Destinasi

5 Tempat Pesugihan yang Katanya Bisa Bikin Kaya

Di Indonesia, cukup banyak tempat wisata yang dijadikan sebagai tempat pesugihan (upaya memperkaya diri dengan cara nggak lazim). Siapa yang nggak kepengin sih bisa cepat kaya secara instan tanpa bekerja keras? Meskipun tempatnya angker dan sudah pada tahu akibat buruk yang ditimbulkan, salah satunya bisa menimbulkan tumbal, tapi tetap aja wisata pesugihan marak dicari. Tempat wisata mana aja, sih, yang biasanya dijadikan sebagai tempat pesugihan?

1. Gunung Kawi, Malang, Jawa Timur

Bisa dibilang, Gunung Kawi adalah lokasi pesugihan paling populer di Indonesia dan Asia Tenggara. Dengar-dengar sih, sudah banyak yang jadi makin kaya setelah berkunjung ke sana. Awalnya sih, kamu harus bersiap-siap jika uang kamu dikuras di sana. Selain  itu, ritualnya juga ribet. Ada ritual meletakkan sesaji, membakar dupa, dan bersemedi selama berjam-jam, berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Ritual tersebut biasanya terjadi pada hari Jumat Legi (hari pemakanan Eyang Jugo (bhayangkara terdekat Pangeran Diponegoro)) dan tanggal 12 bulan Suro (memperingati wafatnya Eyang Sujo).

Di dalam bangunan makam tersebut, pengunjung nggak boleh memikirkan sesuatu yang tidak baik serta disarankan untuk mandi dan keramas sebelum berdoa di depan makam. Untuk menunjukkan bahwa pengunjung sudah suci lahir dan batin sebelum berdoa. Tapi, kalau kamu mau berwisata ke Gunung Kawi tanpa meminta kekayaan boleh-boleh aja, kok. Karena gunung tersebut cukup eksotik dan mirip seperti negeri Tiongkok.

gunung kawi

www.triniharyanti.id

2. Gunung Kemukus, Sragen, Jawa Tengah

Gunung Kemukus merupakan gunung yang layak dijadikan tempat wisata soalnya pegunungannya rimbun dan banyak pepohonan di sana, jadi hawanya sangat sejuk. Tapi, tempat ini dikenal banget sebagai tempat pesugihan. Syarat jika ingin melakukan pesugihan di sana adalah dengan melakukan hubungan intim dengan lawan jenis yang bukan suami atau istri sendiri.

Katanya sih, tempat ini bisa dijadikan lokasi pesugihan karena berhubungan dengan kisah Pangeran Samudro (pangeran terakhir kerajaan Majapahit) yang melarikan diri ke Gunung Kemukus bersama selir ayahnya, Nyai Ontrowulan setelah kerajaan Majapahit runtuh. Lalu keduanya dikabarkan melakukan hubungan suami istri yang tentu aja dilarang oleh agama. Sejak itu muncullah mitos yang mengatakan bahwa jika kita melakukan perzinahan di sana, maka kita bisa mendapatkan kekayaan, jabatan, jodoh, dan lain-lain.

kemukus

www.denbei.info

3. Sumur Kembar, Gilimanuk, Bali

Sampai sekarang, sumur tersebut masih sering dikunjungi orang, walaupun untuk mencapai lokasi itu kita harus menerobos hutan kurang lebih 10 menit. Tujuan orang-orang datang ke sana bukan sekadar melihat sumur itu berjejeran, tapi juga karena mereka memang ingin melakukan ritual pesugihan di sana. Bangunan sumur tersebut dibagi dua. Satunya untuk cewek dan yang satunya lagi untuk cowok.

Syaratnya adalah kamu harus mandi telanjang di sumur itu, maka kamu bisa mendapatkan apa pun yang kamu mau, misal jodoh dan kekayaan. Rupanya, yang lebih tertarik untuk mandi di sana cuma cewek. Kalau sudah menyelesaikan urusan di sana, lebih baik langsung pulang, jangan mengobrol, atau santai-santai. Karena kalau nggak langsung pulang, kabarnya nggak bakal bisa pulang lagi dan cuma bisa hidup di sana dari sesajen yang diberikan para pengunjung.

sumur

www.merdeka.com

4. Sendang Kemilon, Bantul, Yogyakarta

Tempat ini adalah tempat yang sering dikunjungi oleh para pemuja Nyi Blorong (salah satu saudara Nyi Roro kidul). Jika mau kaya, kamu harus bersetubuh di sana dengan Nyi Blorong. Lalu Nyi Blorong akan memberikan emas permata yang ia lepas dari sisiknya. Jadi, sudah pasti yang datang ke sana untuk meminta kekayaan adalah cowok-cowok.

Sendang Kemilon merupakan sebutan bagi salah satu mata air yang bisa dibilang sebagai waduk kecil. Orang setempat sih menyebutnya sendang. Karena letaknya di Bantul, maka bisa dibilang lokasinya berada di perbukitan yang cukup liar. Herannya sendang ini tetap mengeluarkan air meskipun saat musim kemarau.

sendang

www.jogja.mblusuk.com

5. Gunung Tilu, Purwakarta, Jawa Barat

Gunung ini dari dulu terkenal angker dan sering didatangi orang untuk melakukan pesugihan. Berbagai media, baik cetak, televisi, maupun radio juga sering mengabarkan tentang angkernya gunung ini. Katanya sih, di sana banyak makhluk halus yang singgah, contohnya genderuwo, buto ijo, kuntilanak, tuyul, wewe gombel, hingga pocong.

Masyarakat menyebut gunung itu ’tilu’ yang berarti tiga. Karena terdiri dari setiap sudut yang selalu memperlihatkan tiga gundukan gunung. Kawasan ini juga menjadi hulu bagi banyak sungai kecil yang membentuk dua sungai besar di Desa Jabranti dan Desa Cimara, yaitu sungal Citaal dan Cijangkelok. Hutan-hutan di sana juga masih berstatus hutan lindung karena keanekaragaman hayatinya yang luar biasa.

tilu

www.bukanonthespot1.blogspot.com

Setelah baca artikel itu, apakah kamu jadi tertarik untuk berkunjung ke sana? Jika nggak mau kena risiko, jadikan aja tempat tersebut sebagai tempat liburan kamu tanpa harus meminta kekayaan. Supaya liburan kamu makin asyik, jangan lupa pesan hotel murah di pegipegi.com, ya!

(Visited 10,422 times, 11 visits today)

Comments

To Top