Destinasi

5 Surga Wisata Alam di Kepulauan Mentawai

kepulauan mentawai

Eksotisme gugusan pulau dan pantai nggak cuma ada di Bali dan Lombok. Di Kepulauan Mentawai misalnya, ada banyak hidden gem yang menawarkan keindahan alam Nusantara. Meski kepulauan ini belum populer sebagai destinasi wisata, faktanya, wisatawan asing sudah banyak melakukan trip ke Mentawai, loh!

Kepulauan Mentawai sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Barat. Letaknya berada di Pulau Sumatra dan terdiri dari empat pulau utama yang berpenghuni, yakni Pulau Pagai Utara, Pulau Pagai Selatan, Pulau Siberut, dan Pulau Sipora. Di luar itu, masih banyak pulau-pulau kecil lain yang berpenghuni, tetapi sebagian besar hanya ditanami pohon kelapa.

Jenis wisata utama yang ditawarkan Mentawai adalah alamnya. Kalau tertarik untuk ke sini dan bingung harus berkunjung ke mana saja, ini lima destinasi trip ke Mentawai yang perlu kamu masukkan ke dalam bucket list!

Pantai Mapadegat

Pantai ini berada di Pulau Sipora yang terkenal dengan ombak surfing-nya. Karena itu, nggak heran kalau banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menikmati serunya berselancar dengan ombak surfing Telescope kelas dunia  di Pantai Mapadegat.

Kalau nggak bisa surfing, jangan khawatir. Kamu juga bisa kok sekadar berenang, snorkeling, atau bahkan bermain air saja di pantai ini. Kalau nggak ingin basah-basahan, kamu bisa bersantai saja di hamparan pasir putih yang cantik dengan semilir angin khas tropis.

Selagi di sini, jangan sia-siakan kesempatan untuk menikmati sunset, ya. Kalau mau sekalian berburu sunrise di Pantai Mapadegat, kamu bisa bermalam di penginapan sekitarnya.

Pulau Awera

Mau cari pantai yang lebih sepi? Coba singgah saja ke Pulau Awera. Bertolak dari Kota Tua  Pejat di Pulau Sipora, kamu bisa naik perahu dan menempuh perjalanan sekitar 10 menit untuk sampai ke pulau ini.

Pulau Awera ini bisa dibilang salah satu hidden gem terbaik di Kepulauan Mentawai. Suasananya yang tenang karena belum terlalu banyak wisatawan yang datang. Namun, tentu saja, nggak cuma itu yang jadi alasan utama kamu sebaiknya berkunjung ke sini.

Air laut di Pantai Awera sangat jernih dengan warna birunya yang memesona. Saking jernihnya, kamu bahkan bisa melihat terumbu karang dengan jelas. Pasir pantainya juga putih bersih, menambah eloknya pulau yang dipenuhi dengan tumbuhan tropis yang hijau. Di kawasan pantai ini, kamu bisa surfing, renang, snorkeling, berjemur, dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya.

Pulau Mega

Pulau Mega merupakan pulau terluar di Indonesia dan berada di Samudra Hindia. Pulau ini sempat terimbas ketika tsunami 2004 lalu menghantam sehingga lingkungannya mengalami kerusakan yang cukup parah. Nggak cuma itu, terumbu karang pun sampai terangkat hingga ke permukaan.

Walau begitu, kondisi Pulau Mega saat ini sudah membaik. Kamu bisa datang ke pulau tak berpenghuni ini dan melakukan berbagai aktivitas pantai di sini. Adapun pasir pantai Pulau Mega secara umum merupakan pasir putih yang halus, kecuali di sisi barat yang berupa pasir kasar dengan batuan kecil.

Salah satu “benda” ikonik di pulau ini adalah mercusuar yang sampai sekarang masih digunakan. Sesekali, terutama jika sedang musim panen, kamu mungkin akan melihat beberapa nelayan yang berkunjung untuk memanen buah kelapa di sini.

Pulau Karangmajat

Isi bucket list saat trip ke Mentawai berikutnya dengan Pulau Karangmajat, yang berada di sisi barat daya Siberut. Pulau ini jadi salah satu surga bahari bagi para wisatawan. Asyiknya lagi, pulau ini juga terkenal dengan resort-nya sehingga kamu bisa sekaligus bermalam di sini.

Seperti mayoritas alasan orang datang ke Kepulauan Mentawai, alasan paling umum wisatawan yang berkunjung ke Pulau Karangmajat adalah untuk berselancar. Paling nggak, saat ini sudah ada 13 tempat untuk surfing yang tersedia, baik untuk pemula maupun profesional. 

Kalau kamu juga ingin datang mencicipi surfing di sini, datanglah pada sekitar Juni-Agustus, yakni pada periode ombak terbaik muncul. Namun di luar itu pun, kamu juga tetap bisa berkunjung untuk berselancar dan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya.

Danau Rua Oinan

Mau wisata alam lainnya yang lebih sejuk? Tenang, ada Danau Rua Oinan yang bisa jadi pilihanmu. Danau ini berbentuk seperti muara yang dikelilingi pepohonan besar. Danau ini berada di tengah-tengah hutan sehingga boleh dibilang cukup tersembunyi dari wisatawan.

Danau ini membentang luas dengan nuansa hijau yang begitu menyejukkan. Kendati lokasinya memang cukup “masuk”, kamu nggak perlu khawatir. Ada cukup banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati di sini dan juga pilihan kuliner yang dijajakan oleh penduduk setempat.

Harga yang ditawarkan juga relatif murah sehingga bisa jadi alternatif jika kamu nggak membawa bekal makanan. Kamu pun bisa lebih lama menikmati suasana di sini untuk mengusir penat dengan hembusan angin yang segar.

Itu dia lima destinasi cantik yang harus ada dalam bucket list kamu saat trip ke Mentawai. Tentunya, karena perjalanan yang nggak sebentar untuk mencapai kawasan ini, pastikan kamu memilih transportasi dan penginapan yang nyaman, ya! 

Kamu bisa pesan tiket pesawat, tiket bus & travel, dan hotel promo di Kepulauan Mentawai melalui Pegipegi biar lebih hemat! 

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Foto Utama: Shutterstock & IG @explorementawai

Comments

To Top
%d bloggers like this: