Destinasi

5 Tempat Wisata Alam dan Budaya di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Jambi adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikulik. Kota yang terletak di Pesisir Timur Pulau Sumatera ini menawarkan perpaduan panorama alam dan kebudayaan yang pas.

Dengan semboyan “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”, Jambi sangat lekat dengan keberadaan Gunung Kerinci. Banyak dari para pecinta alam mengaku nggak afdol kalau belum bisa menaklukkan Gunung Kerinci.

Nah, selain Gunung Kerinci, Jambi memiliki banyak tempat wisata yang nggak kalah serunya. Mulai dari desa wisata hingga masjid unik bisa kamu temui di sini.

Nah, sebagai referensi kamu berwisata, Pegipegi sudah menyiapkan lima tempat wisata selain Gunung Kerinci wajib dikunjungi di Jambi. Siapa tahu, kamu ingin liburan ke sana bareng keluarga atau sahabat. Simak, yuk!

Gentala Arasy

Hadir di tepi Sungai Batanghari, Gentala Arasy merupakan sebuah museum budaya dengan corak arsitektu Arab. Di sini, kamu dapat menelusuri jejak Islam di kota Jambi. Museum ini memiliki total koleksi 114 benda antik, salah satunya sabuk dan jubah Sri Sultan Mangkubumi yang berusia 400 tahun!

Candi Muarojambi

Kamu pasti mengira Candi Borobudur adalah kompleks candi terluas di dunia. Well, kalau demikian, kayaknya kamu harus jalan-jalan ke Candi Muarojambi, deh! Hadir di tengah-tengah Provinsi Jambi, Candi Muarojambi memiliki luas 12 kilometer persegi. Nggak heran jika UNESCO menobatkan Candi Muarojambi sebagai kompleks candi terluas di Asia Tenggara. Banyak keindahan dan keunikan yang tersimpan di Candi Muarojambi. Sekali mengijak gerbang masuk, kamu bakal disambut oleh sekitar 80 reruntuhan candi dan sisa-sisa permukiman kuno Budha dari abad IX-XV.

Danau Sipin

Danau Sipin adalah potensi wisata Jambi yang tersembunyi. Belum banyak yang tahu mengenai keberadaan danau ini karena dikelilingi oleh beragam tambang dan perkebunan. Terletak di kawasan Telanaipura, Danau Sipin menawarkan wisata sunset yang menawan. Air danau yang tenang siap membuat kamu melayang, dengan semburan angin segar di sore hari. Beberapa warga pun menyewakan kapal dayung untuk kamu menikmati momen berharga di Danau Sipin.

Kersik Tuo

Berada di kaki Gunung Kerinci, Kersik Tuo adalah desa wisata yang cantik. Menjadi jalur resmi pendakian ke Gunung Kerinci, kamu bisa menikmati panorama sejuk dengan latar gunung dan sawah hijau. Dengan jumlah penduduk yang nggak sampai 3000 jiwa, Kersik Tuo menawarkan kesunyian lantaran jauh dari hiruk-pikuk kota. Menariknya, mayoritas penduduk di sini bersuku Jawa.

Masjid Agung Al-Falah

Dikenal juga sebagai Masjid 1000 Tiang, masjid ini adalah salah satu ikon terkenal kota Jambi. Mengusung asa keterbukaan, Masjid Agung Al-Falah ini nggak memiliki sekat di berbagai sudut bangunannya. Dibangun pada 1971, masjid ini memiliki kemiripan tiang bangunan di kota Roma, Italia. Suasana yang damai dan sejuk menambah kesan nyaman Masjid Agung Al-Falah ini.

Mau liburan di Jambi? Biar makin murah, jangan lupa booking tiket pesawat ke Jambi dan pesan hotel murahnya di Jambi lewat Pegipegi, ya!

Pesan Tiket Pesawat ke Jambi Cari Hotel Murah lain di Jambi

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top