Destinasi

5 Tempat Mistis di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang dicintai oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Karena, meskipun di sana banyak tempat liburan seru yang makin modern dari hari ke hari, namun masih banyak cagar budaya yang menampilkan kecantikan Indonesia. Di balik keindahan tersebut, ada hal mistis yang juga ditampilkan oleh kota pelajar ini di beberapa tempat. Siap-siap merinding, ya, travelers!

1. Pulung Gantung

Pulung Gantung adalah salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang dipercaya memiliki mitos mistis. Pulung sendiri memiliki wujud seperti bola api yang bersinar. Katanya, jika pulung muncul dengan warna merah, terang, dan menyala, maka akan membawa kematian. Jika berwarna putih, biru, dan kehijauan, maka akan membawa kebaikan. Biasanya pulung yang membawa kematian muncul di malam hari ketika anak kecil sudah tertidur lelap, sekitar pukul delapan malam.

Memang, sih, kejadian itu tampak seperti hanya mitos, tapi ada banyak kejadian aneh yang muncul setelah pulung muncul dengan warna merah, terang, dan menyala. Antara lain sering terjadi kasus bunuh diri tanpa alasan yang jumlahnya lebih tinggi ketimbang di Jakarta. Ada juga kasus ratusan kambing di Gunung Kidul yang tewas, lho. Pulung tersebut dipercaya bisa mengendalikan pikiran makhluk hidup, sehingga akal sehat hilang.

kapanlagi.com

kapanlagi.com

2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah bangunan bersejarah tertua dari zaman penjajahan Belanda yang berlokasi di kawasan titik nol kilometer Yogyakarta atau kawasan Malioboro. Temboknya masih berdiri kokoh, padahal struktur bangunannya original, yaitu dengan arsitektur Eropa. Gedungnya juga sangat bersih dan terawat. Ketika masuk ke dalam gedung ini, travelers bakal merasakan atmosfir penjajahan Belanda.

Benteng bersejarah ini sering disebut loji (gedung besar) oleh masyarakat sekitar. Di sana terdapat ‘loji setan’ yang dianggap angker. Dinamakan seperti itu karena banyak orang yang sering mendengar suara rintihan kesakitan atau jeritan minta tolong. Tempat itu diyakini sebagai tempat menyiksa para pejuang ketika zaman penjajahan Belanda.

gedung vredeburg

www.sinarharapan.co

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan bangunan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang didirikan pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Di masa lalu, Keraton berfungsi sebagai tempat tinggal raja dan kerabatnya. Namun, fungsi Keraton beralih menjadi tempat wisata, museum pusat kebudayaan Jawa, dan sebagai tempat tinggal Sultan.

Jika berkunjung ke sana di siang hari, nggak bakal terasa angker. Tapi, kalau sudah menjelang sore hingga malam hari, suasana langsung berubah total. Untungnya, sih, suasananya masih terasa indah karena banyak lampu. Tempat yang paling terasa keangkerannya adalah di sekitar bangsal proboyeksa di belakang bangsal kencana. Karena tempat tersebut merupakan tempat penyimpanan pusaka Keraton. Yang menjaga tempat itu tentunya bukan manusia, tapi prajurit dari dunia lain.

Menurut pengunjung yang pernah ke sana, ada aja kejadian aneh yang terjadi. Misalnya kamera yang selalu mati saat menjepret objek tertentu, tapi nggak mati ketika menjepret objek lain. Ada juga hasil foto yang nggak masuk akal ketika dicetak, misalnya sosok sepasang mata raksasa yang sedang mengawasi.

keraton yogyakarta

www.wikimedia.org

4. Ambarrukmo Plaza

Dulu, mal yang terkenal banget di Yogyakarta ini berdiri di atas lahan pesanggrahan peninggalan Sultan Hamengkubuwono VII. Di sana terdapat kebun buah, kandang kuda, serta kolam renang yang dianggap suci. Ketika lahan tersebut digunakan untuk membangun mal, akhirnya jadi sering terjadi peristiwa mistis.

Sekitar tahun 2004 lalu, saat masa-masa pembangunan mal, terjadi peristiwa janggal, seperti tanahnya nggak bisa diambil. Padahal sudah menggunakan mesin eskavator. Rumput nggak bisa terpotong dan listrik baru bisa menyala setelah diberi persembahan berupa kembang tujuh rupa. Ada juga cerita di toilet mal yang katanya terdapat satu penunggu. Makhluk itu sempat menemani seorang cleaning service dengan cara menyerupai pengunjung yang berada di balik bilik kamar mandi. Cleaning service tersebut pun menunggu “pengunjung” toilet tersebut dengan waktu yang lama sampai bosan hingga ketakutan!

ambarrukmo plaza

www.royalambarrukmo.com

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Katanya, jangan coba-coba berfoto di depan gerbang utama kampus UGM yang bertuliskan ‘Universitas Gadjah Mada’ jika ingin lulus tepat waktu. Soalnya, mitos tersebut dipercaya bisa bikin mahasiswa nggak lulus kuliah. Selain itu ada sosok mistis di UGM yang bakal muncul jika travelers menyanyikan lagu Gugur Bunga di bundaran fakultas Teknik UGM ketika malam hari.

Selain itu, juga masih ada hantu penunggu di jembatan yang menghubungkan laboratorium diagnostik fakultas Kedokteran Hewan dengan fakultas Pertanian. Penunggunya adalah sosok wanita berkerudung bernama Rohana. Hantu Rohana sudah menjadi cerita mistis yang menjadi legenda di tengah-tengah mahasiswa UGM dari masa ke masa. Kalau di fakultas Ekonomi dan Bisnis ada hantu bernama Mbak Yayuk yang keberadaannya sempat tertangkap oleh kamera CCTV. Dengar-dengar, sih, Mbak Yayuk adalah mahasiswi abadi yang stres karena ide skripsinya sering ditolak oleh dosen pembimbing. Lalu ia bunuh diri dengan melompat dari atas gedung UGM.

ugm-001

ugm.ac.id

Kalau penasaran sama kebenaran mitos tersebut, travelers bisa langsung booking tiket pesawat dan hotel di pegipegi.com. Jangan lupa cerita ke PegiPegi, ya!

(Visited 1,963 times, 1 visits today)

Comments

To Top