksikan aksi sadis mereka mengendarai ombak.

4.     Alas Kedaton, Tabanan

Alas Kedaton Bali

foto: wisatabalibagus.com

Alas Kedaton sangat Pegipegi sarankan sebagai salah satu di antara 5 tempat di Bali yang wajib dikunjungi, terutama buat kamu yang nggak begitu suka keramaian, travelers. Di sini kamu bisa menikmati sejuknya udara bebas polusi bersama nyanyian burung dan hewan-hewan kecil penghuni hutan lainnya, sambil menenangkan diri dari segala tekanan dan keriuhan kehidupan kota. Tapi Alas Kedaton bukanlah sebuah hutan biasa, karena hutan ini sengaja dipelihara sebagai bagian dari Pura Alas Kedaton yang didirikan oleh Mpu Kuturan tahun 1760.

Kalo sering mengunjungi berbagai pura-pura di Bali, kamu bakalan bisa menemukan perbedaan besar antara Pura Alas Kedaton dengan pura-pura seperti Pura Besakih atau Pura Tanah Lot, travelers.

Kamu tau kan kalo bagian utama atau bagian tersuci sebuah pura biasanya terletak di tempat yang lebih tinggi dari bagian pura lainnya, melambangkan posisi Yang Maha Kuasa di atas segalanya. Tapi bagian utama Alas Kedaton justru ada di tengah pura yang lebih rendah daripada tanah di sekelilingnya. Menurut sebuah sumber yang nggak mau terkenal (karena menolak disebutkan namanya), letak bagian suci yang rendah atau berbentuk cekungan ini mengingatkan agar manusia sealu menjaga sikap rendah hati, meskipun mereka sudah punya posisi yang tinggi dalam masyarakat.

Perjalanan menuju Alas Kedaton Pegipegi jamin bakal membuat kamu merasa tenang dan semakin dekat dengan alam, travelers. Kalo kamu naik sepeda motor dari Denpasar kamu bisa melihat bukit-bukit kecil yang meliuk-liuk di mana-mana, diselimuti hamparan sawah dan sungai kecil yang berfungsi sebagai saluran irigasi. Hmm damainya …

 

5.     Air Terjun Gitgit, Singaraja
Sebagai seorang traveler yang sudah menjadikan Bali sebagai rumah kedua, mungkin kamu sama sekali nggak menyangka kalo Bali ternyata juga punya air terjun yang indah banget. Wajar sih, karena selama ini belum banyak biro perjalanan yang mempromosikan atau mencantumkan area Bali Utara dalam daftar paket tur mereka.

Ya, travelers. Air Terjun Gitgit berlokasi di area Bai Utara, tepatnya di Desa Gitgit, Kelurahan Sukasada, sekitar 10 km dari Kota Singaraja. Air terjun yang tingginya sekitar 35 meter ini dikepung oleh pepohonan lebat karena memang letaknya ada di sebuah hutan tropis yang masih cukup terpelihara kealamiannya, travelers. Jadi nggak heranlah kalo debit Air Terjun Gitgit sangat stabil, meski di musim kemarau.

Coba deh kamu lepas alas kakimu dan rasakan kesegaran airnya. Suara debur air terjun dari ketinggian dan gemericik air memberikan sensasi yang menenangkan hati. Kalo sempat, coba deh kamu berkenalan sama penghuni asli hutan di sekitar Air Terjun Gitgit. Mereka adalah sekumpulan monyet ekor panjang yang cukup jinak, tapi jaga barang bawaanmu baik-baik karena ada juga beberapa di antara mereka yang suka iseng mengambil kacamata atau topi milik para turis.

Jangan lupa bawa jaket atau baju lengan panjang karena hawa di Air Terjun Gitgit sedikit menggigit. Wajar karena air terjun yang Pegipegi sarankan sebagai satu dari 5 tempat di Bali yang wajib dikunjungi ini ada di wilayah pegunungan, tepatnya di ketinggian 300 meter dari permukaan laut.

Pengen deh cepat-cepat ke Bali dan buktikan dengan mata kepala sendiri kenapa 5 tempat ini wajib dikunjungi. Sabar, travelers. Musim iburan kan masih jauh. Sekarang kamu kemasi backpack kamu dulu deh dan hubungi Pegipegi untuk reservasi tiket pesawat dan booking hotel nyaman terjangkau di Bali.

(Visited 2,743 times, 1 visits today)

Comments

To Top