Destinasi

5 Tempat Wisata Anti Mainstream di Nusa Tenggara Timur

tempat wisata ntt

Potensi wisata Nusa Tenggara Timur memang nggak perlu diragukan lagi. Dari pantai hingga wisata budaya, kamu bisa memilih beragam spot lokasi wisata untuk dikunjungi. Akan tetapi, kalau kamu ingin mengunjungi spot wisata yang jarang didatangi orang lain, kamu wajib mengincar lokasi wisata hidden gem Nusa Tenggara Timur seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Pesona Wisata Hidden Gem di Nusa Tenggara Timur

Pulau Padar, Labuan Bajo, atau Pulau Komodo merupakan lokasi wisata mainstream yang terpikir begitu seseorang merencanakan liburan ke Nusa Tenggara Timur. Nah, kalau kamu ingin liburan yang antimainstream, kamu wajib banget mengunjungi lokasi-lokasi wisata ini, ya!

Bendungan Waikelo Sawah

tempat wisata ntt
Sumber: IG @lombokfriendly

Meski namanya adalah ‘bendungan’, kamu nggak akan melihat wujud bendungan yang gagah sebagaimana dijumpai di lokasi lain. Sebab, bendungan ini diapit sawah yang luas tanpa adanya dinding pembatas antara sawah dan bendungan itu sendiri.

Malahan, bentuk bendungan ini mirip kolam bertingkat yang dilengkapi dengan beberapa air terjun kecil di sekitarnya. Kalau kamu berani explore lebih jauh, kamu akan menjumpai gua kecil yang sayang banget kalau di-skip.

Kalau kamu penggemar foto landscape dan aerial, destinasi wisata hidden gem Nusa Tenggara Timur ini wajib kamu kunjungi. Kamu bisa mendokumentasikan betapa eksotisnya lokasi wisata yang berada di kawasan Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Air Terjun Matayangu

tempat wisata ntt
Sumber: IG @wisataalamntt

Air terjun ini berada satu lokasi dengan Taman Nasional Matalawa atau yang lebih dikenal sebagai Taman Nasional Manupeu. Dari pusat Kabupaten Sumba Tengah, kawasan ini kurang lebih berjarak 15 km.

Untuk menuju air terjun ini, siap-siap jadi petualang, ya! Pasalnya, perjalanan menuju air terjun ini mengharuskan para wisatawan untuk trekking menyusuri hutan. Bagi kamu yang biasa tinggal di perkotaan, trekking ini bisa menjadi pengalaman yang berharga.

Selama perjalanan, kamu juga akan melihat berbagai satwa endemik Nusa Tenggara Timur seperti julang sumba, betet kelapa, kakatua jambul kuning, dan jalak sumba.

Pantai Watu Bella

tempat wisata ntt
Sumber: IG @sumbahospitalityfoundation

Destinasi wisata Nusa Tenggara Timur yang masuk ke dalam jajaran hidden gem selanjutnya adalah Pantai Watu Bella. Pantai ini berlokasi di Kabupaten Sumba Barat tepatnya di Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya. 

Meski pantai ini berlokasi nggak terlalu jauh dari Pantai Nihiwatu yang terkenal eksklusif, Watu Bella memang masih kalah populer. Padahal, kamu nggak perlu booking resort mahal-mahal sebagaimana yang harus kamu lakukan saat mengunjungi Pantai Nihiwatu. 

Pantai ini berlokasi di Desa Patiala Bawa, Lamboya, Kabupaten Sumba Barat. Dari pusat kabupaten (Waikabubak), kamu perlu menempuh 1,5 jam perjalanan. 

Sesampainya di pantai ini, kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas yang berwarna toska dan biru azur yang cantik banget. Tebing karang yang gagah di sisi kanan dan kiri pantai layaknya bodyguard yang melindungi pantai dari ombak samudra yang ganas.  

Kelabba Maja

tempat wisata ntt
SUMBER: IG @SEPUTARNTT

Jika di China ada Zhangye Danxia Landform dan di Amerika Serikat ada Painted Hills, Kelabba Maja adalah bukit batu warna-warni asli Indonesia. 

Daya tarik utama di Kelabba Maja adalah bukit batu dengan corak mirip sapuan kuas berwarna merah. Selain itu, tiap bulan Juli, penduduk desa yang tinggal di sekitar Kelabba Maja mengadakan ritual pemujaan dewa. Kamu bisa melihat prosesi penyembelihan hewan kurban sebagai sesembahan kepada Dewa Maja.

Lokasi hidden gem Nusa Tenggara Timur yang satu ini adalah di kawasan Wadumaddi, Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua. Sebelum mencapai ke lokasi ini, kamu perlu naik kapal selama 8 jam menuju Pulau Sabu. Opsi lainnya adalah dengan menggunakan pesawat. Dibandingkan dengan menggunakan kapal, dengan pesawat kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 50 menit saja. 

Pantai Oetune

tempat wisata ntt
Sumber: IG @wisataalamntt

Sand dunes nggak hanya bisa kamu jumpai di Gurun Sahara, loh. Selain Gumuk Pasir Parangkusumo di Jogja, kamu bisa juga melihat sand dunes di Pantai Oetune

Pantai ini berlokasi di Desa Oebelo dan Tuafanu, yang secara administratif berada di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dari Kupang, kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam untuk bisa sampai di kawasan pantai hidden gem Nusa Tenggara Timur ini.

Daya tarik utama dari lokasi ini adalah keindahan pantai yang berpadu dengan gurun pasir seperti sand dunes yang ada di Gurun Sahara. Di tepi pantai, kamu bisa melihat pohon kasuari dan lontar yang tampak bagaikan oasis. Unik, kan?

Dari kelima destinasi wisata Nusa Tenggara Timur di atas, kira-kira yang mana, nih, yang paling ingin kamu kunjungi? Jika kamu ingin liburan ke Nusa Tenggara Timur, jangan lupa pesan tiket pesawat dan hotel dengan harga promo di Pegipegi, ya! Traveling ke Tanah Sumba dijamin makin seru!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: