Destinasi

5 tempat wajib kunjung di Jakarta

kota-tua-jakarta

Di tengah kerasnya kehidupan di Jakarta, ibu kota Indonesia ini tetap menyimpan potensi wisata yang layak dikunjungi traveler. Mulai dari wisata sejarah hingga alam tersedia di kota yang pernah dikuasai Belanda ini. Sebagai kota terbesar di Indonesia, Jakarta merupakan sentra bisnis, politik dan kebudayaan. Tak hanya itu, kota yang dulunya bernama Sunda Kelapa ini menjadi pusat berdirinya kantor-kantor pemerintahan, bahkan sekretarian ASEAN juga berada di kota ini.

Sayang Jakarta kini lebih dikenal sebagai kota yang penuh dengan masalah. Kemacetan, kepadatan penduduk, sampai tingkat kriminalitas yang tinggi memberikan noda hitam di tengah kota yang memiliki sejarah panjang ini. Meski begitu, bukan berarti Jakarta tidak ramah untuk kalangan traveler. Sebagai kota metropolitan, selalu banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang melancong ke sini setiap harinya.

Jakarta memang tetap memiliki tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi. Dengan latar belakang pernah diduduki Belanda, terdapat sejumlah bangunan tua yang kini menjadi ikon Ibu Kota. Selain itu, di sini juga menjadi pusat rekreasi sehingga wajar banyak destinasi wisata di sini.

 

Untuk kamu yang masih penasaran dengan lokasi-lokasi yang wajib dikunjungi di Jakarta, simak ulasan pegipegi berikut ini.

 

    1. Kawasan Kota Tua

kota-tua-jakarta

foto : fotologic.me

Mendengar namanya, kamu pasti sudah bisa menebak jenis wisata yang satu ini. Yup, kawasan wisata Kota Tua memang menyimpan keunikan tersendiri dari Jakarta, dengan sederet bangunan tempo dulu peninggalan masa penjajahan Belanda, kawasan ini cocok untuk para pecinta sejarah.

Taman Fatahillah menjadi pusat keramaian kawasan Kota Tua ini. Di sini traveler nggak cuma bisa mengunjungi Museum Fatahillah, tapi juga bersantai di area depannya. Terdapat penyewaan sepeda ontel serta sejumlah pedagang yang menjual souvenir khas Jakarta.

Suasana klasik kawasan ini sukses menarik minat kalangan fotografer untuk mengambil gambar di sini. Bahkan banyak pasangan calon pengantin yang memilih Kota Tua sebagai lokasi pre-wedding mereka.

Saat berkesempatan berkunjung ke kawasan yang terletak di utara Jakarta ini, kamu juga wajib menengok ke kawasan Pecinan di daerah Toko Tiga dan Petak Sembilan yang jadi pusat suku Tionghoa di Jakarta Barat. Hasrat belanja kamu pun bakal terpuaskan karena di kawasan ini terdapat pasar pagi yang menyediakan barang murah meriah.

  1. Monumen Nasional

Monumen-Nasional-jakarta

foto : www.melodytrans.com

Siapa yang tidak tahu tempat yang satu ini? Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monas adalah ikon-nya kota Jakarta. Siapa pun yang datang ke Jakarta, wajib mengunjungi tempat yang satu ini.

Tujuan dibangunnya monumen yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat adalah untuk mengenang perjuangan pahlawan merebut kemerdakaan dari Belanda.

Monas berdiri kokoh setinggi 132 meter dan memiliki ciri khas berupa mahkota lidah api berlapis emas, yang dijadikan lambang perjuangan rakyat Indonesia. Monumen ini sendiri kali pertama dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975 di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno.

Selain memiliki taman luas yang asyik dijadikan tempat untuk jalan-jalan, kamu juga bisa masuk ke dalam museum yang berada di bawah tanah. Di ruangan berlapis marmer ini kamu bisa menyaksikan bagaimana perjuangan Indonesia sejak zaman prasejarah hingga masa Orde Baru melalui total 51 diorama yang tersebar di setiap sudutnya.

Naik ke atas tugu Monas juga tak boleh kamu lewatkan. Meski harus melalui perjuangan berat, mengingat antreannya terutama di hari libur, sesampainya di puncak Monas bakal memberikan sensasi tersendiri. Dari posisi teratas, kamu akan disuguhkan pemandangan kota Jakarta yang sangat indah melalui sebuah teropong yang disediakan di sana.

  1. Ancol

ancol-jakarta

foto : www.citytourjakarta.com

Bosan dengan wisata sejarah dan ingin suasana lebih menarik di Jakarta? Ancol-lah tempatnya. Kawasan pantai ini sudah ditunjuk sebagai kawasan wisata terpadu oleh pemerintah DKI Jakarta sejak awal berdiri pada 1966. Maka tak heran Pantai Ancol termasuk yang tak pernah sepi pengunjung terutama saat hari libur. Traveler tak cuma menikmati semilir angin serta deburan ombak di pantai ini, tapi juga tersedia aneka olahraga air seperti ski dan banana boat atau berwisata kuliner, mengingat banyaknya restoran yang dibuka di pinggir pantai. Oya, pantai sepanjang kurang lebih 5 km ini juga sering dijadikan tempat festival musik hingga pusat perayaan tahun baru.

Selain pantai, Dunia Fantasi termasuk salah satu yang paling populer di Ancol. Sejak dibuka pada 29 Agustus 1986 taman bermain yang populer dengan sebutan Dufan ini menyediakan banyak opsi wahana permainan berteknologi tinggi. Theme park outdoor terbesar di Indonesia ini pun selalu menjadi pilihan utama para pelancong saat mengunjungi Jakarta, sehingga antrean panjang terutama saat liburan harus siap-siap kamu hadapi.

Selain itu, masih ada Atlantis Water Adventure dan Gelanggang Samudera yang bisa kamu kunjungi di Ancol. Di Atlantis kamu bakal merasakan sensasi wisata air dengan delapan kolam utama. Sementara Gelanggang Samudera adalah theme park dengan nuansa konservasi alam dengan tujuan agar pengunjung bisa lebih menyayangi aneka satwa.

Di sini disuguhkan atraksi beberapa hewan seperti lumba-lumba, paus putih, anjing laut dan kuda nil. Ada pula sinema 4D, di mana pengunjung disuguhkan pertunjukan film berdurasi kurang lebih 15 menit. Bukan film biasa, karena traveler bakal merasakan seolah-olah gambar film berada tepat di depan dengan bantuan kacama tiga dimensi.

 

  1. Taman Mini Indonesia Indah

taman-mini-indonesia

foto : id.wikipedia.org

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu tempat wisata edukasi yang wajib dikunjungi di Jakarta. Di sini para pengunjung bisa belajar keanekaragaman budaya Indonesia yang ditampilkan melalui anjungan daerah dengan arsitektur tradisional.

Kamu juga bisa melihat pakaian adat, baju khas untuk pernikahan, bahkan hingga senjata dan perabot sehari-hari di dalam anjungan tersebut. Tujuannya adalah supaya pengunjung mendapat pengetahuan mengenai cara hidup tradisional berbagai suku di Tanah Air.

Di beberapa anjungan juga tersedia warung kecil yang menyediakan aneka masakanan khas provinsi yang bersangkutan. Untuk urusan oleh-oleh, kamu pun nggak perlu khawatir karena ada toko souvenir yang menjual aneka kerajinan tangan, kaus dan lain-lain yang layak dijadikan buah tangan.

 

    5.Kepulauan Seribu

Pulau-seribu-jakarta

foto : uni-key.blogspot.com

Di tengah sumpeknya Jakarta, ibu kota negara tercinta ini masih menyimpan potensi wisata alam yang tak kalah indah dengan daerah lain.

Adalah Kepulauan Seribu yang menjadi andalan kota yang sempat bernama Batavia ini. Terselip sejumlah pulau cantik di kepulauan ini, bahkan diantaranya belum berpenghuni, yang bakal menyegarkan mata setiap pengunjungnya. Beberapa pulau yang sudah kesohor di sini diantaranya Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun dan Pulau Pari.

Berlibur ke Kepulauan Seribu sangat cocok dilakukan bagi pecinta wisata alam yang tak memiliki banyak waktu, karena dengan lokasinya tak jauh dari pusat kota kamu bisa mengunjungi pilihan pulau di sini di akhir pekan.

 

(Visited 546 times, 1 visits today)

Comments

To Top